20 Topik Perencanaan Keuangan yang Harus Diketahui oleh Setiap Senior HR saat Menyusun Compensation Benefit

Apa saja topik perencanaan keuangan saat menyusun Compensation Benefit? Karyawan merupakan salah satu aset yang sangat berharga, karena karyawan merupakan sumber daya manusia yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk memajukan dan mengembangkan perusahaan tersebut. Oleh karena itu, sebuah perusahaan sangat perlu memperhatikan karyawannya dengan memberikan compensation benefit (Comben) yang terbaik bagi karyawannya. Apa saja yang harus diketahui oleh HR saat merencanakan Comben? Mari kita simak rubrik berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Compensation Benefit

Comben adalah singkatan dari compensation benefit. Comben sebenarnya adalah dua hal yang berbeda tetapi merupakan satu kesatuan yang selalu didapat oleh karyawan yang bekerja pada suatu perusahaan. Penentuan Comben biasanya tergantung dari kebijakan perusahaan. Comben bisa berupa upah/gaji, kemudian juga insentif, tunjangan atau beberapa fasilitas lain.

20 Topik Perencanaan Keuangan yang Harus Diketahui oleh Setiap Senior HR saat Menyusun Compensation Benefit 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mengapa Program Kesejahteraan Karyawan Sangat Menguntungkan bagi Perusahaan?]

 

Ada 3 jenis Comben yang biasanya diberikan oleh perusahaan kepada karyawan, antara lain:

  1. Comben yang diberikan secara langsung, yaitu segala keuntungan yang diberikan kepada karyawan secara langsung dalam bentuk uang. Contohnya adalah gaji pokok, upah, bonus atau insentif, dan komisi.
  2. Comben yang diberikan secara tidak langsung, yaitu segala keuntungan tambahan seperti program atau fasilitas untuk menunjang kinerja karyawan. Contohnya seperti program asuransi jiwa, KPR, fasilitas kendaraan, rumah dinas, dan lain-lain.
  3. Comben yang tidak berhubungan dengan keuangan, contohnya program pengembangan diri, pengembangan karier, lingkungan kerja yang kondusif, pekerjaan yang memiliki tantangan, tanggung jawab yang lebih besar, dan yang lainnya. Tentu saja Comben yang berhubungan dengan keuangan akan disesuaikan dengan Comben jenis ketiga ini.

 

Sekarang ini, banyak sekali perusahaan yang menggunakan sistem Comben yang lebih baik dan lebih membantu karyawannya agar karyawan dapat memiliki keuangan yang sehat dan semangat kerja yang lebih baik.

Pada saat HR menyusun Comben untuk karyawan, mereka dilibatkan untuk ikut dalam mengatur keuangan karyawannya sehingga karyawan-karyawan yang sama sekali belum mengerti bagaimana cara mengatur keuangan mereka dengan baik, dapat tetap memiliki keuangan yang sehat dan semangat kerja yang tinggi. Karena bagaimanapun, kesehatan keuangan karyawan akan berpengaruh kepada kinerja karyawan.

HR Top 6 Permasalahan Keuangan Karyawan yang Perlu Diselesaikan dengan Program Kesejahteraan Karyawan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Top 6 Permasalahan Keuangan Karyawan yang Perlu Diselesaikan dengan Program Kesejahteraan Karyawan]

 

Jika karyawannya memiliki keuangan yang sehat, maka mereka dapat bekerja tanpa harus memikirkan masalah keuangan mereka. Begitu pula sebaliknya, ketika mereka tidak memiliki keuangan yang sehat, maka karyawan tersebut tidak akan konsentrasi terhadap pekerjaannya. Oleh karena itu, sistem Comben yang baru melibatkan HR untuk membantu keuangan karyawan-karyawannya.

Ada 20 pertanyaan perencanaan keuangan yang harus diketahui setiap HR, agar dapat membantu keuangan karyawannya secara maksimal.

 

20 Pertanyaan Topik Perencanaan Keuangan yang Harus Diketahui Setiap Senior HR

Apa saja pertanyaan topik perencanaan keuangan yang harus diketahui setiap senior HR? Berikut ini penjelasan selanjutnya.

 

#1 Bagaimana Fondasi Keuangan Yang Baik?

Untuk membantu karyawan agar memiliki keuangan yang sehat, tentu saja seorang HR harus mengetahui bagaimana agar memiliki fondasi keuangan yang baik. Fondasi keuangan terdiri dari cara mengatur cashflow dan adanya dana darurat. Dengan fondasi keuangan yang baik, maka meskipun masalah keuangan datang, karyawan akan dapat mengatasinya dengan baik.

 

#2 Bagaimana Cara Membuat Anggaran Yang Baik?

Anggaran adalah salah satu hal penting yang untuk dapat memiliki keuangan yang sehat. Anggaran untuk kebutuhan dasar, menabung, membayar utang kartu kredit, berinvestasi, bersedekah, dan lain sebagainya adalah hal yang harus disusun terlebih dahulu sebelum kita menggunakan penghasilan kita. Anggaran digunakan sebagai patokan agar uang yang kita keluarkan tidak melebihi uang yang kita dapatkan.

Para HRD 5 Cara Praktis Mengurangi Pinjaman Karyawan dan Membantu Meningkatkan Kesejahteraan Karyawan 1 - Finansialku

[Baca Juga: 3 Cara Praktis Mengurangi Pinjaman Karyawan dan Membantu Meningkatkan Kesejahteraan Karyawan]

 

#3 Bagaimana Agar Karyawan Dapat Bebas Dari Utang?

Ini adalah salah satu hal yang harus diketahui untuk membantu karyawan-karyawan yang terbiasa berutang atau menggunakan kartu kredit. Ketika seseorang sudah sampai pada tahap terlilit utang, maka pikirannya akan sangat terganggu dan terbeban dengan utang tersebut, sehingga biasanya menyebabkan orang tersebut akan sulit untuk berkonsentrasi terhadap pekerjaannya.

 

#4 Bagaimana Mengelola Penghasilan Yang Terbatas?

Setiap karyawan diberikan upah atau gaji atau komisi dengan jumlah tertentu. Dengan penghasilan yang terbatas dan keinginan yang tidak terbatas, pengelolaan keuangan yang baik sangatlah dibutuhkan.

 

#5 Berapa Besar Karyawan Seharusnya Menabung Setiap Bulannya?

Ini yang sangat sering menjadi pertanyaan setiap karyawan. Apakah karyawan harus menabung sebesar 10%, 20% atau 30% dari penghasilan mereka? Tidak ada ketentuan pasti, karena perencanaan keuangan setiap orang berbeda-beda. Satu hal yang pasti, setiap orang harus memprioritaskan untuk menabung dengan mengalokasikan sebagian penghasilan mereka di awal sebelum digunakan.

 

#6 Berapa Besar Dana Pensiun Yang Dibutuhkan Karyawan?

Setiap karyawan pasti menginginkan kepastian keuangan pada saat memasuki masa pensiun. Oleh karena itu berapa besar dana pensiun yang mereka butuhkan adalah salah satu hal yang harus mereka ketahui untuk mempersiapkan masa pensiun mereka.

HR Bagaimana Cara Memotivasi Karyawan Perusahaan Penting!! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Memotivasi Karyawan Perusahaan? Penting!!]

 

#7 Bagaimana Cara Mempersiapkan Masa Pensiun?

Setelah mengetahui besar dana pensiun yang dibutuhkan, cara untuk mempersiapkan dana tersebut juga penting. Untuk mempersiapkan masa pensiun, bukan hanya dari segi keuangan saja yang harus dipersiapkan, tetapi dari segi moral dan mental serta kegiatan selama masa pensiun dan cara mengelola keuangan pada saat pensiun adalah pengetahuan yang sangat dibutuhkan.

 

#8 Bagaimana Cara Merencanakan Asuransi Yang Terbaik?

Asuransi adalah salah satu fondasi yang juga penting untuk mengurangi dampak dari risiko kerugian finansial. Dengan keuangan yang terbatas, tentu menjadi penting agar karyawan dapat merencanakan program asuransi yang terbaik.

 

#9 Berapa Besar Dana Darurat Yang Harus Dimiliki Karyawan?

Dana darurat yang harus dimiliki setiap orang jumlahnya berbeda-beda tergantung dari penghasilan dan status single atau bekeluarganya seorang karyawan. Dana darurat ini harus dimiliki karena merupakan salah satu fondasi keuangan.

 

#10 Bagaimana Cara Menabung Dana Darurat?

Sebagai fondasi keuangan, dana darurat menjadi prioritas utama setiap karyawan. Oleh karena itu, cara menabung dana darurat juga harus diketahui dan diutamakan.

HR Maksimalkan Keuntungan dengan Pelatihan Perencanaan Keuangan untuk Karyawan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Maksimalkan Keuntungan dengan Pelatihan Perencanaan Keuangan untuk Karyawan]

 

#11 Bagaimana Cara Merencanakan Dana Pendidikan?

Untuk karyawan yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi dan untuk karyawan yang sudah bekeluarga, merencanakan dana pendidikan merupakan salah satu hal yang sangat penting.

 

#12 Bagaimana Karyawan Tetap Tampil Menarik Dengan Anggaran Yang Terbatas?

Setiap perusahaan pasti menginginkan karyawan mereka tetap tampil dengan baik dan sopan pada saat bekerja. Dengan segala kebutuhan keuangan dan dengan anggaran yang terbatas, merencanakan keuangan untuk kebutuhan grooming (penampilan) merupakan salah satu yang cukup penting untuk diketahui.

 

#13 Bagaimana Cara Melakukan Perencanaan Pajak?

Membayar pajak adalah kewajiban setiap warga negara yang baik. Memang biasanya pemotongan pajak sudah dilakukan oleh HR dan memang ini adalah salah satu hal yang wajib diketahui oleh HR agar dapat membantu karyawannya dalam merencanakan pajak.

HR Ini Kendala dalam Mengadakan Program Kesejahteraan Karyawan, Anda harus Tahu Cara Mengatasinya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Kendala dalam Mengadakan Program Kesejahteraan Karyawan, Anda harus Tahu Cara Mengatasinya]

 

#14 Bagaimana Cara Mengggunakan Comben Secara Optimal?

Semua Comben yang diperoleh karyawan, harus diketahui dengan baik oleh karyawan agar karyawan dapat merencanakan keuangannya dan menggunakan Comben secara optimal. HR dapat membantu karyawan dengan mengingatkan Comben yang diperoleh, karena terkadang karena karyawan fokus pada pekerjaannya, mereka tidak ingat apa saja fasilitas yang diperolehnya dari perusahaan, misalnya dalam hal program asuransi.

 

#15 Bagaimana Cara Berinvestasi Yang Baik?

Salah satu cara untuk mencapai tujuan keuangan adalah dengan berinvestasi. Tetapi investasi memiliki risiko, sehingga harus ada informasi dan pengetahuan yang baik tentang cara berinvestasi agar meminimalisir risiko yang ada. Cara berinvestasi yang baik akan membantu HR untuk merencanakan keuangan agar karyawan dapat mencapai tujuan keuangan mereka masing-masing.

 

#16 Bagaimana Cara Menciptakan Aset?

Menciptakan aset adalah keinginan setiap orang. Dapat membantu karyawan untuk menciptakan aset akan meningkatkan semangat kerja karyawan, dan juga membuat karyawan lebih setia kepada perusahaan karena mereka tahu bahwa perusahaan memikirkan keuangan mereka.

HR 9 Kebiasaan Mengatur Keuangan yang Harus Ditanamkan Pada Karyawan Perusahaan 02 - Finansialku

[Baca Juga: 9 Kebiasaan Mengatur Keuangan yang Harus Ditanamkan Pada Karyawan Perusahaan]

 

#17 Bagaimana Cara Memperoleh Penghasilan Pasif?

Dengan memperoleh penghasilan pasif, para karyawan memiliki sumber penghasilan diluar dari penghasilan aktif mereka yang akan membantu mereka dalam mencukupi kebutuhan hidup mereka. Mereka juga dapat memiliki penghasilan pasif yang berasal dari beberapa sumber, antara lain dari aset, hasil investasi, dan lain sebagainya.

 

#18 Bagaimana Agar Karyawan Dapat Memiliki Keuangan Yang Sehat?

Keuangan yang sehat adalah impian semua orang. Membantu agar karyawan dapat memiliki keuangan yang sehat akan membuat karyawan menjadi lebih tenang dan damai ketika mereka bekerja di perusahaan. Karyawan yakin bahwa perusahaan memikirkan kehidupan mereka.

 

#19 Apa itu Utang Produktif?

Berutang sangat tidak disarankan, tetapi ada utang yang memang mau tidak mau harus kita gunakan untuk hal-hal yang produktif. Utang produktif adalah salah satu utang yang dapat membantu karyawan untuk menambah aset mereka dan membuat keuangan mereka menjadi lebih baik. Tetapi pengetahuan tentang utang ini harus dimiliki sebelum mereka berutang, sehingga utang mereka tidak menjadi utang yang konsumtif.

Para HR, Ketahui 7 Keuntungan Meningkatkan Literasi Keuangan Karyawan Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ketahui 7 Keuntungan Meningkatkan Literasi Keuangan Karyawan Anda]

 

#20 Bagaimana Agar Karyawan Dapat Membuat Perencanaan Keuangan Pribadi?

Hal yang paling penting ketika HR membantu karyawan untuk memiliki keuangan yang sehat adalah pada suatu titik, karyawan sendiri dapat membuat perencanaan keuangan mereka sendiri secara pribadi. Sehingga suatu saat mereka dapat mandiri dalam mengelola keuangan mereka sendiri dan dapat dengan baik bekerja untuk perusahaan.

 

Apakah artikel ini membantu Anda untuk mencari tahu tentang apa yang perlu bagi seorang HR? Apakah Anda pernah diberikan pertanyaan tentang bagaimana mempersiapkan Comben dengan baik oleh teman Anda yang lain? Mari bagikan hal ini kepada teman-teman HR Anda, agar mereka juga mengerti apa yang harus mereka ketahui sebagai seorang HR.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 2016. Menyusun Sistem Comben atau Compensation And Benefit yang Andal. Pakarkinerja.com – https://goo.gl/TaMigx
  • Admin. 2016. Compensation & Benefits. Hrcouncil.ca – https://goo.gl/EKAugY
  • Alden Wicker. 24 Oktober 2013. 40 Financial Things You Should Know By 40. Learnvest.com – https://goo.gl/PfYQVC

 

Sumber Gambar:

  • People Working – https://goo.gl/QcLLqf
  • Meeting – https://goo.gl/aGXdLh

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

By | 2017-07-27T10:01:19+00:00 July 26th, 2017|Categories: HR|Tags: , , , , , , , |0 Comments

About the Author:

Ricky Susanto Joeng CFP®
Ricky Susanto Joeng S.Si. S.Kom. CFP® adalah seorang perencana keuangan independen bersertifikasi (FPSB ID: 1300 0406). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Matematika dan Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara. Memiliki pengalaman di bidang personal finance dan manajemen risiko, personal cashflow, asuransi unitlink dan investasi.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download