Teknologi telah merambah ke berbagai sendi kehidupan, bahkan pinjaman uang pun kini tersedia secara online.

Ketahui serba-serbi pinjaman uang online lewat artikel berikut ini. Kira-kira apa saja kelebihan dan kekurangannya, dan apa yang harus diperhatikan sebelum meminjam uang secara online.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Pinjaman Uang Online di Era Fintech

Dunia keuangan saat ini sedang berkembang ke arah fintech. Fintech adalah gabungan dari dua kata yaitu financial dan technology, yang berarti proses finansial semakin dipermudah dengan adanya dukungan kecanggihan teknologi.

Lembaga-lembaga keuangan saling berlomba untuk berinovasi memberikan service terbaik dan ternyaman untuk nasabah dengan kecanggihan teknologi, sehingga seluruh transaksi dapat diakses secara aman kapanpun dan di manapun melalui gadget nasabah.

Seiring perkembangan fintech ini, banyak inovasi produk dan jasa yang ditawarkan oleh lembaga keuangan kepada masyarakat. Salah satunya berbentuk pinjaman uang secara online.

Bank-Fintech-P2P-Lending-Inklusi-Keuangan-2

[Baca Juga: Definisi Fintech Adalah]

 

Pinjaman uang online adalah layanan fasilitas kredit atau pinjaman uang yang prosesnya dapat dilakukan secara online. Prosesnya dinilai lebih mudah dan cepat dibandingkan pengajuan fasilitas kredit tanpa agunan (KTA) atau personal loans lainnya yang ditawarkan lembaga keuangan seperti bank.

Pinjaman uang yang ditawarkan secara online memang tidak bernominal besar, tapi dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan Anda yang bersifat mendadak dan mendesak.

Pinjaman uang online ini bisa didapatkan di situs-situs pinjaman uang online independen. Pencairan uangnya cepat, namun ada beberapa persyaratan yang harus dilengkapi, di antaranya adalah KTP serta slip gaji.

Namun, di samping kemudahan yang ditawarkan, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal mengenai pinjaman uang online ini.

Diperlukan kecermatan dan kehati-hatian ketika memilih situs atau perusahaan yang menyediakan layanan pinjaman uang online, pastikan Anda memilih situs atau perusahaan yang terpercaya.

Selain itu, Anda juga perlu mengetahui bahwa biasanya suku bunga yang ditawarkan untuk pinjaman uang online lebih tinggi dibandingkan kredit di bank, disertai dengan tenor yang lebih singkat.

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

 

Situs/Perusahaan Penyedia Layanan Pinjaman Uang Online

Saat ini sudah semakin banyak situs atau perusahaan start up yang menyediakan layanan pinjaman uang online. Mari kita simak beberapa contoh situs atau perusahaan fintech yang menyediakan layanan pinjaman uang secara online.

 

#1 UangTeman

Bisnis kelolaan PT. Digital Alpha Indonesia yang diawasi oleh OJK ini merupakan situs penyedia layanan pinjaman uang online dengan tenor pendek, yaitu antara 10 sampai dengan 30 hari.

UangTeman menyediakan pinjaman baik untuk keperluan konsumtif ataupun bisnis dengan maksimal pinjaman Rp6.000.000.

Pinjaman di UangTeman tidak membutuhkan jaminan dan tidak mempersyaratkan kartu kredit, dengan proses pengajuan kredit sampai pencairan selama 3 hari kerja.

Panduan Lengkap Serba Serbi P2P Lending untuk Pemula 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kode Etik Industri Fintech P2P Lending Akan Segera Terbit]

 

#2 Tunaiku

Situs Tunaiku yang dikelola oleh PT Bank Amar Indonesia dan diawasi oleh OJK ini menyediakan layanan pinjaman uang online tanpa agunan dengan nominal maksimal Rp20.000.000 dan tenor maksimal 20 bulan untuk tujuan konsumtif dan produktif.

 

#3 Tokopedia

Siapa yang tak kenal Tokopedia? Selain fasilitas jual beli online, ternyata Tokopedia menyediakan fasilitas pinjaman uang online dengan tenor maksimal 96 bulan dan nominal maksimal 200 juta rupiah, untuk pinjaman berupa kredit dengan agunan maupun kredit tanpa agunan.

Tokopedia pun bermitra dengan sejumlah bank dan lembaga keuangan di Indonesia untuk penyediaan fasilitas pinjaman maupun asuransi.

 

Frequently Asked Question (FAQ) terkait Pinjaman Uang Online

Apa itu pinjaman uang online?

Fasilitas pinjaman uang tunai (kredit) yang proses pengajuan dan pencairannya dilakukan secara online oleh perusahaan atau situs tertentu, tanpa harus pergi ke bank atau lembaga keuangan, dan harus dilunasi dalam jangka waktu tertentu beserta dengan bunga dan biaya layanan.

 

Permohonan pinjaman apa sajakah yang dapat diajukan?

Secara umum, pinjaman yang dapat diajukan adalah kredit konsumtif dan kredit produktif dengan jangka waktu yang pendek.

 

Syarat apa saja yang harus dipenuhi?

Ada beberapa hal yang biasanya dipersyaratkan ketika akan mengajukan pinjaman uang online, di antaranya adalah:

  • Usia minimal 21 tahun, dan memiliki KTP
  • Warga Negara Indonesia
  • Memiliki rekening bank
  • Mengisi data pribadi yang akurat
  • Menyertakan dokumen pendukung, di antaranya adalah slip gaji atau Surat Keterangan Usaha
  • Beberapa situs/aplikasi juga akan meminta Anda untuk meng-upload foto selfie.

 

Bagaimana cara pengajuan pinjaman uang online?

Karena pengajuan dilakukan secara online, Anda dapat mengajukan melalui situs ataupun aplikasi dengan mengikuti prosedur dan langkah-langkah yang tertera di situs ataupun aplikasi.

Langkah-langkah umumnya adalah sebagai berikut:

  1. Kunjungi situs atau install aplikasi pinjaman uang online yang Anda inginkan.
  2. Isi form online kemudain input jumlah dan tenor pinjaman yang Anda inginkan.
  3. Pilih proses pembayaran/pelunasan pinjaman Anda.
  4. Selesaikan proses pengajuan dan tunggu notifikasi mengenai proses verifikasi Anda paling lambat 3×24 jam sejak Anda mengajukan pinjaman uang online.
  5. Setelah Anda diverifikasi, Anda akan diminta untuk menandatangani kontrak selanjutnya dana akan ditransfer ke rekening Anda.

 

Berapa lama tenor pinjaman dan bunga yang harus dibayar pada pinjaman uang online?

Tenor pinjaman uang online bervariasi namun cenderung pendek dari bank, umumnya dimulai dari pinjaman uang harian sampai dengan tahunan disertai dengan bunga pinjaman yang terbilang cukup besar.

Kredit tanpa jaminan biasanya akan mensyaratkan bunga pinjaman yang lebih besar walaupun tenornya pendek dibandingkan kredit dengan jaminan/agunan.

 

Bagaimana jika melakukan pengembalian pinjaman lebih cepat?

Berdasarkan beberapa contoh situs di penjelasan sebelumnya, Anda dapat melakukan pengembalian pinjaman lebih cepat tanpa dikenakan biaya penalti.

 

Bagaimana jika saya melakukan pembayaran melewati tanggal jatuh tempo?

Anda akan dikenakan denda sesuai dengan kebijakan perusahaan pemberi pinjaman yang biasanya akan langsung bertambah ke jumlah tagihan Anda.

Pinjaman-Uang-Online-2-Finansialku

[Baca Juga: P2P Lending vs KTA, Mana yang Lebih Mudah dan Menguntungkan Buat Peminjam?]

 

Saya sudah melunasi pinjaman terakhir dan ingin mengajukan pinjaman kembali, bagaimana langkah berikutnya?

Anda perlu menunggu beberapa hari setelah melakukan pelunasan pinjaman sesuai dengan kebijakan perusahaan pemberi pinjaman untuk dapat mengajukan pinjaman selanjutnya.

 

Apa keuntungan pinjaman uang online?

  • Proses pengajuan dan pencairan pinjaman cepat. Ini adalah solusi yang tepat jika Anda memerlukan uang tunai dalam waktu yang mendesak.
  • Proses pengajuan dilakukan secara online, jadi Anda tidak perlu repot mendatangi merchant atau kantor cabang untuk mengajukan pinjaman uang.
  • Persyaratan yang diminta relatif sederhana dan tidak sulit.

 

Apa kerugian pinjaman uang online?

  • Fasilitas pinjaman uang dalam tenor pendek, artinya Anda harus segera menyediakan uang untuk pengembalian pinjaman Anda sebelum tanggal jatuh tempo apabila Anda tidak dapat mengajukan pembayaran dengan cicilan (installment). Apabila Anda membayar terlambat, Anda akan dikenakan denda yang cukup besar.
  • Bunga pinjaman cenderung lebih tinggi dibandingkan pinjaman uang di bank.
  • Jumlah dana yang dapat dipinjam lebih kecil dibandingkan pinjaman uang di bank.

 

Bijak dalam Mengajukan Pinjaman Uang

Mengajukan pinjaman uang secara online memang lebih mudah dibandingkan di bank, namun Anda perlu mempertimbangkan kembali mengenai pinjaman uang online ini dari sisi kebutuhan, prioritas, dan kemampuan Anda untuk membayar kembali pinjaman uang tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat!

 

Ingin mengajukan pinjaman uang melalui online? Bila Anda masih bingung, silakan ajukan pertanyaan di kolom komentar di bawah. Semakin banyak informasi yang diperoleh, Anda akan mampu memutuskan lebih baik. Bagikan konten ini agar banyak yang mendapatkan manfaatnya.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Pinjaman Uang Online Langsung Cair: untuk Kebutuhan Dana Tunai Mendesak. Diskonaja.kompasiana.com – https://goo.gl/ic9SAa
  • Admin. FAQ. Uangteman.com – https://goo.gl/gUEDFL
  • Admin. FAQ Seputar Tunaiku. M.tunaiku.com – https://goo.gl/WBcZY6
  • Admin. Pinjaman Uang Online Tanpa Jaminan. Tokopedia.com – https://goo.gl/KS3k6S

 

Sumber Gambar:

  • Pinjam uang online – https://goo.gl/g769KP
  • Pinjam uang online 2 – https://goo.gl/gGbXaV
Summary
Tanya Jawab Lengkap Seputar Pinjaman Uang Online! Hanya untuk Anda!
Article Name
Tanya Jawab Lengkap Seputar Pinjaman Uang Online! Hanya untuk Anda!
Description
Teknologi telah merambah ke berbagai sendi kehidupan, bahkan pinjaman uang pun kini tersedia secara online.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo