Eksotisnya wisata pantai Indonesia memang tidak akan pernah ada habisnya untuk dijelajahi, salah satunya Pantai Pangandaran.

Tahukah kamu ada wisata tersembunyi yang keren dan lagi nge-hits di Pantai Pangandaran? Simak ulasannya dalam artikel Finansialku berikut ini ya! Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku                                               

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Liburan ke Pangandaran

Saatnya liburan!! Enggak perlu jauh-jauh, Pantai Pangandaran juga menyuguhkan berbagai destinasi yang jempolan dan tak kalah menarik lho.

Dari keindahan deburan ombak di pantai, hempasan anginnya sepoi di lembah dan perbukitan hingga indahnya hutan dan gua bernuansa nilai sejarah tinggi di pegunungan.

Kamu bisa temukan semuanya di wisata Pantai Pangandaran!

Kali ini Finansialku akan merekomendasikan sejumlah tempat wisata di Pangandaran yang bisa kamu nikmati.

Tapi sebelum itu sudahkah kamu mempersiapkan dana liburan?

Ingat ya, mempersiapkan dana liburan sangatlah penting agar kondisi keuanganmu tetap stabil setelah berlibur.

Untuk mempersiapkannya, kamu bisa memanfaatkan Aplikasi Finansialku dengan mengunduhnya terlebih dahulu melalui Google Play Store atau lakukan registrasi melalui PC.

Caranya sangatlah mudah, kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya sesuai dengan video berikut ini:

 

Gunakan kode promo: POTONG50RIBU untuk potongan harga sebesar Rp50 Ribu sekaligus dapatkan akses tanpa batas berkonsultasi dengan Perencana Keuangan Profesional Bersertifikat dari Finansialku yang siap menolongmu dalam melakukan perencanaan keuangan dan mempersiapkan kehidupan finansial yang lebih sehat!

Setelah mengetahuinya, mari kita simak beberapa rekomendasi wisata dari Finansialku, mulai dari:

 

#1 Wisata Pangandaran: Citumang

Berlokasi di Komplek Objek Wisata Citumang Sukamanah, Bojong, Parigi, Pangandaran, Jawa Barat, Citumang merupakan sebuah destinasi wisata berupa aliran sungai yang melintasi hutan lebat dengan aliran air yang cukup deras saat musim penghujan tiba.

Aliran air yang cukup deras nyatanya tetap aman bagi para pengunjungnya sehingga para wisatawan bisa asyik berenang di dalam sungai yang jernih airnya dan segar.

Wahana wisata body rafting juga tersedia di Citumang dan membuat para wisatawan bisa menguji adrenalin di tempat wisata ini sambil menikmati keindahan alam hutan dan udara yang jauh dari polusi kendaraan perkotaan.

Wisata Pangandaran Citumang - Finansialku

[Baca Juga: 12 Cara Menghindari Stress akibat Masalah Keuangan bagi Anda yang Single Parents]

 

#2 Wisata Pangandaran: Pantai Pasir Putih

Di sebelah barat Pantai Pangandaran terdapat lokasi wisata yang jadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dalam maupun luar negeri.

Pemandangan alam pantai yang khas disuguhkan kepada para pengunjung sehingga membuat suasana Pantai pasir Putih di sebelah Barat Pangandaran ini menimbulkan rasa rindu untuk datang dan berkunjung kembali.

Hewan liar pun berkeliaran di tempat ini seperti monyet ekor panjang dan membuat para pengunjung bisa mencuri pose dan berfoto dengan mereka.

Namun, perlu hati-hati dan jangan mengganggu para monyet liar ini jika tidak ingin dikejar oleh mereka ya!

Menengok pasir putih di lokasi pantai tentu membuat hati jadi damai dan ingin terus bermain-main di sana hingga menjelang petang.

Selain itu, ada spot selfie yang tak kalah menarik lho. Ada kapal karam yang bisa jadi latar untukmu mendokumentasikan posemu dan pamerkan di akun media sosialmu.

Keren kan!!

 

 #3 Wisata Pangandaran: Pantai Batu Karas

Bagi para peselancar, sudah tak asing lagi deburan ombak yang menantang bagi para pecintanya, yakni Pantai Batu Karas.

Dengan suasana pantai ditambah ombak bersahabat bagi para pecinta peselancar, inilah waktunya buat kamu yang gemar berselancar bisa menunjukkan kelihaianmu dalam menaklukkan ombak Pantai Batu Karas yang berlokasi di Desa Batu Karas, Kecamatan Cijulang.

Tak mahir berselancar?

Tak perlu berkecil hati karena kamu akan puas berfoto selfie sambil menikmati pemandangan pantai indah dengan landskap para peselancar yang menari-nari di atas papan selancar sambil menunggangi ombak-ombak yang beriringan datang dan pergi mendekati bibir pantai.

Wisata Pangandaran Pantai Batu Karas - Finansialku

[Baca Juga: Ketahui 5 Tantangan Seorang Pemimpin yang Akan Anda Hadapi dan Bagaimana Cara Menghadapinya]

 

#4 Wisata Pangandaran: Curug Jambe Anom

Selain menyuguhkan pemandangan pantai yang bagaikan surga bagi para peselancar dan penikmat indahnya nuansa pantai, Pangandaran pun memberikan kesempurnaan alam melalui keindahan panorama Curug Jambe Anom.

Memang, Indonesia Negeri kita tercinta tak ada habisnya untuk dikagumi dan dilestarikan.

Udara sejuk jauh dari hiruk pikuk perkotaan sambil mendengarkan gemericik jatuhnya aliran air dari Curug Jambe Anom membuat hati semakin sejuk dan tenang.

Berlokasi di Purbahayu, Pangandaran, Ciamis, inilah destinasi wisata yang juga jadi incaran para penikmat ketenangan untuk menikmati waktu liburan jauh dari hawa perkotaan dengan lalu lalang kendaraan dan rutinitas tak ada hentinya.

Rimbunnya hutan dengan pemandangan alam khas Bumi Pertiwi membuat wisatawan tak mau beranjak lokasi indah ini.

 

#5 Wisata Pangandaran: Pantai Batu Hiu

Tak heran dinamai Batu Hiu, menurut cerita legenda, dinamai Pantai Batu Hiu dikarenakan bentuk dari salah satu batu di sana mirip sirip hiu dan menjorok ke arah laut.

Mirip dengan Tanah Lot di Bali, inilah yang membuat Pantai Batu Hiu menjadi salah satu destinasi wisata yang tak kalah menarik bagi para penikmatnya.

Karena memang bukan tempat untuk berselancar, itulah sebabnya tempat wisata Pantai Batu Hiu hanya diperkenankan untuk mengambil foto dan menikmati atmosfer sunset yang “ngangenin” dengan latar Batu Hiu yang tak ada duanya.

Mau ke tempat ini? Kamu bisa pergi ke Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Pangandaran Selatan, Jawa Barat.

Wisata Pangandaran Pantai Batu Hiu - Finansialku

[Baca Juga: Mau Jadi Orang Sukses? 13 Cara Ini Membuat Anda Mengalami Peningkatan Hidup]

 

#6 Wisata Pangandaran: Cukang Taneuh atau Green Canyon

Destinasi wisata berikutnya yang “it a must” untuk dikunjungi adalah Cukang Taneuh atau biasa disebut Green Canyon.

Kunjungi tempatnya di Jalan Raya Cijulang – Green Canyon, Kertayasa, Cijulang, Pangandaran, Jawa Barat.

Nikmati pemandangan tebing karang yang eksotis sambil mengagumi indahnya panorama alam sepanjang aliran sungai yang bisa kamu nikmati melalui wahana body rafting yang tersedia.

Keindahan lembah dengan dinding lembah yang ditumbuhi lumut dan tanaman tropis di Green Canyon membuat nuansa liburan jadi lebih adem.

 

#7 Wisata Pangandaran: Pepedan Hills

Berlokasi Selasari, Parigi, Selasari, Parigi, Pangandaran, Jawa Barat, kamu bisa menikmati suguhan pemandangan alam yang juga tak kalah indahnya.

Lokasinya memang agak naik ke perbukitan dan destinasi wisata ini begitu populer dengan nama Pepedan Hills di mana keindahan perbukitannya sangat menawan.

Latar alamnya yang memesona bikin ketagihan buat terus-terusan berfoto selfie dan wefie bersama orang-orang terkasih.

Wisata Pangandaran Pepedan Hills - Finansialku

[Baca Juga: Pelajari Gaya Kepemimpinan Ridwan Kamil yang Sering Memboyong Berbagai Penghargaan]

 

#8 Wisata Pangandaran: Lembah Jebulan

Ini dia yang tersembunyi dan masih banyak wisatawan yang belum tahu, Lembah Jebulan, yang berloksi di Jebulan, Cigugur, Pangandaran, Jawa Barat.

Memang belum banyak terjamah oleh wisatawan sehingga membuat destinasi ini begitu sangat asri dan medan ke lokasi tersebut cukup ekstrem untuk ditempuh.

Tapi, kesulitan di perjalanan tak sebanding dengan keindahan alam yang disajikan di Lembah Jebulan.

 

#9 Wisata Pangandaran: Curug Luhur

Seakan tak ada habisnya menyuguhkan berbagai pemandangan alam yang indah nan eksotis, nampaknya Pangandaran begitu kaya akan wisata alamnya seperti yang disajikan di Curug Luhur yang berlokasi di Dusun Cimanggu, Desa Cimanggu, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran.

Para pengunjung terlihat puas dengan pemandangan dan dinginnya air terjun beringkat yang menyejukkan dengan aliran yang cukup deras dan menyebar ke seluruh antero tebing.

Sambil menikmati segarnya alam dan gemericik air terjun Curug Luhur, kamu bisa bersantai dan mengabadikan foto-foto candid yang dapat kamu pamerkan di akun media sosial.

Wisata Pangandaran Curug Luhur - Finansialku

[Baca Juga: Ramuan David Ogilvy: 10 Hal yang Perlu Ditemukan Dalam Gaya Kepemimpinan Anda]

 

#10 Wisata Pangandaran: Gua Sinjang Lawang

Dari pantai, lembah, bukit hingga gunung, Pangandaran memang jempol tiada duanya.

Buat kamu yang suka dengan petualangan mendaki, kamu bisa ke Gua Sinjang yang bertengger di Dusun Parinengan, Desa Jadimulya, Kecamatan Langkap Lancar, Kabupaten Pangandaran.

Petualanganmu bakal seru abis setelah menyusuri lebatnya hutan dan menemukan Gua Sinjang dengan lebar sekitar 60 meter dan kamu dapat menyusuri aliran Sungai Cijulang yang mengalir di dalam gua tersebut.

Wooooooooow…adalah sebuah ungkapan pertama yang biasanya keluar dari bibir para penikmat destinasi wisata ini.

Seakan bumi pun dapat melukis, kamu dapat menikmati ukiran khas Bumi Pertiwi yang tergores di sepanjang dinding gua dengan cercah sinar matahari yang menembus dinding berpori kecil  sehingga membuat nuansa alam yang begitu kental.

 

#11 Wisata Pangandaran: Batu Lumpang Garden

Mau wisata naik kayak di atas aliran sungai dengan pemandangan tebing sekeliling? Buruan ke Batu Lumpang Garden kalau kamu sedang berada di Pangandaran.

Segera bawa dirimu ke Jalan Raya Cigugur, Parakanmanggu, Parigi, Pangandaran, Jawa Barat dan kamu bisa naik kayak dan menikmati alam asri dari Batu Lumpang Garden sambil foto-foto narsis ala kamu.

Wisata Pangandaran Batu Lumpang Garden - Finansialku

[Baca Juga: Strategi Paling Ampuh untuk Para Pebisnis Menang Persaingan Dari Sun Tzu Art of War, Filsuf Tiongkok]

 

#12 Wisata Pangandaran: Curug Grigis

Meski sulit dijangkau, ini adalah destinasi wisata yang baru ditemukan dan kamu layak untuk menikmati keindahannya.

Enggak bakalan kecewa kalau kamu datang ke destinasi wisata tersembunyi ini yang dinamai Curug Grigis.

Mau ke tempat ini Tanya saja warga sekitar untuk menunjukkan jalan ke Desa Kedungwuluh, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat dan kamu akan menemukan Curug Grigis yang menyembunyikan diri di balik rimbunan hutan dengan akses yang belum dapat dilalui oleh kendaraan.

 

#13 Wisata Pangandaran: Jojogan Hills

Seakan tak ingin beranjak, wisatawan yang sudah ke Jojogan Hills bakal kangen dengan pemandangan yang disajikan oleh destinasi wisata di Pangandaran yang satu ini.

Pemandangan perbukitannya asoy banget dan bikin kamu betah buat lagi, lagi dan lagi berfoto dengan teman-temanmu bahkan tak kuasa ambil foto selfie sendiri buat dapetin angle yang cocok buat kamu bersanding dengan “lukisan Tuhan” melalui latar Jojogan Hills.

Wisata Pangandaran Jojogan Hills - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Edukasi Keuangan di Tempat Kerja Dapat Meningkatkan Employee Engagement?]

 

#14 Wisata Pangandaran: Gua Lanang Selasari

Destinasi berikutnya di wisata Pangandaran seakan menampilkan nilai sejarah tinggi dibalik Legenda Prabu Anggalarang di mana menurut cerita warga sekitar, sang Prabu menjalankan roda pemerintahannya di dalam Gua Lanang Selasari yang kini menjadi destinasi wisata yang patut dikunjungi.

Wisatawan yang datang ke tempat ini akan disuguhkan wisata body rafting dan water tubing disamping belajar teknik persawahan saat musim tanam.

 

#15 Wisata Pangandaran: Pantai Lembah Putri

Salahs atu populer dan jadi andalan dari wisata Pangandaran adalah Pantai Lembah Putri dengan pemandangan laut lepas yang menawan yang dapat dinikmati dari sisi lembah.

Selain itu, ada juga miniatur Tembok Besar China atau Great Wall of China di tempat ini.

Enggak perlu jauh-jauh ke China kan? Di Pangandaran juga ada lho!

Wisata Pangandaran Pantai Lembah Putri - Finansialku

[Baca Juga: Bong Chandra: “Insting Terbentuk dari Beberapa Kali Kesalahan” Baca 40 Kata Bijak Lainnya]

 

#16 Wisata Pangandaran: Santirah River Tubing

Para pecinta olahraga air yang cukup ekstrem tentu harus bertandang ke tempat ini karena kamu bisa menikmati wahana river tubing dengan panduan dari guide dan perlengkapaan keamanan yang sudah terjamin.

Ikuti aliran sungainya tanpa perahu karet. Gimana ya sensaninya? Dingin-dingin seger dan memacu adrenalin tentunya!

 

#17 Wisata Pangandaran: Curug Bojong

Yuk mandi air terjun di Curug Bojong, salah satu destinasi wisata yang terletak sekitar 6 km dari pusat kota Pangandaran.

Pemandangan yang epik dengan hawa yang sejuk dingin menyegarkan bikin kita lebih fresh dan tak kuasa menahan diri untuk bermain air bersama teman-teman.

Wisata Pangandaran Curug Bojong - Finansialku

[Baca Juga: Kata-Kata Bijak Merry Riana Mimpi Sejuta Dollar yang Menginspirasi Anak Muda]

 

#18 Wisata Pangandaran: Pantai Keusik Luhur

Seperti namanya yang diambil dari bahasa Sunda; Keusik: Pasir; Luhur: Tinggi, Pantai ini menyajikan wisata pantai dengan deburan ombak besar yang menghantam tebing karang di sekitar pantai.

Tak heran jika angin dari arah pantai begitu cukup kencang, terlihat dari deburan ombak yang terus menerus ingin beradu dengan sang tebing karang yang kokoh menahan amukannya.

Wisata ini memang cocok buat kamu yang ingin menikmati keindahan alam dengan terpaan angin pantai yang membuat pikiran jadi refresh dengan suara deburan ombak yang memberikan terapi tersendiri bagi telinga kita.

 

#19 Wisata Pangandaran: Pantai Karapyak

Meski cukup jauh sekitar 20 km dari pusat kota Pangandaran, wisata Pangandaran yang dinamai Pantai Karapyak ini tetap jadi destinasi wisata yang dijagokan dengan suasana pantai yang sejuk dan masih belum terjamah oleh banyak wisatawan.

Maklum, tempat ini masih tersembunyi belum banyak yang mengetahuinya.

Tak heran pantai ini juga disebut sebagai Pantai Perawan karena belum banyak pengunjung yang mengetahui keindahan dan eloknya Pantai Karapyak.

Wisata Pangandaran Pantai Karapyak - Finansialku

[Baca Juga: Pelajaran dari Henry Ford Pendiri Ford Motor Company agar Menjadi Orang Sukses]

 

#20 Wisata Pangandaran: Pantai Karang Nini

Masih berada di area Pantai Karapyak, tak jauh dari sana kamu akan disuguhkan pemandangan eksotis dari Pantai Karang Nini.

Kenapa disebut Karang Nini? Nini dalam bahasa Sunda berarti nenek.

Pantai ini dinamai demikian karena adanya bentuk karang yang terduduk di bibir pantai menyerupai seorang nenek yang sedang termenung.

Abadikan pose gokilmu di Pantai Karang Nini yang bisa jadi foto andalanmu di media sosial.

 

#21 Wisata Pangandaran: Pantai Madasari

Dengan nama lain Pantai Bulak Benda sesuai sebutan dari para warga sekitar, Pantai Madasari bisa jadi tempat yang tepat untukmu untuk berlibur dan menghabiskan waktu santaimu dengan perpaduan antara batu karang yang menghiasi bibir pantai dengan pemandangan laut selatan yang eksotis.

Lokasinya berada di desa Masawah, Cimerak ini dan jauh dari keriuhan kota sehingga membuat waktu tenangmu tak terganggu.

Wisata Pangandaran Pantai Madasari - Finansialku

[Baca Juga:  Kata-kata Bijak Peter Drucker yang Dapat Mengubah Bisnis Sekaligus Mengubah Dunia]

 

Siap-siap Liburan Ke Pangandaran

Itu dia berbagai wisata di Pangandaran yang bisa kamu jelajahi untuk menikmati waktu-waktu berhargamu bersama dengan orang-orang terkasih!

Jangan lupa bawa kamera andalanmu untuk membuat dokumentasi gokil dari foto-foto selfie yang akan masuk di album Instagram-mu ya.

Terlebih lagi, siapkan dulu dana liburanmu dengan Aplikasi Finansialku agar tidak ada yang terlewat dan tetap menikmati setiap momen liburan menyenangkan tanpa repot merenanakan dananya!

 

Destinasi wisata mana yang sekiranya akan kamu kunjungi saat berlibur ke Pangandaran?

Berikan tanggapanmu pada kolom yang tersedia di bawah ini dan bagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan yang membutuhkan!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 30 Januari 2019. 35 Tempat Wisata Di Pangandaran Terbaru Yang Lagi Hits 2019. Wisatalengkap.com – https://bit.ly/2YTbw2G
  • Fitriani Sudrajat. 15 Februari 2018. 4 Surga Tersembunyi di Pangandaran Ini Wajib Banget Dikunjungi Traveler. Idntimes.com – https://bit.ly/2YQwByB
  • Muhammad Yanuar. 15 Oktober 2018. 13 Destinasi Wisata Di Pangandaran Yang Eksotik. Tripzilla.id – https://bit.ly/2TfQDgI
  • Nabil. 30 Mei 2018. Tempat Wisata di Pangandaran Terbaru 2019 Yang Menarik. Tempatwisata.co – https://bit.ly/2KBQyjw
  • Tantri Setyorini. 3 Januari 2019. 6 Wisata Pangandaran Paling Populer dan Kekinian. Merdeka.com – https://bit.ly/2GUJddT

 

Sumber Gambar:

  • Pangandaran – http://bit.ly/2ZsA9n4
  • Wisata Pangandaran: Citumang – http://bit.ly/2zhO0lH
  • Wisata Pangandaran: Pantai Batu Karas – http://bit.ly/30tZu1g
  • Wisata Pangandaran: Pantai Batu Hiu – http://bit.ly/2KUQg8X
  • Wisata Pangandaran: Pepedan Hills – http://bit.ly/2Hpb8mF
  • Wisata Pangandaran: Curug Luhur – http://bit.ly/30DOwXi
  • Wisata Pangandaran: Batu Lumpang Garden – http://bit.ly/2U1TsT0
  • Wisata Pangandaran: Jojogan Hills – http://bit.ly/33XM9k1
  • Wisata Pangandaran: Pantai Lembah Putri – http://bit.ly/2Hoktv2
  • Wisata Pangandaran: Curug Bojong – http://bit.ly/3282Lnz
  • Wisata Pangandaran: Pantai Karapyak – http://bit.ly/2LaB3Qd
  • Wisata Pangandaran: Pantai Madasari – http://bit.ly/33SAS4x