Menghadapi tahun 2021, nyatanya ada berbagai jenis peluang usaha di bidang jasa yang paling dibutuhkan. Mau tahu apa saja itu?

Simak pembahasannya di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Peluang Usaha di Bidang Jasa

Menjalankan sebuah usaha dapat dilakukan oleh siapa saja yang memiliki ide dan peluang. Salah satu jenis usaha yang cukup digemari adalah usaha di bidang jasa.

Usaha bidang jasa merupakan jenis usaha yang menjual jasa seperti tenaga, ilmu dan juga keahlian dalam bidang tertentu yang menghasilkan pendapatan sesuai dengan jasa yang telah dilakukan.

Saat ini banyak sekali usaha bidang jasa yang dapat dengan mudah ditekuni, di mana menjalankan usaha dalam bidang jasa harus sesuai dengan keahlian yang dimiliki oleh pelaku usaha tersebut.

Hal itu membuktikan bahwa usaha di bidang jasa ini memiliki potensi yang cukup baik dan menjanjikan mengingat permintaan atau kebutuhan konsumen yang meningkat terhadap jasa.

Selain itu, kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan mendorong pesatnya permintaan jasa sehingga dapat menjadi peluang bagi kamu untuk membuka usaha di bidang jasa atau ingin melakukan diversifikasi usaha.

Berikut adalah beberapa peluang usaha di bidang jasa yang dapat dijalankan dan menjanjikan keuntungan yang besar:

 

#1 Cuci Sepatu

Ini dia peluang usaha di bidang jasa yang paling dibutuhkan pada tahun ini. Tahukah kamu, kini pengguna sneakers berharga jutaan rupiah telah banyak. Sneakers mahal ini tentu saja membutuhkan perawatan yang tidak sembarangan.

Diperlukan bahan-bahan khusus, alat pembersih khusus, serta keterampilan khusus agar sneakers mahal ini bisa kembali kinclong tanpa adanya kerusakan.

Maka dari itu, bisnis cuci sepatu akan menjadi salah satu tren usaha bidang jasa yang akan booming pada tahun 2021.

Beruntungnya, kini kamu tidak lagi perlu mendirikan brand cuci sepatu sendiri karena telah banyak usaha waralaba yang bergerak di industri ini. Jadi, kamu bisa menjadi franchisee saja. 

 

#2 Potong Rambut

Disadari atau tidak, potong rambut adalah salah satu bisnis yang paling potensial untuk langgeng. Hal ini dilatarbelakangi oleh tendensi bahwa setiap orang biasanya hanya percaya segelintir barbershop sepanjang hidupnya.

Bagi kebanyakan orang, urusan rambut adalah urusan yang personal karena sangat mempengaruhi citra yang ingin mereka bangun. Maka dari itu, banyak orang yang rela potong setiap dua minggu sekali untuk mempertahankan penampilannya.

Meskipun demikian, pemain di industri potong rambut kini sudah sangatlah banyak, sehingga akan memunculkan pertanyaan: apa yang membuat bisnis kamu berbeda?

10+ Peluang Usaha di Bidang Jasa yang Buat Kamu Tajir Melintir 01 - Finansialku

[Baca Juga: Selain Seblak, Ini 10+ Ide Usaha Makanan Pedas dengan Modal Minim!]

 

Membuka jasa potong rambut ini juga perlu adanya keahlian khusus dan harus mampu memberikan pelayanan yang baik. Usaha ini juga sama dengan jenis usaha lainnya yang memiliki persaingan ketat.

Untuk itu, pelaku usaha jasa potong rambut ini lebih baik jika mampu memberikan model rambut yang cocok untuk para konsumennya.

Di mana hal itu secara tidak langsung akan memberikan kesan positif seperti adanya rasa percaya dari konsumen, dan menyiratkan bahwa pelaku usaha jasa potong rambut sudah profesional.

Dan juga disarankan kamu meningkatkan pelayanan kepada setiap pelanggan. Wujud pelayanan ini bisa dari segi keramahan barber, pengetahuan mereka akan tren terkini, ketrampilan yang terus diperbarui, dan masih banyak lagi.

 

#3 Cuci Kendaraan Bermotor

Tahukah kamu kalau jasa cuci kendaraan mampu menghasilkan pemasukan hingga puluhan juta rupiah? Dari luar, bisnis ini mungkin terlihat biasa-biasa saja, tapi ternyata bila dilihat dari sisi pembukuan, cukup mencengangkan.

Selain itu, bisnis cuci kendaraan terbilang cukup fleksibel karena bisa dilakukan di tempat kamu sendiri atau menyewa lahan dan dapat dilakukan oleh kamu sendiri atau menyewa tenaga.

 

#4 Mendesain dan Menjahit Pakaian

Pada saat ini, pakaian memang selalu menjadi kebutuhan bagi konsumen dan membuat produksi pakaian sendiri terus meningkat walaupun sudah begitu banyak.

Hal ini pun membuat adanya potensi yang bagus dalam menjalankan usaha di bidang jasa menjahit mengingat bahan dan model pakaian yang terus bervariasi setiap tahun bahkan bulan yang didukung dengan permintaan pasar yang terus tinggi.

Sehingga memulai usaha jasa menjahit ini dapat dikatakan sebagai jenis jasa yang akan selalu dibutuhkan dan dapat menghadirkan keuntungan yang besar.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa dalam menjalankan usaha jasa menjahit ini perlu adanya strategi karena persaingan yang begitu ketat.

Untuk itu, pelaku usaha jasa menjahit ini harus mampu berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik pada konsumen agar usahanya dapat berjalan lancar.

10+ Peluang Usaha di Bidang Jasa yang Buat Kamu Tajir Melintir 02 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Ide Usaha di Masa Pandemi Buat Tambah Penghasilan]

 

Selain itu, media sosial telah membuat industri fashion semakin mudah memasarkan produknya. Dengan demikian, kini telah banyak pemain baru yang hadir dengan ide-ide kreatif yang diterima oleh masyarakat.

Oleh karena itu, bisnis pakaian lokal diprediksi akan bertumbuh cukup positif di tahun 2021 mendatang. Atas dasar alasan tersebut, kamu juga bisa ikut terjun ke dalam industri kreatif satu ini.

Hanya saja, disarankan untuk memilih target pasar yang cukup selektif supaya brand kamu memiliki pembeda dengan yang lainnya.

Misalnya, dengan khusus mendesain dan menjahit pakaian-pakaian plus size, khusus busana muslim modern tapi tetap syar’i, atau pun dengan menargetkan khusus untuk ibu menyusui.

 

#5 Modifikasi Motor

Bengkel modifikasi motor kian menjamur seiring minat masyarakat akan motor custom semakin tinggi. Bahkan, kini spirit dari motor custom pun mulai diterima oleh pabrikan besar sehingga mereka mulai meluncurkan produk-produk yang menyerupai motor-motor karya bengkel custom.

Ini adalah bukti nyata bahwa masyarakat Indonesia mulai bisa mengapresiasi keindahan dari sebuah motor yang dimodifikasi dengan gaya khusus.

Untuk dapat memulai bisnis modifikasi motor memang tidak mudah dan murah. Kamu butuh sumber dana yang cukup banyak, baik untuk membayar bahan baku, atau pun untuk membayar tenaga profesional.

Selain itu, bisnis ini juga akan sulit ditekuni oleh mereka yang kurang antusias dengan kultur motor custom. Sebab, antusiasme inilah yang akan mempengaruhi hasil akhir dari modifikasi motor. 

 

#6 Laundry

Selanjutnya, bisnis laundry menjadi peluang usaha di bidang jasa yang paling dibutuhkan. Seiring dengan pembangunan hunian-hunian ramah milenial, potensi bisnis laundry pun semakin tinggi.

Hal ini tidak lepas dari pola hidup milenial yang jadwalnya dipenuhi oleh beragam kesibukan sehingga mereka membutuhkan bantuan untuk menyelesaikan tugas-tugas hariannya seperti mencuci.

Jasa laundry/cuci baju pada umumnya menjamur di kota-kota besar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang telah disibukkan dengan aktivitas bekerja di kantor.

Tidak hanya itu, bahkan jasa cuci pakaian dibutuhkan oleh para mahasiswa. Peluang usaha ini tentu sangat bagus dan dapat dijalankan oleh siapa saja, mengingat pengerjaan cuci-mencuci pakaian ini tidak membutuhkan keahlian khusus.

Hanya saja ada yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan jasa cuci-mencuci pakaian ini yaitu, di antaranya:

  1. Kecermatan dan kehati-hatian dalam menangani agar pakaian tidak rusak selama proses mencuci (atau menyetrika)
  2. Pastinya, kebersihan
  3. Cucian tidak tertukar antar konsumen satu dengan konsumen yang lainnya
  4. Ketepatan waktu
  5. Memperhitungkan risiko akan adanya hujan/mendung (pada musim hujan) yang mengakibatkan pakaian konsumen jasa tidak cepat kering

 

Dengan kualitas pelayanan yang baik, bisnis jasa laundry ini akan berkembang seiring waktu berjalan dan kepercayaan konsumen yang bertambah.

 

#7 Rental mobil

Rental mobil juga merupakan salah satu tren bisnis yang diprediksi akan booming pada tahun 2021 mendatang. Selain didorong oleh peningkatan industri pariwisata, bisnis rental mobil akan berkembang karena meningkatnya jumlah pengemudi taksi online.

Mengingat tak semua orang mampu untuk membeli mobil sendiri, menyewa mobil jadi salah satu alternatif yang bisa mereka pilih.

Kamu bisa membuat skema perjanjian yang beragam. Mulai dari bagi hasil dengan perbandingan yang bisa disepakati, hingga perjanjian harian saja.

Hanya saja, untuk memulai bisnis ini dibutuhkan modal yang cukup besar, tetapi mampu menghasilkan keuntungan dan potensi yang besar pula.

Di mana dalam melakukan penyewaan kendaraan ini harus diperhatikan lebih terkait keamanannya mengingat usaha ini sangat berisiko terjadinya kerugian.

10+ Peluang Usaha di Bidang Jasa yang Buat Kamu Tajir Melintir 03 - Finansialku

[Baca Juga: Mobil Nganggur di Garasi? Coba Ide Usaha Menggunakan Mobil Pribadi Ini!]

 

Risiko yang cukup besar ini tidak lantas menjadi salah satu penyebab jasa penyewaan kendaraan ini mati atau tidak berpotensi.

Justru pada saat ini, salah satu usaha ini memiliki perkembangan yang cukup tinggi mengingat kebutuhan konsumen pun menjadi bertambah seperti misalnya kebutuhan dalam berwisata.

Tentunya dalam melakukan kegiatan wisata memerlukan kendaraan, sehingga ini menjadi sebuah peluang yang dapat dijalankan.

 

#8 Rental Proyektor Beserta Screen-Nya

Saat ini segalanya sudah hadir dalam bentuk digital, sehingga fungsi proyektor semakin krusial. Mulai dari mahasiswa hingga organisasi kecil pun mulai membutuhkan proyektor untuk beragam keperluan.

Selain itu, bisnis ini juga cukup fleksibel dalam hal target pasar. Kamu bisa menyasar pengguna perorangan langsung, bisa juga menyasar bisnis-bisnis.

Apabila kamu menyasar pengguna perorangan maka strategi pemasarannya tentu berbeda dengan konsumen perusahaan.

Salah satunya adalah dengan memanfaatkan e-commerce dan juga media sosial untuk menjangkau calon konsumen. Buat juga penawaran bundling untuk menarik minat mereka.

 

#9 Pembuatan Situs Web

Saat ini millennial dan Gen Z lebih banyak menghabiskan waktunya di internet sehingga hidupnya sangat bergantung dengan dunia daring.

Bila ada suatu hal yang ingin mereka ketahui, pasti langkah pertama yang mereka ambil adalah dengan mencarinya di internet terlebih dahulu.

Mulai dari informasi sehari-hari, hingga barang-barang yang sedang mereka inginkan. Inilah yang membuat situs web menjadi krusial bagi dunia usaha.

Selain itu, bisnis digital perlahan telah menggerus beberapa industri lainnya, salah satunya adalah advertising yang berfokus pada iklan billboard.

Sebab, banyak brand besar yang mulai memperbanyak iklan di situs web dengan traffic tinggi. Ini juga yang membuat banyak orang membuat situs web untuk mengejar keuntungan.

Saat ini sudah banyak pebisnis yang sadar akan hal itu, sehingga membutuhkan jasa pembuat situs web. Inilah yang membuat bisnis jasa pembuatan situs web makin menguntungkan.

10+ Peluang Usaha di Bidang Jasa yang Buat Kamu Tajir Melintir 04 - Finansialku

[Baca Juga: Ide Usaha Rumahan Zaman Now Yang Menjanjikan]

 

Apakah kamu tertarik untuk menekuninya? Kalau iya, tidak ada salahnya membuat bisnis yang sifatnya one-stop.

Artinya, kamu menawarkan jasa pembuatan situs web sekaligus pembelian domain dan hosting. Dengan demikian, kamu dapat melayani lebih banyak pelanggan dengan lebih baik. 

Umumnya, situs web yang dimaksud dimanfaatkan untuk berjualan (online shop), kendati sudah ada beberapa marketplace raksasa di Indonesia, namun kebutuhan penjual (seller) akan sebuah situs tidak bisa terelakkan.

Setiap perusahaan, meski itu perusahaan berskala kecil, hampir selalu memiliki situs web.

Situs web digunakan sebagai media promosi yang efektif, di mana masyarakat dapat menemukan info produk para penjual di situs web tersebut, baik melalui perantara media sosial, iklan (terutama social media ads), hingga mesin pencari (search engine), seperti Google.

Sekali lagi, situs web banyak dibutuhkan oleh masyarakat zaman ini, jadi tidak hanya para penjual online saja ya. Hal ini menunjukkan peluang yang besar dan istimewanya lagi tidak akan pernah surut.

 

#10 Jasa Manajemen Media Sosial

Setelah jasa pembuatan website, lalu bagaimana jasa social media content management? Kamu pasti sudah mengerti bahwa masih banyak yang tidak memiliki situs web, namun tetap memiliki media sosial bukan? Tidak terkecuali pada entitas usaha/bisnis.

Artinya apa? Bahwa media sosial ini memiliki pangsa pasar yang lebih luas daripada situs web, tidak lain karena pengelolaannya yang lebih mudah, dibutuhkan keterampilan pengoperasian yang lebih sederhana daripada membuat situs web, kemudian biayanya pun lebih ringan daripada membuat situs web.

Namun permasalahan timbul dikarenakan jika misalnya suatu entitas bisnis ingin mengelola media sosialnya, bermaksud melakukan promosi kepada target audience-nya, atau memperkenalkan produk-produk atau branding kepada masyarakat internet (warganet/netizen).

Kemudian ia (entitas bisnis) tersebut tidak atau lebih pasnya belum memiliki tenaga (karyawan) khusus untuk itu, tidak memiliki kesiapan untuk melakukan pengelolaan media sosial, dikarenakan mengelola media sosial tentu dibutuhkan strategi, copywriting yang baik, hingga media yang relevan berupa gambar hingga video.

Padahal, bisa jadi kompetitor usahanya sudah memperoleh hasil signifikan dari pemanfaatan media sosial.

Nah, di sinilah letak peluang itu, yaitu suatu jasa pengelolaan (manajemen) media sosial secara komprehensif dan terarah, semua pos (post) media sosial yang dihadirkan sudah terkonsep dengan baik, bahkan sangat tidak menutup kemungkinan melakukan boost (dorongan) agar konten media sosial tersebut menjadi jauh lebih populer melalui penggunaan iklan (advertising).

 

GRATISSS, Yuk Download SEKARANG!!!

Ebook Pentingnya MENGELOLA KEUANGAN Pribadi dan Bisnis

14 Ebook Mengelola Keuangan Bisnis dan Pribadi

 

#11 Desain Interior

Bisnis desain interior juga akan berkembang seiring dengan banyaknya millennial yang mulai membeli properti, baik itu rumah tapak atau pun apartemen.

Oleh karena mereka memiliki selera yang khas, gaya interior huniannya tentu akan berbeda dengan orangtuanya. Maka dari itu, mereka membutuhkan seorang design interior untuk mendapatkan ambiance yang sesuai dengan yang mereka mau. 

Untuk menjadi desain interior memang ada pendidikan formalnya, namun percayakah kamu bahwa banyak pengusaha di bidang ini tanpa adanya latar belakang pendidikan formal?

Dengan tekad dan keinginan untuk terus belajar, kamu akan bisa memulai usaha jasa desain interior ini.

 

#12 Desain Grafis

Masih belum puas dengan peluang usaha di bidang jasa yang paling dibutuhkan di atas? Tenang, masih ada beberapa rekomendasi lainnya yang tak boleh dilewatkan. Salah satunya ialah desain grafis.

Desainer grafis adalah salah satu profesi yang bertumbuh pesat dalam iklim digital. Menjadi desainer grafis juga semakin mudah berkat banyaknya situs-situs freelance yang dapat mempertemukan kamu dengan klien.

Selain itu, keberadaan beragam agency pun jadi kesempatan baik bagi para desainer grafis untuk meraup pundi-pundi.

Meskipun demikian, menjadi desainer grafis tentu memiliki tantangannya sendiri. Salah satunya adalah bagaimana mencari klien yang mau bekerja sama dengan kamu.

10+ Peluang Usaha di Bidang Jasa yang Buat Kamu Tajir Melintir 05 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Ide Usaha Olahan Ikan yang Menggiurkan! Cuma Butuh Modal Kecil!]

 

Untuk itu, disarankan untuk membangun portofolio terlebih dahulu di media sosial dan komunitas-komunitas seni. Cara ini telah terbukti cukup ampuh karena banyak seniman yang berhasil dilirik klien-klien besar dengan cara ini. 

Sekali lagi, adopsi terhadap teknologi informasi seperti penggunaan situs web hingga media sosial, melahirkan peluang yang juga tidak bisa terelakkan kehadirannya, yaitu jasa desain grafis.

Bagaimana tidak, seluruh komponen promosi tersebut tentu membutuhkan gambar atau grafis yang akan menemani konten-konten pada situs web hingga media-media sosial.

Jadi, desain grafis kini tidak sebatas mendesain spanduk, selebaran (flyer), booklet, atau buku. Tapi kini desain grafis sangat banyak dibutuhkan untuk situs web, media sosial, hingga aplikasi mobile sekali pun.

Dikarenakan objek visual berupa gambar sangatlah dibutuhkan, bahkan tidak hanya gambar, kini terbuka peluang usaha desain grafis yang lebih spesifik, jasa motion graphics designer yaitu jasa mendesain visualisasi berupa video, baik itu animasi, explainer video, video promosi produk dan film pendek, hingga presentasi.

 

#13 Rental Kamera, Lensa, dan Perlengkapan Videografi

Kamera-kamera untuk fotografi dan videografi dibanderol dengan harga tinggi sehingga tidak semua orang mampu untuk memilikinya.

Padahal, kebutuhan akan perlengkapan ini cukup tinggi, baik untuk keperluan bisnis atau pun acara-acara kampus.

Maka dari itu, bila kebetulan kamu tinggal di kawasan-kawasan kampus, memulai bisnis rental kamera, lensa, dan perlengkapan videografi bisa menjadi pilihan kamu.

Saat menjalani peluang bisnis di bidang jasa ini, harap diperhatikan aspek keamanannya. Artinya, kamu harus meminta bukti identitas dari sang penyewa dan pastikan kalau identitas ini asli sebelum melepas perlengkapan ke tangan penyewa. 

 

#14 Jasa Fotografi dan Videografi

Punya hobi foto? Saatnya ubah hobi ini menjadi sesuatu yang menghasilkan uang dengan menjadi seorang profesional.

Saat ini sudah cukup banyak orang dan perusahaan yang membutuhkan jasa seorang fotografer dan videografer. Baik itu untuk kebutuhan dokumentasi atau pun branding.

Maraknya pengakses dunia digital membuat konten-konten foto dan video semakin laris. Apalagi kini semakin banyak perusahaan besar yang ingin menjajaki dunia digital sehingga mereka haus akan konten.

Misalnya, seperti pembuatan web series sebagai sarana untuk meningkatkan brand awareness. Telah banyak brand besar yang menempuh jalan ini dan berhasil membuat masyarakat lebih familiar dengan brand-nya.

 

#15 Jasa Event Organizer atau Wedding Organizer

Selain membutuhkan aktivasi di dunia digital, brand besar juga membutuhkan offline activation melalui serangkaian event dalam berbagai skala.

Untuk mengeksekusinya, brand-brand ini membutuhkan jasa event organizer yang terpercaya. Inilah yang membuat bisnis event organizer dapat langgeng.

Namun, untuk dapat mendirikan usaha event organizer atau pun wedding organizer dibutuhkan beberapa persiapan yang harus kamu perhatikan. 

Pertama, pastikan kamu memiliki pengalaman yang cukup untuk memulainya karena industri ini sangat membutuhkan pengalaman untuk menghadapi masalah-masalah yang bisa muncul kapan saja.

Kedua, miliki tim yang kompeten dan solid karena bisnis ini sangat bergantung pada kerja sama tim yang baik.

Ketiga, pastikan kamu sudah memiliki koneksi atau jaringan klien yang bisa kamu bantu karena bagi EO baru akan kesulitan mendapatkan rasa percaya dari klien apabila belum memiliki rekam jejak.

Maka dari itu, bila memang kamu kurang pengalaman, pastikan tim kamu sudah didukung oleh orang yang berpengalaman dan memiliki koneksi yang luas.

Niscaya, peluang usaha di bidang jasa yang paling dibutuhkan ini bisa memberikan banyak keuntungan untuk kamu.

10+ Peluang Usaha di Bidang Jasa yang Buat Kamu Tajir Melintir 06 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Ide Usaha yang Menjanjikan, Lengkap Dengan TIPS!]

 

#16 Vendor untuk Membuat Booth, Hiasan Dekorasi, dan Perlengkapan Lainnya

Milenial kini sudah banyak yang memasuki usia siap nikah pada tahun 2021. Maka dari itu, tahun 2021 diprediksi akan semakin banyak pasangan yang menikah.

Artinya, permintaan akan vendor penyedia booth, hiasan dekorasi, catering, dan perlengkapan pesta pernikahan lainnya akan semakin banyak. 

Jika kamu ingin memulai bisnis ini, maka disarankan untuk bekerja sama dengan vendor-vendor lain supaya bisa membuat paket penjualan yang sama-sama menguntungkan.

Saat ini lebih banyak vendor dekorasi dan booth yang bekerja sama dengan vendor catering karena biasanya pasangan akan mencari vendor catering setelah ia menemukan gedung atau lokasi yang tepat untuk menyelenggarakan pesta pernikahan.

Selain itu, kamu juga bisa bergabung dengan e-commerce yang khusus untuk mempertemukan vendor dengan para pasangan yang akan menikah.

Untuk itu, disarankan kamu menyiapkan portofolio yang lengkap dengan desain yang menarik supaya orang-orang tertarik untuk mengontak kamu. 

 

#17 Jasa Fotokopi

Usaha jasa yang satu ini memiliki potensi yang cukup bagus walaupun membutuhkan modal yang cukup besar dibandingkan usaha di bidang jasa lainnya.

Di mana untuk lebih membawa keuntungan, membuka usaha fotokopi ini dapat dilakukan juga dengan membuka jasa cetak foto, pembuatan banner, foto kilat dan lain sebagainya mengingat usaha ini selalu diperlukan oleh banyak orang.

Akan tetapi seperti halnya dengan jasa menjahit, jasa fotokopi ini juga memiliki persaingan yang ketat.

Untuk mengatasinya pelaku usaha jasa fotokopi dapat membuka usaha di lokasi-lokasi yang strategis misalnya di dekat area kampus, sekolah dan lain sebagainya.

10+ Peluang Usaha di Bidang Jasa yang Buat Kamu Tajir Melintir 07 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Ide Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga Modal Kecil]

 

#18 Jasa Servis

Jasa servis ini juga tidak kalah dengan jenis jasa lainnya, di mana jasa servis ini biasanya dijalankan dengan berbagai pelayanan misalkan jasa servis untuk komputer, kendaraan atau pun alat elektronik lainnya.

Hal itu juga didukung adanya perilaku konsumen yang terus membutuhkan jasa servis ini. Sehingga kondisi ini dapat dimanfaatkan untuk menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

 

#19 Jasa Masak (sekaligus Pengantarannya)

Kamu telah mengetahui bahwa brand besar seperti KFC, Pizza Hut, dan McDonald’s menjajakan produknya tidak hanya di “warung” miliknya, namun juga mengantarkannya kepada konsumen.

Lalu apakah ini menjadi peluang usaha yang potensial? Tentu saja jawabnya, iya! Khususnya di kota besar.

Menyajikan menu masakan harian, di mana fast food bukanlah selalu menjadi solusi dan kegemaran masyarakat kita, menjadi sebuah peluang usaha tersendiri.

Selain harga fast food yang tidak selalu ramah di kantong rata-rata keluarga Indonesia, serta mengkonsumsinya pun belum menjadi kebiasaan harian masyarakat Indonesia, maka peluang usaha menyajikan masakan dengan menu sehari-hari yang friendly bagi lidah orang Indonesia seperti sop, sayur tumis kangkung, dan ikan goreng ini menjadi primadona tersendiri.

Lalu bagaimana menjalankannya? Apakah membutuhkan modal besar seperti membuat bangunan rumah makan dan restoran sebagaimana layaknya “rumah makan Padang”?

Tentu tidak, seperti yang telah disinggung sebelumnya mengenai brand-brand besar yang siap men-deliver produk makanannya secara langsung ke rumah para konsumennya, maka hal ini pulalah yang perlu dilakukan oleh penyedia jasa masak.

Penyedia masakan dengan menu harian yang ramah dengan selera orang Indonesia sekaligus ramah harga, serta pengantaran langsung ke rumah pembeli inilah yang mulai banyak dijumpai khususnya di kota-kota besar.

Jasa ini menjadi sebuah solusi bagi rumah tangga yang pasangan suami istrinya sibuk bekerja atau sang suami bekerja sedangkan sang istri telah berbisnis online di rumah.

Peluang usaha bidang jasa di atas merupakan contoh usaha yang cukup menjanjikan atau berpotensi tinggi untuk dijalankan dalam beberapa tahun atau bahkan beberapa puluh tahun yang akan datang.

Selain itu, agar usaha jasa ini dapat bertahan maka perlu adanya strategi promosi dalam menjalankan usaha dapat dilakukan secara lebih maksimal.

 

Itulah beberapa peluang usaha di bidang jasa yang bisa kamu lakukan untuk menambah income kamu. Semoga artikel ini menjadi referensi ide usaha yang akan kamu jalankan.

Jangan lupa untuk membagikan ini pada Sobat Finansialku lain yang membutuhkan ide peluang usaha di bidang jasa. Terima kasih.

 

 

Sumber Referensi:

  • Jordhi Farhansyah. 7 Januari 2020. 15 Peluang Usaha di Bidang Jasa yang Paling Dibutuhkan 2020 Ini.mokapos.com – http://bit.ly/351Aumd
  • Tim Zahir. 7 Juni 2017. 9 Peluang Usaha di Bidang Jasa. Zahiraccounting.com – http://bit.ly/34X3Y4T

 

Sumber Gambar:

  • Usaha 1 – http://bit.ly/3qKL7CH
  • Usaha 2 – http://bit.ly/3nX3q5E
  • Usaha 3 – http://bit.ly/38X3wpO
  • Usaha 4 – http://bit.ly/3qubWe7
  • Usaha 5 – http://bit.ly/3qw9HH9
  • Usaha 6 – http://bit.ly/35QSjos
  • Usaha 7 – http://bit.ly/3sD2EhK