Halo para fresh graduate! Ingin hidup sukses? Tentu saja perlu direncanakan dari sekarang terutama mengenai keuanganmu. Berikut ini panduan keuangan untuk hidup sukses yang dapat kamu terapkan dari sekarang mumpung baru lulus dan belum banyak tanggungan serta beban hidup. Selamat mempersiapkan langkah-langkah suksesmu!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Congrats for All Fresh Graduate – Apa Rencanamu Selanjutnya?

Hellow para fresh graduate! Bagaimana hasil kelulusan kalian? Apakah sudah mencapai hasil yang memuaskan? Sebelum membahas lebih lanjut, Tim Finansialku mengucapkan selamat atas kelulusan kalian para fresh graduate!

Lalu, setelah lulus dan menerima ijazah dan berpesta wisuda melepas masa SMA atau kamu yang sudah lulus kuliah bersama teman-teman lulusan lainnya dan juga keluarga, apa yang menjadi rencana kalian ke depan?

Apakah kalian mau mencari tempat kuliah yang sesuai dengan minat kalian – bagi lulusan SMA? Sekolah di dalam negeri atau sekolah di luar negeri?

Atau melanjutkan kuliah S2 – bagi lulusan kuliah?

Apakah kalian akan mencoba peruntungan untuk langsung bekerja? Atau kalian ingin bekerja sambil berkuliah?

Apakah kalian akan meneruskan usaha keluarga yang sudah berjalan turun temurun? Atau mungkin ingin mencoba membuka usaha start up sendiri?

Atau mungkin akan menikah muda karena ada warisan dari keluarga?

 

Para Fresh Graduate, Baca 9 Panduan Keuangan untuk Hidup Sukses 02 - Finansialku

[Baca Juga: Membuat Profil LinkedIn Tampak Profesional dan Dilirik Para Pencari Kerja untuk Karyawan dan Fresh Graduate]

 

Semua itu bisa saja menjadi pilihan kalian, para fresh graduate! Tapi, setiap pilihan kalian itu juga harus pertimbangkan yang matang terutama dalam perencanaan keuangannya.

Bayangkan jika kalian ingin kuliah tetapi biaya untuk beberapa semester ke depan belum cukup, bisa jadi kalian putus kuliah di tengah jalan. Walaupun ada orangtua yang masih bisa membiayai kalian, tentu kalian akan merasa lebih bangga jika kalian bisa membiayai uang kuliah kalian secara swadaya kan?

Jika pilihan kalian mau membuka usaha start up, tentu saja perlu modal dan perencanaan keuangan yang matang, demikian juga bila ingin menikah muda. Ingat guys bahwa menikah itu biayanya mahal karena kita tidak bisa hidup hanya bermodalkan cinta kan?

 

Panduan Keuangan untuk Hidup Sukses!

Melalui artikel berikut ini, Tim Finansialku ingin menolong kamu untuk melakukan perencanaan keuangan melalui beberapa tips dan panduan keuangan yang praktis untuk hidup sukses. Tentu kamu juga ingin sukses kan? Mari simak beberapa tips berikut ini!

 

#1 Selalu Prioritaskan Menabung

Tips yang pertama ini adalah hal yang harus diprioritaskan apabila kamu ingin sukses. Setiap uang kamu terima, baik dari orangtua atau pun bagi kalian yang sudah menerima gaji bulanan dari pekerjaan kalian, selalu ingat untuk memprioritaskan tabungan – bukan menyisihkan!

 

Jangan sisihkan uang untuk Menabung, tapi PRIORITASKAN! Click to Tweet

 

Tabungan ini akan sangat berguna untuk hari depanmu, entah itu untuk membangun usaha atau rencana investasi kamu di kemudian hari. Tentu saja uang tabungan ini juga akan membuatmu memiliki mesin pencetak uang atau passive income jika kamu memiliki pengetahuan yang cukup dan mulai berpengalaman untuk mengelolanya dengan baik dengan berbagai kendaraan investasi yang ada. Tahukah kamu bahwa Warren Buffet (orang terkaya kedua di dunia setelah Bill Gates menurut versi majalah Forbes 2017) memulai usahanya saat lulus SMA di usia 14 tahun melalui tabungannya untuk membeli sebidang tanah seluas 40 hektar untuk disewakan kepada para petani? Mau jadi seperti dia? Prioritaskan menabung!

 

#2 Buatlah Alokasi Anggaran

Buatlah anggaran belanja bulananmu seperti alokasi dana untuk makan, transportasi, kebutuhan kuliah dan beberapa kebutuhan lainnya seperti memberi kepada orangtua. Jika kamu adalah seorang yang merantau keluar kota untuk berkuliah dan atau bekerja, biaya hidupmu akan lebih tinggi karena kamu perlu membayar uang kos atau sewa rumah (kecuali bila kamu tinggal dengan sanak keluarga lainnya).

 

Mulai membuat Anggaran Keuangan! Penting Click to Tweet

 

Buat anggaran secara terperinci dan taatlah kepada besaran biaya yang memang harus dikeluarkan sesuai yang dianggarkan. Jangan usik dana tabungan yang sudah kamu masukan ke rekening.

 

#3 Mulai Menabung Dana Darurat

Dana darurat diperuntukkan untuk hal-hal yang bersifat urgent. Untuk kamu para fresh graduate yang masih single, kamu perlu mengumpulkan 6x dari anggaran belanja bulananmu untuk di simpan sebagai dana darurat di rekening terpisah.

 

Persiapkan Dana Daruratmu Sekarang! Click to Tweet

 

Simpan dana darurat di bank yang sudah terjamin keamanannya dan dapat kamu cairkan kapanpun dan dimana pun. Selalu ingat untuk tidak mengusik dana darurat ini. Gunakan jika hal mendesak terjadi, misalnya kamu sakit dan dirawat di rumah sakit dan kamu jauh dari orangtua.

 

#4 Alokasikan Dana untuk Asuransi Kesehatan

Semasa kamu masih muda, bukan berarti kamu tidak perlu memikirkan tentang kesehatanmu. Di samping menjaga kesehatan dengan pola makan sehat, bergizi, seimbang dan teratur serta berolahraga secara rutin, kamu perlu perlindungan kesehatan. Sedini mungkin kamu memiliki asuransi kesehatan, maka biaya yang kamu tanggung semakin murah. Selalu ingat bahwa kesehatan itu penting dan untuk sehat itu mahal.

cara-perencanaan-karir-yang-benar-untuk-fresh-graduate-finansialku

[Baca Juga: Cara Merencanakan Karier yang Benar untuk Fresh Graduate]

 

#5 Tetapkan Tujuan Keuanganmu Jangka Pendek, Menengah & Panjang

Menetapkan tujuan keuangan memang salah satu seni tersendiri yang harus alami dan praktikkan. Buat tujuan keuangan jangka pendek menengah dan jangka panjang. Misalnya kamu ingin bersekolah lagi atau mengambil kursus untuk menambah keahlian, Tetapkan itu sebagai jangka menengah. Apabila membutuhkan sebuah motor untuk keperluan pekerjaan, prioritaskan sebagai kebutuhan jangka pendek. Tujuan keuangan jangka panjang misalnya kamu ingin membeli rumah melalui KPR dan melalui deposito atau alat investasi lainnya seperti Reksa Dana atau belajar investasi di saham. Semua itu harus kembali lagi pada poin 1 yaitu memprioritaskan tabungan. Buatlah tujuan keuangan yang SMART.

Sebagai bahan untuk menolong kamu melakukan perencanaan keuangan, kamu dapat Download secara gratis ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20-an

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

#6 Belajar untuk Berinvestasi

Tahukah kamu banyak orang sukses yang memulai perjalanan kariernya semenjak ia muda bahkan ketika usianya masih belasan tahun seperti Warren Buffet. Orang terkaya ke-2 di dunia itu memulai usahanya dalam berinvestasi saham saat usianya masih menginjak 11 tahun.

Tidak ada salahnya jika kalian mencoba untuk belajar bermain saham atau investasi lainnya.

Ada berbagai informasi yang dapat kamu dapatkan melalui internet tentang panduan investor saham bagi para pemula. Kamu bisa memulai dengan deposito, salah satu produk investasi dari bank atau Reksa Dana. Beberapa referensi artikel Finansialku bisa kamu baca dan pelajari. Finansialku memberikan berbagai informasi soal investasi juga yang dapat kamu lihat di website-nya.

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

 

#7 Persiapkan Dana Pensiun

Bagi kamu yang sudah bekerja, apakah kamu terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan? Tahukah kamu bahwa setiap perusahaan di Indonesia wajib mendaftarkan para pekerjanya sebagai peserta penerima fasilitas dari BPJS Ketenagakerjaan?

Fasilitas Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun dapat kamu manfaatkan melalui kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Ingat, dana yang terkumpul untuk hari tuamu, bukan untuk hari mudamu.

10 Tips Sukses Wawancara Kerja atau Interview Kerja untuk Para Fresh Graduate 01 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Tips Sukses Wawancara Kerja atau Interview Kerja untuk Para Fresh Graduate]

 

#8 Persiapkan Tabungan untuk Membeli Rumah

Tentu kamu ingin memiliki rumah sendiri bukan di kemudian hari? (kecuali kalau kamu mengandalkan warisan dari orangtua). Baru-baru ini ada fasilitas terbaru bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan yang telah menjadi peserta selama 1 tahun, yaitu fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) hingga Rp500 juta. Kamu bisa memanfaatkan fasilitas ini. Baca setiap syarat dan ketentuannya dengan saksama.

 

#9 Jangan Sepelekan Pengeluaran Kecil

Tekan biaya jajan dan jangan sepelekan setiap pengeluaran kecil yang keluar dari pundi-pundi kalian. Masa muda biasanya ingin dihabiskan bersama teman-teman dengan hang-out dan makan di café atau bercengkerama di mall. Tentu saja setiap kegiatan tersebut akan mengeluarkan biaya kan?

Tetapkan biaya yang harus kalian keluarkan untuk kegiatan bersama teman-teman dan menjalin hubungan dengan relasi. Ada kalanya hang-out dengan teman tidak selalu mengeluarkan biaya bukan? Kamu bisa undang mereka ke rumahmu untuk mengobrol dan menonton film di rumah.

Para Fresh Graduate, Lakukan 9 Cara Agar Kamu Bisa Mencapai Kebebasan Finansial 01 - Finansialku

[Baca Juga: Para Fresh Graduate, Lakukan 9 Cara Agar Kamu Bisa Mencapai Kebebasan Finansial]

 

Waktu Tidak dapat Diulang Kembali

Mulailah dari sekarang karena waktu tidak akan pernah bisa kembali. Manfaatkan masa mudamu dan jangan sia-siakan kesempatan yang ada dengan bijak untuk meraih hidup sukses dengan panduan keuangan yang sehat.

 

Bagikan pengalamanmu dalam merencanakan keuangan bulanan melalui kolom yang tersedia di bawah ini dan bagikan juga setiap informasi dari artikel Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan kamu. Terima kasih!

 

Sumber Referensi

  • Kerry Hannon. 29 Mei 2013. 11 Essential Money Tips For New College Grads. Forbes.com – https://goo.gl/YYLKuQ
  • Fera Nur Aini. 15 Mei 2017. Panduan Keuangan Buat yang Baru Lulus Kuliah tapi Belum Kerja. Idntimes.com – https://goo.gl/zWNUiz
  • Ruisa Khoiriyah. 18 Januari 2017. 5 Trik Terbaru Mengatur Keuangan Fresh Graduate. Halomoney.com – https://goo.gl/TpY55i
  • Admin. 2 November 2015. TIPS KEUANGAN UNTUK FRESH GRADUATE. Uangteman.com – https://goo.gl/qA9rV3

 

Sumber Gambar:

  • Team Huddling – https://goo.gl/NnWiVU dan https://goo.gl/3XM7sV

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana