Masih banyak saja yang gagal memahami perbedaan antara reksa dana dan unitlink.

Jika Anda juga baru memulai berinvestasi, jangan ulangi kesalahan yang sama. Yuk kenali dan pahami keduanya serta apa perbedaanya melalui ulasan berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Pengalaman: Kisah Penyesalan Salah Pilih Instrumen Investasi

Mengapa sih banyak jenis investasi yang berbeda-beda ragamnya? Tentu saja perkembangan ini disebabkan oleh perbedaan permintaan (demand) dari masyarakat.

Jika tidak, untuk apa pihak bank atau lembaga keuangan lainnya repot-repot membuat jenis investasi baru?

Semuanya semata-mata karena setiap manusia berbeda, dan meski bisa dikelompokkan berdasarkan karakteristiknya, pasti preferensi dalam berinvestasinya juga berbeda.

Contohnya, sangat banyak investor yang gemar berinvestasi logam mulia. Hal ini disebabkan sifat investasi emas yang aman dan cenderung kecil risikonya tergerus inflasi.

Selain itu, produk investasi ini likuid sehingga mudah diperjualbelikan.

Reksa Dana dan Unitlink Logam Mulia Emas 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Anda Tipe Investor yang Terlalu Percaya Diri? Kenali Gejala “Overconfidence Bias” agar Investasi Anda Aman!]

 

Namun, seringnya ketidaktahuan dan ketidakpedulian masyarakat menjadi sebuah penyesalan di kemudian hari. Ketidaktahuan yang dimaksud disini adalah ketidaktahuan akan fitur instrumen investasi yang dipilih.

Akibatnya? Tentunya ada penyesalan atau kerugian yang dialami akibat ketidaktahuan ini. Sebagai contohnya adalah kisah berikut ini:

Bapak A merupakan seorang pemula di bidang investasi. Saat ingin memulai berinvestasi, beliau bertemu dengan seorang marketing produk investasi, dan ditawari investasi dalam bentuk unitlink.

Dewasa ini memang banyak sekali asuransi yang menggabungkan skema proteksi dan investasi dengan konsep unit (unitlink).

Nah, Bapak A menilai bahwa skema unitlink ini sangat menarik karena menawarkan proteksi asuransi dan investasi dalam satu produk. Pilihan investasinya pun cukup beragam, mulai dari saham, obligasi, campuran, dan pasar uang.

Belum lagi pihak marketing mengiming-iming dengan imbal hasil tinggi, yakni lebih tinggi dari suku bunga tabungan dan deposito.

Singkat cerita, tanpa pikir panjang lagi Bapak A langsung menginvestasikan sejumlah uang pada produk asuransi unitlink  ini. Namun beberapa tahun kemudian dirinya mengalami penyesalan besar.

apakah-unitlink-itu-proteksi-sekaligus-investasi-yang-dibutuhkan-keluargaku-finansialku

[Baca Juga: 30 Nasihat Investasi Dari Peter Lynch, Salah Satu Manajer Investasi Tersukses di Amerika]

 

Saat ditanya apa yang membuatnya menyesal, dirinya bercerita,

“Saya awalnya diajak marketing untuk berinvestasi di unitlink. Saat itu konsep unitlink tampak menarik dan alternatif saya yang lain hanya deposito bank. Jadi saya pilih unitlink karena iming-iming imbal hasilnya yang besar.”

 

Bapak A menjelaskan bahwa dirinya merasa sudah mengatasi inflasi karena tidak mengandalkan tabungan atau deposito semata. Ditambah lagi banyak godaan untuk membelanjakan uangnya jika hanya ditabung.

Namun, setelah 10 tahun berinvestasi melalui unitlink, Bapak A mulai mendengar bahwa masih banyak instrumen investasi lain yang memberikan imbal hasil lebih besar, salah satu contohnya adalah reksa dana.

Beliau mengungkapkan:

“Saya pernah mencoba untuk berinvestasi reksa dana selama satu tahun. Hanya saja, saya merasa prosesnya cukup merepotkan. Saat unitlink hanya menambah dana setiap bulan melalui ATM dan tidak perlu mengirimkan bukti transfer ke perusahaan asuransi, reksa dana mewajibkan nasabah mentransfer dana langsung ke rekening reksa dana di bank kustodian dan setelah itu harus mengirimkan bukti transfer dana.”

 

Alhasil beliau menghentikan investasi reksa dananya hanya dalam kurun waktu satu tahun.

Beberapa tahun kemudian berlalu, teknologi berkembang pesat, termasuk dalam prosedur reksa dana yang mulai dipasarkan melalui sistem online.

Pengisian formulir, pengiriman dokumen, dan perintah transaksi semua bisa dilakukan melalui perangkat mobile.

Investasi yang Menguntungkan 03 Reksadana - Finansialku

[Baca Juga: Reksa dana Syariah, Bisa Dibeli dengan Modal Rp100 Ribu! Tunggu Apa Lagi?]

 

Bapak A kembali melirik instrumen yang satu ini dan mencoba menghitung proyeksi keuntungannya. Dirinya pun kaget dibuatnya. Ternyata jika selama ini dirinya memilih reksa dana ketimbang unitlink, dirinya bisa memperoleh dua kali lipat!

Kesimpulannya, dirinya menyesal tidak memahami instrumen investasinya sejak awal dan hanya mempercayakannya semata pada pihak marketing unitlink.

Nah, jika Anda tidak mau berakhir seperti Bapak A, yuk pahami perbedaan antara reksa dana dan unitlink berikut ini:

 

Reksa Dana

Kabar buruknya, reksa dana yang memiliki nilai investasi tinggi justru hanya dimiliki oleh sebagian kecil masyarakat Indonesia, jumlahnya bahkan tidak sampai 10%.

Salah satu hal yang melatarbelakangi kecilnya jumlah investor reksa dana di Indonesia adalah alasan ketidaktahuan.

Namun, memang terkadang sulit mencari informasi lengkap dan terpercaya mengenai instrumen investasi yang satu ini.

Untuk mengatasinya, Finansialku menawarkan Anda untuk download ebook Reksa Dana secara gratis. Ebook ini tentunya bisa menjadi panduan dasar bagi Anda yang ingin memulai investasi reksa dana.

 

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Nah, jika Anda ingin informasi singkatnya, yuk simak pembahasan tentang reksa dana berikut:

Reksa dana merupakan salah satu instrumen investasi yang merupakan pola pengelolaan modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi tanpa perlu pusing akan instrumen-instrumen investasi yang tersedia di pasar dengan cara membeli unit penyertaan reksa dana.

Investasi ini bagus bagi pemula yang belum memahami dunia saham, obligasi, dan instrumen investasi lainnya.

Hal ini dikarenakan dalam skema investasi reksa dana akan ada Manajer Investasi (MI) yang membantu mengelola uang Anda.

Definisi Reksadana Adalah 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Tabungan Pendidikan Anak Adalah Solusi Untuk Biayai Pendidikan Anak?]

 

#1 Fitur Reksa Dana

Jadi, secara singkat fitur reksa dana antara lain adalah sebagai berikut:

  • Reksa dana merupakan jenis investasi yang tidak membutuhkan banyak modal, karena uang tersebut akan digabungkan dengan orang lain barulah dikelola bersama demi memperoleh keuntungan.
  • Adanya diversifikasi dalam investasi reksa dana, di mana penempatan dana atau aset investasi ke dalam beberapa instrumen yang berbeda dengan pertimbangan potensi keuntungan (return), risiko, serta likuiditasnya.
  • Produk investasi.
  • Cocok untuk investasi jangka pendek.

 

#2 Kelebihan Reksa Dana

Beberapa kelebihan reksa dana adalah sebagai berikut:

  • Dana investasi dikelola oleh Manajer Investasi Profesional sehingga investor tidak perlu repot mengelola investasi sendiri.
  • Likuiditas tinggi, yaitu investasi dapat dicairkan/dijual kapan saja dengan menggunakan harga NAB yang berlaku saat penjualan.
  • Tidak membutuhkan banyak modal, karena uang tersebut akan digabungkan dengan orang lain barulah dikelola bersama demi memperoleh keuntungan.
  • Mudah diakses, karena sudah sangat banyak yang menawarkan transaksi reksa dana secara online, sehingga Anda bisa melakukan pembelian atau penjualan unit lewat situs yang telah disediakan oleh beberapa perusahaan Manajemen Investasi saja.
  • Imbal hasilnya cenderung besar
  • Dana milik Anda akan disimpan di Bank Kustodian yang menjadi pihak ketiga, sehingga aman dan minim upaya pencegahan perusahaan bodong yang ingin melarikan dana nasabahnya.

 

Daftar Reksadana Juara 2017 - Finansialku

[Baca Juga: Mahasiswa, Jangan Alasan Umur Lagi. Yuk Kita Mulai Belajar Investasi Sekarang]

 

#3 Kelemahan Reksa Dana

Beberapa kelemahan reksa dana adalah sebagai berikut:

  • Adanya risiko berkurangnya nilai investasi yang dipengaruhi oleh turunnya harga dari efek (saham, obligasi, dan surat berharga lainnya) yang masuk dalam portfolio reksa dana tersebut.
  • Adanya risiko likuiditas, yakni terlambat dibayarnya perintah penjualan, biasanya dikarenakan adanya kesalahan administrasi penjualan. Risiko umum pasar modal seperti perubahan kondisi ekonomi dan politik.
  • Adanya risiko bangkrutnya saham dan obligasi yang menjadi portofolio reksa dana.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Unitlink

Menurut data AAJI (asosiasi asuransi jiwa Indonesia), unitlink adalah produk asuransi paling populer saat ini, di mana premi unitlink berkontribusi 50% lebih dari total premi, mengalahkan asuransi tradisional.

Hal ini bisa terjadi karena produk unitlink merupakan produk asuransi yang juga menawarkan manfaat investasi, di mana nilai tunai nasabah yang terkumpul akan diinvestasikan dalam bentuk unit di dalam suatu instrumen investasi.

Apakah Investasi di UnitLink Menguntungkan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 2 Jenis Asuransi Pendidikan: Studi Kasus Asuransi Manulife dan Asuransi Prudential]

 

Alhasil, masyarakat menganggap bahwa keuntungannya sangat besar karena premi tidak hangus, tapi “dikembalikan” kepada peserta.

Tapi, harus diingat bahwa asuransi unitlink dikeluarkan oleh perusahaan asuransi, yang memiliki layanan utama berupa perlindungan atau proteksi dan bukannya investasi.

Jadi, salah jika Anda mengharapkan uang bisa berkembang menjadi berlipat lipat.

 

#1 Fitur Unitlink

Jadi, secara singkat fitur unitlink antara lain adalah sebagai berikut:

  • Pembayaran premi sebagai nilai polis tidak hangus sehingga kelak bisa diambil.
  • Umumnya jangka waktu perlindungan jiwanya lebih panjang ketimbang asuransi jiwa murni (hingga 100 tahun), bergantung pada perusahaan asuransinya.
  • Merupakan produk asuransi dengan manfaat investasi.
  • Serupa dengan reksa dana, sudah ada perusahaan asuransi yang akan mengelola uang Anda.
  • Memiliki beragam jenis asuransi tambahan (rider) yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan proteksi.

 

Iklan Perencanaaan Hari Tua - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#2 Kelebihan Unitlink

Beberapa kelebihan unitlink adalah sebagai berikut:

  • Adanya proteksi investasi bagi keluarga yang ditinggalkan (khusus untuk unitlink premi tunggal), artinya seseorang yang mendekati atau telah memasuki masa pensiun, sementara yang bersangkutan belum memiliki investasi maka produk unitlink dengan premi tunggal sangat baik, karena uang pertanggungan yang dijamin sebesar 150% dari nilai investasi awal.
  • Lebih praktis, karena dengan membeli produk asuransi Anda juga sudah memperoleh manfaat investasi.
  • Cocok untuk mereka yang memiliki penyakit bawaan atau telah melakukan tindakan medis sehingga membutuhkan asuransi.

 

#3 Kelemahan Unitlink

Sedangkan beberapa kelemahan unitlink adalah sebagai berikut:

  • Karena manfaat dari asuransi unitlink lebih banyak daripada asuransi biasa, harga biaya premi bulanannya pun lebih mahal.
  • Fokus utama pada asuransi jiwa atau proteksi, sehingga manfaat investasinya tidak maksimal.
  • Tidak ada jaminan bahwa proyeksi perkembangan investasi di asuransi unitlink akan sesuai dengan angka yang tertera di atas kertas bukan pada produk investasi, sehingga imbal hasilnya cenderung kecil.

 

Perbedaan Antara Reksa Dana dan Unitlink

Sudahkah Anda mengenal kedua produk ini? Kesimpulannya, secara singkat perbedaan keduanya dapat dilihat melalui beberapa karakteristik berikut ini:

KarakteristikReksa DanaUnitlink
Jenis ProdukProduk investasi.Produk asuransi dengan manfaat investasi.
Kebebasan InvestasiInvestor dapat menentukan sendiri jumlah dan juga waktu yang dipilih untuk berinvestasi.Jumlah dana/premi yang wajib dibayarkan setiap bulannya telah ditentukan sejak awal, bahkan waktu pembayarannya juga telah ditetapkan.
Manajer InvestasiInvestor dapat memilih dan mengganti manajer investasinya dengan bebas.Pemilihan manajer investasi biasanya akan dilakukan oleh perusahaan asuransi dan tidak bisa diganti.
Biaya
  • 1-2% untuk pembelian atau tidak ada biaya jika menggunakan sarana online.
  • Tidak ada biaya untuk penjualan baik sarana offline maupun online.
5% untuk setiap kegiatan top up.
Likuiditas
  • Mudah dan cepat dicairkan, terutama setelah adanya teknologi online.
  • Tidak ada pengaruh manfaat saat melakukan pencairan.
  • Rumit dan lebih lama prosesnya, mengingat investasi terikat dan menjadi sumber dana premi asuransi.
  • Pencairan seringkali akan memengaruhi manfaat asuransi.
Jumlah Dana MinimumBisa dimulai dari jumlah minimal saja, yakni Rp100 ribu per bulannya.Nilai premi biasanya berkisar antara Rp350 ribu hingga Rp500 ribu per bulannya, dan terus meningkat.
Hasil yang Diperoleh
  • Dimulai sejak uang mulai ditanamkan.
  • Imbal hasil cenderung lebih besar.
  • Dimulai sejak tahun kedua premi dibayarkan (pada tahun pertama, semua premi yang dibayarkan oleh nasabah akan ditempatkan sebagai biaya akuisisi oleh perusahaan asuransi)
  • Imbal hasil lebih kecil daripada reksa dana.
Manfaat PerlindunganTidak ada, mengingat bentuknya yakni produk investasi saja.
  • Banyak manfaat perlindungannya, misalnya asuransi jiwa.
  • Adanya proteksi investasi bagi keluarga yang ditinggalkan (khusus untuk unitlink premi tunggal).

 

Kenali Tujuan dan Kebutuhan Anda sebelum Memilih

Kesimpulannya, di sini Anda terlebih dahulu harus memahami tujuan keuangan dan kebutuhan Anda sebelum memilih antara reksa dana dan unitlink:

  • Jika Anda mencari instrumen investasi dengan harapan imbal hasil yang lebih besar dengan modal terbatas, pilih reksa dana yang memang merupakan produk investasi. Namun, jangan mengharapkan adanya manfaat proteksi.
  • Jika Anda mencari manfaat proteksi namun ingin sambil berinvestasi dengan modal lebih besar, pilih unitlink yang akan memberi keduanya. Namun, jangan mengharapkan imbal hasil yang besar

 

Jangan menjadi seperti Bapak A yang memperoleh penyesalan di belakang karena memilih unitlink saat dirinya mencari produk investasi, bekali diri Anda dengan informasi yang cukup sebelum mengambil keputusan.

Jangan khawatir, berbekal informasi di atas dan ebook reksa dana dari Finansialku, Anda akan meminimalisasi risiko dan memperluas peluang keuntungan.

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa share artikel ini kepada teman-teman Anda yang juga berminat dalam investasi reksa dana atau unitlink!

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai alasan berinvestasi reksa dana lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 9 Februari 2015. Perbedaan Investasi Reksa dana dan Unitlink yang Wajib Dipahami. Duwitmu.com – https://goo.gl/ebQR7T
  • Nurul Fauziyah. 26 Januari 2015. TESTIMONI: Asuransi Unitlink Vs Reksa Dana, Penyesalan Seorang Programmer. Bareksa.com – https://goo.gl/NsRDR2
  • Admin. 7 Mei 2015. Simak Dulu Keuntungan dan Kerugian Unitlink Ini Sebelum Beli Polisnya. Moneysmart.id – https://goo.gl/kjrUq8
  • Admin. 30 Mei 2011. Kelebihan dan Kekurangan Unitlink. Kompas.com – https://goo.gl/bxNqSe

 

Sumber Gambar:

  • Reksa Dana dan Unitlink 1 – https://goo.gl/Z9yHTH
  • Reksa Dana dan Unitlink Logam Mulia Emas 2 – https://goo.gl/qggoHh
Summary
Sebelum Investasi, Pahami Dulu Perbedaan Antara Reksa Dana dan Unitlink!
Article Name
Sebelum Investasi, Pahami Dulu Perbedaan Antara Reksa Dana dan Unitlink!
Description
Masih banyak saja yang gagal memahami perbedaan antara reksa dana dan unitlink.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo