Apakah investasi P2P Lending cocok untuk dana pendidikan anak? Tentunya, Anda harus lebih selektif dalam memaksimalkannya dengan pilihan terbaik.

Yuk, cari tahu daftar aplikasi P2P Lending terbaik yang aman di Indonesia.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Investasi P2P Lending, Seberapa Prospektif?

P2P Lending terdiri dari dua konsep dasar yaitu peminjam dan pemberi pinjaman. Keduanya saling berperan dan memberikan manfaat dalam hal keuangan.

Sama seperti kegiatan finansial lainnya, Sistem P2P Lending juga mempunyai risiko tersendiri sehingga Anda harus berhati-hati dalam menjalankannya. Pengertian dari P2P Lending, yakni metode pemberian pinjaman uang kepada individu maupun bisnis.

Daftar Aplikasi P2P Lending yang Cocok Untuk Dana Pendidikan Anak! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah P2P Lending Halal? Simak Di Sini Ulasannya!]

 

Sebaliknya, pengajuan pinjaman untuk keperluan individu maupun bisnis. Kesimpulannya, P2P Lending menghubungkan antara pendana dan peminjam secara online.

Dengan demikian, setiap orang dapat memberi ataupun mengajukan pinjaman dengan berbagai tujuan tanpa harus menggunakan jasa lembaga perbankan.

Pada dasarnya, sistem P2P Lending ini menggunakan konsep marketplace online yang mewadahi penjual dan pembeli, yang dalam hal ini adalah kegiatan pinjam-meminjam uang.

 

Investasi Dana Pendidikan Anak dengan P2P Lending

Saat ini Anda harus pintar-pintar dalam mempersiapkan tabungan dana pendidikan anak. Selain karena kenaikan yang terjadi tiap tahunnya, juga karena inflasi yang bisa dipastikan terus terjadi di masa depan.

Jika hanya mengandalkan tabungan konvensional, akan terasa berat untuk mencukupi biaya pendidikan yang dibutuhkan anak di masa depan. Oleh karena itu, orang tua masa kini disarankan mempersiapkan dana pendidikan menggunakan investasi.

Tabungan investasi lebih menjanjikan hasil yang lebih apabila kita benar-benar memahami sistemnya dan menggunakannya secara tepat. Salah satu investasi yang memberikan bunga cukup besar adalah P2P Lending.

Daftar Aplikasi P2P Lending yang Cocok Untuk Dana Pendidikan Anak! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Strategi Jitu Siapin Dana Pendidikan Anak dengan P2P Lending!]

 

Di Indonesia sudah banyak sekali bermunculan aplikasi P2P Lending. Namun yang perlu diingat, Anda harus berhati-hati dalam memilih P2P Lending aman sebagai instrumen investasi dana pendidikan.

Agar tujuan investasi Anda tercapai sesuai yang diharapkan, di sini akan dijelaskan beberapa aplikasi pinjaman P2P Lending Indonesia yang cocok untuk investasi dana pendidikan.

 

Aplikasi P2P Lending yang Cocok untuk Dana Pendidikan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, untuk dapat mengejar inflasi dan kenaikan dana pendidikan di masa depan, Anda harus menabung investasi sedini mungkin. Berikut bisa Anda simak daftar beberapa P2P Lending terbaik.

 

#1 Investree

Telah beroperasi sejak 2015, Investree merupakan pionir perusahaan P2P di Indonesia. Instrumen yang ditawarkan Investree antara lain, P2P produktif, Surat Berharga Negara (SBN), dan reksadana.

P2P produktif yang terdapat pada Investree meliputi invoice & buyer financing, working capital term loan, dan pinjaman toko online.

Di Investree, Anda bisa memberikan pinjaman mulai dari Rp 1 juta, untuk batas maksimal disesuaikan dengan ketentuan pinjaman yang ada.

Sedangkan untuk bunga, Anda bisa memperoleh antara 14 sampai 20 persen per tahun, dengan tenor investasi 1 sampai 12 bulan.

 

#2 Amartha

Awalnya Amartha merupakan perusahaan yang bergerak di bidang microfinance, lalu menyusul Investree menjadi platform P2P sejak 2016.

Fokusnya pada pendanaan UMKM di pedesaan maupun pelosok yang belum mempunyai akses kredit dari perbankan. Di Amartha, Anda bisa memberikan pinjaman mulai dari Rp 3-5 juta dengan tenor investasi 1 sampai 12 bulan.

Daftar Aplikasi P2P Lending yang Cocok Untuk Dana Pendidikan Anak! 01 - Finansialku

[Baca Juga: P2P Lending untuk Mahasiswa, Kira-Kira Cocok Nggak Ya?]

 

#3 Koinworks

Bersamaan dengan Amartha, Koinworks beroperasi sejak 2016 dengan sistem yang lebih menarik. Bagaimana tidak, Anda bisa melakukan pendanaan mulai dari Rp 100 ribu saja.

Anda juga bisa memilih bidang yang ingin didanai. Mulai dari pendidikan, bisnis, kesehatan dan lain sebagainya. Bunga yang ditawarkan pun cukup menarik, kisarannya mulai 14 hingga 23 persen dengan tenor 1 sampai 12 bulan.

 

#4 UangTeman

UangTeman juga menjadi salah satu start up fintech yang bisa Anda jadikan pilihan untuk menjadi pendana maupun peminjam. Di sini pendana bisa memilih opsi pendanaan tersebut untuk keperluan produktif atau konsumtif.

Kelebihan dari UangTeman adalah proses pencairannya yang bisa sangat cepat, mulai dari 15 menit hingga maksimal 2 hari.

 

#5 Asetku

Jika Anda lebih cenderung tertarik dengan P2P konsumtif, platform yang disarankan untuk berinvestasi adalah Asetku. Bunga yang ditawarkan cukup tinggi, yakni mulai dari 12 hingga 24 persen, dengan tenor 1 sampai 12 bulan.

 

#6 Modalku

Berdiri sejak Januari 2016, Modalku adalah platform P2P yang berfokus pada pendanaan UMKM. Pendana dapat memilih jenis pendanaan berdasarkan informasi yang tersedia seperti jenis usaha, jumlah dana yang dibutuhkan dan suku bunganya.

Dua produk utamanya yaitu Pinjaman UKM dan Invoice Financing. Pinjaman UKM yakni pinjaman tanpa jaminan yang ditujukan untuk modal usaha dan perkembangan bisnis.

Sementara Invoice Financing dapat memberikan dana cepat hingga 80% dari nilai invoice dengan tenor 15 hingga 90 hari.

Melalui Modalku, Anda bisa berinvestasi mulai dari Rp 100 ribu dengan tenor alternatif investasi mulai dari 1 sampai dengan 24 bulan.

Daftar Aplikasi P2P Lending yang Cocok Untuk Dana Pendidikan Anak! 04 - Finansialku

[Baca Juga: Kupas Tuntas! Apakah P2P Lending Riba atau Tidak?]

 

#7 Danamas

Sejalan dengan Modalku, Danamas merupakan platform P2P yang juga fokus pada pendanaan UMKM. Platform ini telah mengantongi izin dari OJK dan masih satu grup dengan Sinar Mas. Dengan tujuan untuk mencetak lebih banyak pengusaha kecil di Indonesia.

 

#8 Akseleran

Akseleran merupakan platform crowdfunding yang ditujukan untuk pendanaan UMKM. Dengan memberikan bunga imbal balik sesuai dengan profil tingkat risiko peminjam.

Informasi yang diperlukan mulai dari bunga, tenor, agunan, dan lain sebagainya tercantum pada setiap pendanaan.

 

Pendidikan Anak: Bagaimana Caranya MENYEKOLAHKAN ANAK dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan Download ebook-nya, GRATIS!!!

11 Ebook Menyekolahkan Anak Dari TK sampai Kuliah Tanpa Utang

 

Investasi Dana Pendidikan Jadi Aman Dengan P2P Lending Tepat

Dari beberapa rekomendasi aplikasi P2P Lending terbaik 2020 di atas, pilihlah salah satu yang paling sesuai pertimbangan Anda.

Di antara banyak pilihan di atas, mana yang paling tepat untuk dijadikan instrumen investasi dengan tujuan dana pendidikan. Semua aplikasi di atas dapat Anda unduh di Playstore dan dapat digunakan di Android atau iOS.

 

Jadi, apakah Anda siap untuk berinvestasi untuk dana pendidikan di P2P lending tersebut? Ayo bagikan artikel ini pada sesama smart parents di sekitar Anda, terima kasih.

 

 

Sumber Referensi:

  • Alya Zulfikar. 27 Agustus 2020. 8 Aplikasi Peer To Peer Lending Terbaik Dan Tepercaya Di Indonesia. 99.co – https://bit.ly/3luo4sA
  • Geofanni Nerissa Arviana. 5 Rekomendasi Aplikasi P2P Lending Terpercaya di Indonesia. Glints.com – https://bit.ly/2VszEKl
  • Walter P. Apa Itu Peer to Peer Lending (P2P Lending)? Cari Tahu Selengkapnya. Koinworks.com – https://bit.ly/3lBmaGL
  • Niko Ramadhani. 25 Januari 2020. 10 Platform P2P Lending Terbaik Versi KPMG di Fintech Edge! Akseleran.co.id – https://bit.ly/3ojNqLK

 

Sumber Gambar:

  • Aplikasi 1 – https://bit.ly/37ocE4s
  • Aplikasi 2 – https://bit.ly/3oisTab
  • Aplikasi 3 – https://bit.ly/3mO2y3H