Memperhatikan tumbuh kembang anak merupakan salah satu misi bagi setiap orangtua. Biasanya, orangtua akan memberikan sejumlah nasihat untuk anak yang disampaikan dengan berbagai cara.

Namun sayangnya, tidak semua nasihat akan didengarkan dan dipraktikkan oleh sang anak, khususnya nasihat finansial.

Artikel Finansialku kali ini akan membahas tuntas mengenai nasihat finansial untuk anak serta cara yang tepat saat memberikan nasihat. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pentingnya Nasihat Finansial untuk Anak

Mungkin Moms pernah merasa jengkel ketika sang anak meminta uang terus-terusan untuk membeli hal yang diinginkan.

Jika dilakukan hanya sekali atau dua kali sih mungkin Moms masih bisa menoleransinya. Namun, bagaimana jika hal ini dilakukan setiap hari? Wah, bisa-bisa Moms bangkrut nih hehe.

Untuk mengantisipasinya, banyak hal yang bisa Moms lakukan. Langkah awal yang bisa Moms lakukan ialah dengan memberikan nasihat finansial.

Bukan maksud menggurui, namun pengalaman yang dimiliki oleh setiap orangtua, termasuk Moms, tentu dapat menjadi suatu pembelajaran untuk sang anak.

Setiap orangtua memiliki trik khusus yang dilakukan agar nasihatnya bisa didengar dan dipraktikkan nantinya oleh sang anak.

Hal ini bergantung pada karakter dan pribadi masing-masing anak. Begitu pula saat Moms memberikan nasihat finansial.

Nasihat finansial bisa berupa mengajarkan sang anak akan pentingnya mengatur finansial. Hal ini adalah tindakan bijak yang seharusnya dilakukan oleh setiap orangtua.

Namun, tentu Moms sadar bahwa menanamkan prinsip mengenai bagaimana mengelola uang dengan baik pada anak tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat dan sekali waktu saja.

Karena itu sangat dianjurkan untuk mulai memberikan pemahaman secara bertahap sejak usia dini, setidaknya saat anak-anak sudah mulai belajar untuk menghitung.

Hal ini dilakukan dengan tujuan agar anak menjadi lebih mandiri dan bertanggung jawab dengan uang yang dimilikinya.

Khususnya, anak diharapkan mampu lebih bijak membelanjakan uang dan mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginan.

Nasihat Untuk Anak 02 - Finansialku

[Baca Juga: VIDEO : Premi Asuransi Jiwa Kamu Mahal? Ini Dia Penyebab Mahalnya Premi Asuransi Jiwa]

 

Dalam memberikan nasihat, diperlukan trik-trik khusus agar nasihat Moms bisa didengar dengan harapan akan dipraktikkan oleh sang anak.

Namun ada baiknya, Moms mengetahui beberapa inti nasihat finansial yang perlu Moms berikan kepada anak.

Tapi sebelum itu, sudahkah Moms membuat catatan keuangan hari ini?

Ingat ya Moms, pencatatan keuangan sangat penting untuk dilakukan agar Moms bisa melakukan evaluasi pengeluaran dari pemasukan uang keluarga yang dimiliki.

Dengan kata lain, Moms bisa lebih jeli saat mengontrol arus keuangan keluarga. Jika ingin lebih mudah, jangan lupa gunakan aplikasi Finansialku.

Aplikasi Finansialku merupakan aplikasi berbasis website yang sangat membantu Moms untuk melakukan pengelolaan dan perencanaan keuangan, termasuk soal catatan keuangan.

Jika belum memiliki aplikasinya, segera download melalui Google Play Store atau lakukan registrasi terlebih dahulu melalui PC.

 

Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu melakukan perencanaan keuangan. Perencanaan keuangan sangat penting untuk dilakukan agar Moms dapat mengetahui hal apa saja yang dapat direncanakan secara keuangan saat ini dan masa mendatang.

Hal ini pun penting mengingat peran Moms sebagai “bendahara” keluarga yang harus bisa mengatur uang sedemikian rupa agar cukup dan dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga.

Meskipun terlihat mudah, masih saja banyak orang yang melakukan kesalahan saat mempraktikkannya.

Itulah mengapa Moms sangat disarankan untuk mempelajarinya terlebih dahulu.

Moms bisa mempelajarinya dari berbagai sumber relevan yang terpercaya, salah satunya ialah ebook Finansialku yang satu ini:

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Lalu, tunggu apalagi? Yuk segera miliki dan praktikkan sekarang juga, Moms!

Kini, mari kita membahas beberapa inti nasihat finansial yang harus Moms berikan kepada anak, yaitu:

 

#1 Nasihat Mengalokasikan Uang untuk Ditabung

Moms tentu menyadari bahwa kebutuhan yang meningkat, semakin mendorong Moms untuk mampu menyisihkan uang dan menabungkannya.

Hal ini lah yang harus Moms jelaskan kepada sang anak. Beri dia pemahaman bahwa kebutuhan setiap orang akan berubah seiring waktu.

Jumlah kebutuhan akan semakin banyak dengan nilainya yang juga meningkat setiap saat.

Pemahaman ini dapat Moms arahkan ke hal yang lebih spesifik lagi, yaitu mengajaknya untuk menabung.

Bunda, Begini Lho Mengajarkan Cara Menabung ke Anak 02 - Finansialku

[Baca Juga: 10+ Trik Jitu Menghemat Duit Bulanan Anak Kuliahan, Dijamin Work 100%]

 

Moms bisa memulainya dengan memberikan uang jajan sembari mengingatkannya selalu untuk menyisihkan uang tersebut. Jangan langsung menghabiskannya.

Setelah itu, ajak dia menabung di berbagai media, salah satunya celengan yang dimilikinya.

Jelaskan pula manfaat lain dari menabung yang tidak hanya dirasakan untuk saat ini, melainkan untuk masa depannya nanti.

 

#2 Nasihat Membeli Barang yang Dibutuhkan, Bukan yang Diinginkan

Membedakan keinginan dan kebutuhan sangatlah penting untuk diketahui.

Namun, mengajarkan anak tentang perbedaan keinginan dan kebutuhan tidak bisa dilakukan sembarangan. Dibutuhkan strategi khusus dalam mengajarkannya.

Jangan sampai, maksud mulia untuk membuat mereka paham perbedaan antara keinginan dan kebutuhan, malah tidak mendapatkan hasil yang yang Moms inginkan.

Moms bisa memulainya dengan langkah yang mudah, seperti memberikan sejumlah barang yang sudah dimilikinya, seperti pakaian, makanan, minuman, buku, dan mainan.

Jelaskan satu per satu mana yang termasuk kebutuhan dan keinginan, perbedaan di antara keduanya, juga jelaskan apa manfaat yang akan didapatkan jika anak sudah lebih mengedepankan kebutuhan.

 

#3 Nasihat Membuat Anggaran Keuangan

Membuat anggaran bisa dibilang susah-susah gampang. Namun, manfaat yang dirasakan nanti tentunya sangatlah besar.

Melihat hal ini, tentu Moms pun harus mengajarkannya kepada sang anak. Dengan begitu, sang anak akan mulai terbiasa dan selalu mempraktikkannya.

Membuat anggaran juga dapat membantu anak lebih memahami mana yang termasuk kebutuhan juga keinginan. Sehingga, anak pun dapat mengetahui mana yang harus diprioritaskan.

Moms bisa memulai dengan mengajaknya membuat daftar kebutuhan di setiap bulan. Setelah itu, ajak dia juga untuk mencari tahu harga dari setiap kebutuhan tersebut.

Tuliskan daftarnya di secarik kertas yang menarik. Dengan begitu, anak akan tertarik untuk melakukannya lagi dan lagi.Bunda, Begini Lho Mengajarkan Cara Menabung ke Anak 01 - Finansialku

[Baca Juga: Selain Kelebihan, Yuk Cek Juga 5 Kekurangan Asuransi Pendidikan]

 

#4 Nasihat Ingat Sesama

Selain itu, hal yang tidak kalah pentingnya dalam nasihat finansial ialah mengingatkan untuk selalu berbagi. Berikan nasihat agar dia selalu ingat dengan sesamanya.

Moms bisa memulainya dari saling berbagi dengan saudara terdekat. Setelah itu, ajak sang anak untuk berbagi dengan mereka yang membutuhkan.

Ingatkan pula bahwa hidup itu selalu berputar. Kita tidak akan pernah tahu kapan kita ada di atas, dan kapan kita ada di bawah.

Selain itu, jelaskan pula manfaat dari ingat sesama yang akan dirasakan sang anak nantinya. Dengan begitu, diharapkan sang anak dapat mudah memahami dan segera mempraktikkannya.

 

Waktu yang Tepat Untuk Memberikan Nasihat untuk Anak

Memilih waktu yang tepat menjadi hal yang harus Moms ingat saat hendak memberikan nasihat.

Jangan memberikan nasihat di saat situasi dan kondisi tidak mendukung. Selain tidak didengar, bisa saja sang anak merasa tidak terima dan akhirnya menimbulkan masalah baru.

Ada 3 waktu yang tepat untuk memberikan nasihat kepada anak, yaitu:

 

#1 Ketika dalam Perjalanan

Percaya atau tidak tapi dilansir dari Elmina.id, waktu yang tepat untuk memberikan nasihat kepada anak ialah saat sedang dalam perjalanan.

Kedekatan emosional yang terjadi antara orangtua dan anak saat melakukan sebuah perjalanan membuat hal ini dirasa tepat, apalagi jika sebuah perjalanannya dilakukan berdua.

Di saat ini, Moms bisa mulai memberikan beberapa nasihat kepada anak.

Mulailah membuka percakapan dengan menanyakan apa yang akan dilakukan saat tiba di tujuan, dan masukkan beberapa nasihat yang ingin Moms berikan.

Sebuah perjalanan akan menjadi kenangan tersendiri bagi anak ketika telah beranjak dewasa nanti.

 

#2 Ketika Makan Bersama

Makan bersama mungkin sudah menjadi suatu hal yang langka terjadi di masa kini. Apalagi jika seluruh anggota keluarga memiliki kesibukan masing-masing.

Biasanya, makan bersama dijadikan momen yang pas untuk kumpul bersama keluarga. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan ikatan emosional agar jauh lebih intim.

Melihat hal ini, Moms bisa memanfaatkan momen ini untuk memberikan nasihat kepada anak.

Buka pembicaraan dengan menanyakan kegiatan apa saja yang sudah dilakukan, hingga akhirnya Moms bisa mulai masuk ke nasihat yang akan diberikan.

Anak Susah Makan Ini Caranya Meningkatkan Nafsu Makan 4 Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Penggunaan dan Transaksi dengan DOKU Wallet? Simak Ulasan Ini!]

 

#3 Ketika Anak Sakit

Waktu ke tiga yang juga sangat baik memberikan nasihat pada anak adalah ketika anak sakit.

Kelembutan hati menjadi salah satu keutamaan dari orang sakit. Orang yang sedang sakit lebih mudah merasa hatinya.

Saat anak sakit, biasanya mereka butuh perhatian lebih dari orangtua. Di saat inilah Moms bisa memberikan nasihat sedikit demi sedikit agar sang anak bisa menjadi lebih baik lagi.

Eits, tapi bukan berarti Moms harus mendoakan anak sakit ya.

 

Tips dalam Memberikan Nasihat

Biasanya, anak mengetahui bahwa nasihat identik dengan kalimat yang memerintah dan intonasi yang sedikit tinggi.

Jika demikian, maka anak merasa seperti “dihakimi” dan berujung menimbulkan masalah baru.

Untuk mengantisipasinya, berikut ini beberapa tips yang bisa Moms pertimbangkan saat hendak memberikan nasihat, yaitu:

 

#1 Empati

Saat berkomunikasi dengan anak, Moms harus berusaha untuk selalu berempati. Coba posisikan diri berada di posisi anak.

Empati ini penting agar Moms memahami situasi dan kondisi yang sedang dirasakan oleh sang anak. Jika tidak, maka bisa saja Moms salah waktu untuk memberikan nasihat.

Bagaimana Dampak Beri Iming-iming Hadiah ke Anak 05 Hadiah Anak 5 - Finansialku

[Baca Juga: VIDEO : Kata-Kata Dari Albert Einstein Ini Bikin Semangat Berkarya]

 

#2 Bangun Komunikasi Efektif

Efektif di sini berarti Moms dan anak harus saling memahami. Jangan hanya mau dipahami saja keinginannya oleh anak, orangtua pun harus mengetahui apa yang diinginkan buah hatinya.

Saat memberi nasihat, hindari penggunaan kata-kata yang bisa menyindir atau menyakitkan hati sang anak.

Ingatlah untuk mengucapkan kata-kata yang baik namun tetap dapat mempersuasinya untuk melakukan apa yang dinasihati.

Dalam berkomunikasi, berusahalah menjadi pendengar yang baik. Perhatikan intonasi, ekspresi, dan juga bahasa tubuh.

 

#3 Total

Ketika hendak memberikan nasihat, lakukan dengan penuh persiapan.

Persiapan di sini maksudnya Moms harus berusaha untuk mendedikasikan seluruh waktu tersebut untuknya. Lupakan dulu sejenak gadget Moms.

Jadilah pendengar yang baik untuknya dan berikan nasihat yang bisa membangunnya menjadi lebih baik.

Orangtua WAJIB Mengajarkan Anak Supaya Bisa Mengelola Keuangan Sejak Dini 02 Didik Anak - Finansialku

[Baca Juga: Kenali 7 Asuransi Mobil Terbaik dan Murah Di Indonesia Serta Cara Pilihnya!]

 

#4 Terapkan 5K

Jangan lupa ya Moms, terapkan prinsip 5K yaitu: Kasih, Konsekuen, Konsisten, Kompromi, dan Kompak.

Dengan menerapkan 5K ini, Moms bisa menerima anak apa adanya, komitmen pada kesepakatan bersama yang telat dibuat, konsisten untuk membentuk perilaku anak, mau berkompromi atau fleksibel, dan kompak bersama pasangan.

 

Nasihat untuk Anak itu Susah-susah Gampang

Memberikan nasihat merupakan salah satu langkah yang dilakukan orangtua untuk membuat anak jauh lebih baik.

Sayangnya, masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara yang tepat dalam memberikan nasihat agar didengar dan dipraktikkan oleh sang anak.

Artikel ini sudah membahas mengenai inti, waktu, serta tips dalam memberikan nasihat, khususnya nasihat finansial.

Moms bisa mulai mempraktikkan dan merasakan manfaatnya. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Nasihat finansial apa lagi yang harus diberikan kepada sang anak? Berikan komentar dan pendapat Moms di kolom yang sudah tersedia.

Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada para Moms lainnya. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Anak Remaja Anda Sering Melawan? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya. Wolipop.detik.com – https://goo.gl/SBS2oB
  • Dewi Puri. 27 Februari 2018. Ini 7 Nasihat Keuangan Ibu-ibu Zaman Dulu yang Gak Boleh Diremehin. Moneysmart.id – https://goo.gl/CsoEbY
  • Ummu Ghazi. 3 Waktu yang Tepat Untuk Memberikan Nasihat Pada Anak. Elmina.id – https://goo.gl/GF3z4w

 

Sumber Gambar:

  • Nasihat Untuk Anak 1 – https://goo.gl/uL6d9J
  • Nasihat Untuk Anak 2 – https://goo.gl/STE8Yj