McDonalds tentunya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia, lalu bagaimana dengan peluang waralabanya?

Jika Anda adalah seorang pebisnis yang juga menggilai dunia kuliner, mari simak peluang waralaba McDonalds selengkapnya pada artikel berikut:

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn Franchise

 

Sejarah McDonalds

Meski kini sudah dikenal hampir di seluruh penjuru dunia, McDonalds ternyata berawal dari kesederhanaan layaknya bisnis lain. Bisnis ini dimulai dari kisah seorang Ray Kroc.

Alkisah pada tahun 1954, Kroc mengunjungi sebuah restoran sukses di San Bernardino, California. Restoran tersebut dikelola oleh kakak beradi Dick dan Mac McDonald.

Kroc terkesima dengan sistem operasi restoran tersebut, terutama karena efektivitasnya. Dengan menu terbatas (burgers, fries, dan minuman), mereka memfokuskan pada kualitas dan penyajian yang cepat.

Saat Dick dan Mac McDonald membuka peluang kemitraan, Kroc melihat sebuah peluang bisnis.

Dari sinilah akhirnya Kroc menemukan McDonald’s System, Inc., dan membeli hak eksklusif dari nama McDonalds 6 tahun kemudian.

Ray Kroc kemudian memikirkan bagaimana cara membuat sebuah sistem yang menyediakan makanan berkualitas tinggi secara konsisten.

Dirinya ingin menyediakan burger, fries, dan minuman dengan rasa yang sama persis di setiap lokasi.

Kroc menemukan filosofi unik dalam pencapaian tujuan tersebut, yakni mengejar para franchisee dan supplier untuk mewujudkan visinya, sehingga dapat membangun waralaba McDonalds bersama-sama.

Slogan yang dipegang teguh oleh Kroc adalah:

 “In business for yourself, but not by yourself.”

 

Filosofi ini pun didasarkan pada prinsip sederhana dari 3 kaki kursi, di mana:

  • Kaki pertama adalah pembeli waralaba (franchisee),
  • Kaki kedua adalah penyedia (supplier), dan
  • Kaki ketiga adalah karyawan (employee).

 

Menurutnya, sebuah kursi hanya dapat berdiri kokoh saat ketiga kaki ini membentuk sebuah pondasi yang kuat.

Pada akhirnya, Ray Kroc berhasil menciptakan sebuah sistem yang paling terintegrasi, efisien, dan inovatif dalam industri makanan.

Meski Kroc meninggal 14 Januari 1984, sistem ciptaannya akan selalu menjadi warisan yang terus berkembang.

Bahkan kenyataannya, hubungan kerja sama yang terbentuk dalam beberapa dekade ini terus berkembang, sehingga McDonalds sudah dapat dinikmati di seluruh penjuru dunia, yang 90%-nya adalah milik franchisee.

Waralaba-McDonalds-02-Finansialku

[Baca Juga: 7 Website Penyedia Informasi Bisnis Franchise atau Bisnis Waralaba]

 

Mengingat bisnis ini adalah sebuah bisnis yang sudah bertahan lama dan tidak pernah lesu meski banyak pesaing, maka tidak salah jika banyak pebisnis yang melirik peluang bisnisnya.

Melalui artikel berikut, Finansialku akan menjabarkan peluang bisnis dan waralaba McDonalds lebih lanjut.

Sebelum memulai bisnis Anda, Anda harus mengetahui pentingnya mengelola keuangan bisnis dan pribadi yang Anda miliki.

Jangan sampai keduanya menghambat bisnis yang sedang Anda jalankan. Anda bisa mendapatkan panduannya melalui ebook Finansialku di bawah ini:

 

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Peluang Waralaba McDonalds

Sebagai seorang pebisnis, selalu banyak cara untuk membuka sebuah usaha. Tetapi bagaimana dengan nasib pebisnis pemula yang masih kebingungan bagaimana memulai usahanya?

Jangan khawatir, kini hadir sebuah solusi bisnis yang praktis dan sederhana, yaitu WARALABA.

Nah, pada kesempatan kali ini Finansialku mengajak Anda untuk mengenal peluang waralaba McDonalds, sebuah perusahaan waralaba terbesar di dunia.

Waralaba-McDonalds-03-Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Mendorong Pemasaran Online Pada Bisnis Waralaba (Franchise) Anda?]

 

Pertanyaannya adalah: Mengapa McDonalds?

McDonalds telah menjadi sebuah perusahaan waralaba yang memiliki sistem terpercaya yang selalu berkomitmen untuk bisa menyampaikan produk dengan kualitas yang sama bagi konsumennya di manapun mereka berada.

Hal ini bisa tercapai dengan sistem yang telah diciptakan oleh Ray Kroc, mencakup 2 hal berikut:

 

#1 Pelatihan Kelas Dunia

Hal ini dapat diperoleh dengan pelatihan kelas dunia yang akan Anda peroleh saat mendaftar sebagai franchisee (Owner/Operator).

McDonalds akan menyediakan hands-on training dan material yang Anda butuhkan untuk dapat meraih sukses di dunia kuliner ini.

Program pelatihan mencakup:

  • Pelatihan langsung di restoran selama 12-18 bulan,
  • Self-directed, part-time training selama 20 jam per minggunya,
  • Seminar, konferensi dan sesi pelatihan one-on-one,
  • Kesuksesan berdasarkan pada kompetensi, dan
  • Operator training classes oleh local training professionals.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Field Operations dan Franchising Staff akan bekerja langsung dengan Anda pada saat memasuki pelatihan.

Merekalah yang akan membimbing Anda untuk maksimalisasi kualitas, jasa, dan kebersihan untuk mengoptimalisasi penjualan dan keuntungan.

McDonalds juga memiliki sistem pelatihan ekstensif berupa pelatihan di Hamburger University, yang menyediakan kursus manajemen dalam 28 bahasa berbeda.

 

#2 Sistem Pendukung

McDonalds juga menyediakan support system berupa dukungan pemasaran, dengan pemasaran kelas dunia yang sudah diaplikasikan di seluruh dunia.

Untuk mempertahankan sistem tersebut, Anda diminta untuk mengalokasikan paling sedikit 4% dari gross sales per tahunnya untuk pemasaran dan promosi.

Tambahan lainnya adalah, Owner/Operators yang dikenal sebagai Operator’s National Advertising (OPNAD) Fund, perusahaan yang bekerja sama dengan Owner/Operators untuk membeli iklan televisi nasional.

 

Keuntungan Waralaba McDonalds

Menjadi Owner/Operator McDonalds menawarkan banyak keuntungan bagi Anda, beberapa yang utama di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Memiliki bisnis sendiri dan menerima penghargaan atas tanggung jawab akan kesuksesan Anda sendiri. Anda juga memiliki kesempatan untuk menjalankan salah satu sistem terbaik di seluruh dunia
  • Seluruh kebutuhan untuk mendukung Anda dalam berbisnis telah disediakan: dukungan lokal dan nasional, training, pemasaran, iklan, sumber daya manusia, real estate, konstruksi, purchasing, dan equipment purchasing and maintenance.
  • Selalu responsif akan kebutuhan Anda dan dukungan untuk lingkungan bisnis yang kolaboratif, dengan divisi regional yang selalu terhubung dengan pusatnya di Chicago, Illinois.
  • Peluang untuk berkontribusi dalam kesuksesan McDonalds, sebagai contohnya Big Mac®, Filet-O-Fish®, dan Egg McMuffin® Sandwiches yang dikembangkan sendiri oleh Owner/Operators.
  • Pengembangan dan kepuasan pribadi atas bisnis, baik sebagai Owner/Operator dan sebagai anggota dari organisasi kelas dunia McDonalds.
  • Pengembangan pribadi dan pengetahuan bisnis dari pelatihan ekstensif McDonalds serta dari pengalaman Anda sebagai Owner/Operator.

Waralaba-McDonalds-04-Finansialku

[Baca Juga: Kalau Mau Sukses, Lakukan 5 Cara Jitu Ini! Sebelum Mulai Bisnis Waralaba]

 

Anda juga akan memperoleh kesempatan untuk bertukar pikiran dan ide baik dalam perusahaan maupun antar sesama Owner/Operator dengan adanya forum nasional yang disediakan oleh:

  • McDonald’s National Leadership Council,
  • National Black McDonald’s Operator Association,
  • McDonald’s Hispanic Operator Association,
  • Women’s Operator Network,
  • McDonald’s Owner Operator Pride Network, dan
  • Asian McDonald’s Operator Association.

 

Interaksi berharga ini juga disediakan oleh Divisional and Regional Leadership Councils, local advertising co-ops, dan regional business meetings dalam tingkat lokalnya.

Kesimpulannya, sebagai Owner/Operator McDonalds, Anda akan menjalani pengalaman dan hubungan luar biasa dengan perusahaan, yang tentunya akan sejalan dalam mempertahankan dan mengembangkan industri makanan siap saji.

 

Q&A Seputar Waralaba McDonalds

Tentunya sebelum memutuskan untuk terjun dalam bisnis waralaba McDonalds, Anda perlu membuang semua pertanyaan dan rasa penasaran di dalam kepala Anda.

Nah, untuk itu, mari melihat beberapa Q&A (questions & answers) yang paling umum ditanyakan dalam waralaba McDonalds ini:

Waralaba-McDonalds-07-Finansialku

[Baca Juga: Ikuti Cara Cerdas Ini Dalam Mengembangkan Bisnis Waralaba]

 

Q: Berapa biaya waralaba McDonalds?

A: Total investasi yang dibutuhkan untuk memulai waralaba tradisional McDonalds berkisar antara US$1.008.000 atau setara dengan Rp14,5 miliar hingga US$2.214.080 atau setara dengan Rp31,8 miliar. Ini sudah termasuk initial franchise fee sebesar US$45.000 atau setara dengan Rp648 juta.

 

Q: Berapa modal yang harus saya miliki?

A: Pada umumnya, McDonalds mewajibkan Anda untuk memiliki US$500.000 atau setara dengan Rp7,2 miliar berupa bukan pinjaman untuk mempertimbangkan Anda sebagai mitra. Jika Anda memiliki modal lebih besar, Anda akan memperoleh peluang yang lebih bervariasi, misalnya additional or multi-restaurant opportunities.

 

Q: Bagaimana pembiayaannya?

A: McDonalds tidak menyediakan dukungan pembiayaan, namun McDonalds Owner/Operators memperoleh benefit berupa hubungan kerja sama dengan banyak lembaga keuangan nasional dengan suku bunga pinjaman yang dijamin rendah.

 

Q: Berapa besar nilai uang mukanya?

A: Nilai minimal uang mukanya pun akan bervariasi sesuai nilai investasinya, namun persentasinya adalah 40% untuk restoran baru (new franchise restaurant), dan 25% untuk restoran yang sudah berjalan (existing franchise restaurant).

TERLENGKAP-Jenis-Waralaba-1-McD

[Baca Juga: Pemasaran Jaringan: Memiliki Bisnis Waralaba Pribadi dengan Biaya Terjangkau]

 

Q: Apakah ada biaya lainnya?

A: Di samping initial franchise fee, ada juga on going fee yang wajib dibayarkan selama periode waralaba, yaitu:

  • Service fee: a monthly fee based upon the restaurant’s sales performance (currently a service fee of 4.0% of monthly sales). 
  • Rent: a monthly base rent or percentage rent that is a percentage of monthly sales.

 

Q: Bagaimana memulai proses pendaftaran kemitraan McDonalds ini?

A: Isi aplikasinya dan kirimkan ke bagian U.S.Franchising Online Application yang tersedia sehingga dapat dikirimkan secara elektonik. Apabila Anda lebih memilih pdf version, Anda juga bisa memperolehnya secara online sehingga dapat dikirimkan secara online atau via fax/email.

 

Q: Apakah saya wajib mengikuti program pelatihan? Berapa lama proses training-nya?

A: McDonalds hanya mempercayakan kemitraannya kepada mereka yang sudah mengikuti dan menyelesaikan program pelatihan secara sukses. Secara umum, proses training berlangsung selama 12 hingga 18 bulan dengan konsep part time di restoran secara langsung.

 

Q: Berapa besar estimasi omzet waralaba McDonalds?

A: Omzet dan keuntungan nilainya berbeda-beda bergantung pada banyak faktor, termasuk biaya operasional dan occupancy, financing terms, dan kemampuan Anda mengelola bisnis secara efektif dan efisien.

Waralaba-McDonalds-05-Finansialku

[Baca Juga: Menulusuri Peluang Bisnis Franchise Tour & Travel Supaya Meraup Keuntungan]

 

Q: Apakah saya bisa membuka lebih dari satu restoran?

A: McDonalds menyediakan peluang yang adil, di mana McDonalds senantiasa mencari individual yang mampu mengoperasikan beberapa lokasi.

Q: Bagaimana mengetahui keberadaan restoran di lokasi saya?

A: Keberadaan restoran di lokasi spesifik akan didiskusikan pada initial interview, karena McDonalds tidak bisa memprediksi restoran mana yang akan tersedia saat pelatihan Anda selesai.

 

Paket Kemitraan McDonalds

Bagi Anda pebisnis yang sudah tertarik dengan paket kemitraan McDonalds, jangan khawatir karena Finansialku juga sudah merangkumnya dengan lengkap.

Saat ini terdapat dua paket kemitraan dari McDonalds, yakni sebagai berikut:

 

#1 New Franchise Restaurant

Dalam kasus umumnya, kandidiat dari franchisee baru sudah memiliki dan pernah mengoperasikan restoran McDonalds sebelumnya.

Dalam paket ini, biaya awalnya (initial fee) adalah US$45.000 atau setara dengan Rp648 juta yang akan dibayarkan kepada McDonalds.

Sedangkan untuk biaya operasional dan peralatan berkisar antara US$1.008.000 atau setara dengan Rp14,5 miliar hingga US$2.214.080 atau setara dengan Rp31,8 miliar.

Ukuran dari fasilitas, area dari lokasi, pengeluaran pre-opening expenses, inventori, pemiluhan peralatan masak, signage, dan jenis dekorasi akan mempengaruhi biaya yang dibayarkan kepada supplier tersebut.

Dengan biaya tersebut Anda sudah medapatkan kontrak waralaba selama 20 tahun untuk lokasi tradisional.

Waralaba-McDonalds-06-Finansialku

[Baca Juga: Mau Membeli Waralaba? Pertimbangan 6 Sumber Pendanaannya]

 

#2 Existing Franchise Restaurant

Mayoritas Owner/Operator McDonalds baru memasuki sistem dengan membeli existing restaurant baik dari McDonalds USA, LLC atau salah satu Owner/Operator yang sudah ada sebelumnya.

Nilai pembelian existing restaurant bervariasi dan bergantung pada beberapa faktor, misalnya saja sales volume, profitability, occupancy costs, reinvestment or improvement needs, competition and location.

Saat menyelesaikan program pelatihan kelas dunia bagi Owner/Operator, Anda akan memperoleh info peluang restoran yang tersedia dari McDonalds Franchising Manager.

Seperti biasa Anda diwajibkan membayar 25% sebagai uang muka, dan pelunasannya harus selesai dalam kurun waktu tidak lebih dari 7 tahun.

 

Ingin Menjadi Mitra McDonalds?

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk membeli waralaba dan menjadi mitra McDonalds yang sudah terbukti sukses hingga ke tanah air?

Tentunya bisnis ini menggiurkan sekali bukan, mengingat sepak terjangnya selama puluhan tahun?

Anda bisa memperoleh informasi kemitraannya melalui kontak berikut ini:

franchising@us.mcd.com.

Alvaro Bonta

U.S. Vice President – Franchising

Rhonda Heil

U.S. Franchising Manager

 

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 336 x 280

Jika artikel ini bermanfaat, Anda bisa membagikannya kepada teman-teman Anda yang mungkin juga sedang mencari peluang bisnis kuliner yang solid dan terjamin.

 

Catatan : US$1 = Rp14403.

 

Disclaimer: Penyebutan merek pada artikel ini hanya bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan untuk tujuan-tujuan lainnya.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai waralaba lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Perencana Keuangan, kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. U. S. Franchising. Mcdonalds. – https://goo.gl/o6CYn2
  • Novita Shinta. 12 November 2016. Inilah Fakta dan Sejarah Pendiri Waralaba McDonalds, Dikenal Dunia Setelah Berpindah Tangan. Tribunnews.com – https://goo.gl/2LsxEa

 

Sumber Gambar:

  • Waralaba McDonalds 1 – https://goo.gl/W412u5
  • Waralaba McDonalds 2 – https://goo.gl/bpy8wD
  • Waralaba McDonalds 3 – https://goo.gl/8kMueY
  • Waralaba McDonalds 4 – https://goo.gl/e5dCty
  • Waralaba McDonalds 5 – https://goo.gl/uL3tjN
  • Waralaba McDonalds 6 – https://goo.gl/W1jBGc
  • Waralaba McDonalds 7 – https://goo.gl/afUWHx
Summary
Mengenal Peluang Bisnis dan Waralaba McDonalds di Indonesia
Article Name
Mengenal Peluang Bisnis dan Waralaba McDonalds di Indonesia
Description
McDonalds tentunya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia, lalu bagaimana dengan peluang waralabanya?
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo