Teman-teman, sudahkah Anda mengetahui 6 resolusi keuangan yang harusnya Anda jalankan di tahun 2017, agar keuangan Anda lebih sehat? Kali ini Finansialku.com akan membagikan 6 resolusi keuangan yang penting Anda jalankan di tahun 2017.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Jalankan 6 Resolusi Keuangan Tahun 2017 Ini dan Lihat Perubahan Kesehatan Keuangan Anda!

Teman-teman pembaca, memasuki tahun 2017 ini apakah Anda sudah memiliki resolusi keuangan atau mimpi yang ingin Anda capai? Jika Anda belum tahu apa yang harus Anda lakukan, coba deh cek kondisi kesehatan keuangan Anda. Silakan download Aplikasi Finansialku di Google Play Store atau Klik di sini.

Resolusi Keuangan Rumah Tangga 2017 yang Harus Dijalankan Sekarang 1 - Finansialku

[Baca Juga: Resolusi Keuangan Rumah Tangga 2017 yang Harus Dijalankan Sekarang]

 

Teman-teman slide berikut ini berisi mengenai detail resolusi keuangan 2017 yang harus Anda ikuti, agar dapat mewujudkan tujuan-tujuan keuangan dan lebih sejahtera.

Resolusi Keuangan Finansialku 2017 from Finansialku.com

 

#1 Tinjau Dana Darurat

Memasuki tahun 2017 ini, kami sarankan agar Anda mengecek kembali jumlah dana darurat (emergency fund) yang Anda miliki. Sangat dimungkinkan, bahwa pemasukan atau pengeluaran Anda meningkat di tahun 2017 ini. Dana darurat ini sangat penting mengingat sebagai manusia, kita tidak lepas dari musibah (kehilangan pekerjaan dan perubahan jabatan) dan pengeluaran tak terduga (perbaikan kendaraan, perbaikan rumah dan biaya berobat). Untuk perhitungannya ikuti rumusan:

  • Single = 3x pengeluaran atau pemasukan bulanan
  • Menikah = 9x pengeluaran atau pemasukan bulanan
  • Menikah dan Punya Anak = 12x pengeluaran atau pemasukan bulanan

Jika Anda ingin mengetahui lebih lengkap mengenai dana darurat, silakan cek infografis berikut ini.

 

#2 Review Kebutuhan Asuransi

Review asuransi kesehatan dan asuransi jiwa yang sudah Anda miliki. Bisa jadi asuransi jiwa dan asuransi kesehatan yang dulunya cukup, sekarang menjadi kurang.

Infografis #5 Lindung Diri Anda dan Asset Anda dengan Asuransi 2- Finansialku

[Cek Infografis: Lindungi Diri Anda dan Asset Anda dengan Asuransi]

 

Contoh:

  1. Coba cek apakah plan kamar rawat inap sesuai dengan harga wajar kamar rumah sakit saat ini.
  2. Cek juga jumlah uang pertanggungan (UP) yang diperlukan. Tambah uang pertanggungan Anda, jika Anda sudah berkeluarga atau baru memiliki anak. Untuk kebaikan Anda sekarang dan masa depan, tolong jangan tawar poin yang satu ini.
  3. Teman-teman pembaca juga mungkin memiliki produk-produk asuransi umum, seperti asuransi rumah dan kendaraan. Biasanya asuransi rumah dan kendaraan akan habis setelah 1 tahun. Coba cek dan perpanjang kembali asuransi rumah dan kendaraan.
  4. Jika Anda ingin pergi berlibur ke luar kota atau ke luar negeri, ada baiknya beli asuransi perjalanan (travel insurance).

 

Jika Anda ingin menghitung kebutuhan uang pertanggungan (UP) asuransi jiwa, silakan hitung dengan Aplikasi Finansialku.

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

#3 Maksimalkan Tabungan Pensiun

Sudahkah Anda menyiapkan tabungan pensiun? Apakah Anda masih berpikiran terlalu dini menyiapkan tabungan pensiun, karena masih berusia 20 an atau 30 an? Jika Anda masih menunda, maka Anda sudah melakukan kesalahan fatal. Justru karena Anda masih berusia 20 an atau 30 an, Anda masih memiliki banyak waktu dan pilihan. Semakin cepat dana pensiun terkumpul, Anda akan dapat segera pensiun dari pekerjaan aktif serta menikmati hidup (melakukan apa yang ingin Anda lakukan).

bagaimana-caranya-bisa-pensiun-dini-dan-pensiun-sejahtera-3-finansialku

[Baca Juga: 3 Masalah Klasik dari Manusia (yang Harusnya) Dapat Diselesaikan]

 

Bagaimana cara mempersiapkan dana hari tua (biaya pensiun)? Silakan ikuti 4 tahapan berikut ini:

  1. Buat perhitungan dan rencana dana hari tua (silakan hubungi perencana keuangan atau gunakan Aplikasi Finansialku). Contoh hitungan: menghitung dana hari tua.
  2. Mulai berinvestasi sesuai dengan rencana yang sudah dibuat.
  3. Lakukan review secara berkala, misal setahun sekali.
  4. Tiba saatnya nikmati pensiun dengan aman dan nyaman, karena Anda sudah mempersiapkan aset dan pemasukan untuk masa pensiun.

 

#4 Siapkan Dana Pendidikan

Di tahun 2017 ini ada pengeluaran yang cukup besar di tengah tahun, karena libur Hari Raya Idul Fitri dan tahun ajaran baru anak sekolah. Beberapa hal yang harus Anda perhatikan:

  1. Menjelang Hari Raya Idul Fitri, pastinya Anda puasa. Nah pengeluaran saat puasa biasanya meningkat dibanding pengeluaran bulan-bulan biasanya.
  2. Adanya libur Hari Raya Idul Fitri bersamaan dengan libur kenaikan kelas.
  3. Persiapkan biaya tahun ajaran baru anak sekolah, biasanya ada uang daftar ulang dan kenaikan biaya pendidikan.

Lakukan persiapan di awal tahun, agar Anda tidak kerepotan di tengah tahun. Jangan sampai berutang untuk dana pendidikan anak atau malah liburan pakai utang.

Selain itu, Anda juga perlu mempersiapkan dana pendidikan anak untuk pendidikan yang lebih lanjut (misal kuliah S1 dan S2). Ikuti 4 poin berikut ini untuk membantu mempersiapkan dana pendidikan anak.

Lakukan 6 Resolusi Keuangan 2017 agar Keuangan Anda Lebih Sehat 1 - Finansialku

[Baca Juga: Studi Kasus Menghitung Dana Pendidikan Anak]

 

  1. Cari informasi mengenai uang pangkal, biaya-biaya pendidikan dan biaya hidup (jika sekolah di luar kota).
  2. Mulai hitung kebutuhan dana pendidikan anak Anda. Silakan gunakan Aplikasi Finansialku untuk mengetahui kebutuhan Anda.
  3. Mulailah berinvestasi di produk-produk investasi, sesuai dengan rencana keuangan Anda.
  4. Lakukan review berkala atas rencana keuangan Anda.

Masa depan anak Anda, banyak terbantu dengan pendidikan yang sudah diberikan oleh orang tua. Anda sebagai orang tua pastinya memberikan pendidikan terbaik untuk buah hati tercinta.

 

#5 Optimalkan Investasi

Apakah Anda sudah mulai berinvestasi? Jika sudah atau belum, silakan share pengalaman Anda mengenai investasi pada kolom komentar di bawah ini. Terima Kasih.

Dalam artikel kali ini, kami ingin mengingatkan beberapa hal penting mengenai investasi.

  1. Kami sarankan investasi, bukan berjudi.
  2. Miliki rencana investasi dan rencana keuangan, agar investasi Anda lebih terarah dan efektif.
  3. Dalam berinvestasi, kendalikan emosi dan mindset Kendalikan rasa takut (fear) dan tamak (greedy) dengan rencana yang matang.
  4. Tujuan Anda berinvestasi adalah berinvestasilah dengan cara yang benar. Jangan cari jalan pintas (short cut), dengan cara yang aneh-aneh. Biasanya cara yang aneh dan jalan pintas, berujung pada kerugian 100%. Termasuk jika Anda terbujuk dengan investasi bodong.
  5. Kelola keuangan dengan cara yang bijak, ketahui berapa modal yang dimiliki, berapa investasi yang perlu dikeluarkan setiap waktunya dan lain sebagainya.

 

#6 Laporakan Pajak dan Ikuti Amnesti Pajak

Terakhir, kami perlu sampaikan beberapa hal terkait dengan pajak.

  1. Jangan lupa lapor dan bayar pajak penghasilan individu. Batas paling lambat adalah Maret 2017.
  2. Program amnesti pajak periode III akan selesai pada Maret 2017. Program amnesti pajak ini sangat jarang dibuka oleh pemerintah. Oleh sebab itu manfaatkan kesempatan yang baik ini untuk memperbaiki pelaporan pajak Anda.

 

Lebih Sehat dan Sejahtera dalam Keuangan Anda di Tahun 2017

Semoga keenam langkah di atas, dapat membantu Anda menjadi lebih sejahtera dan lebih sehat dalam keuangan di tahun 2017. Semoga artikel ini dapat banyak membantu keuangan Anda dan orang-orang yang Anda sayangi di tahun 2017. Jangan lupa bagikan (share) informasi ini kepada pasangan Anda, kakak-adik dan teman baik Anda.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai resolusi keuangan di tahun 2017? Silakan kirim pertanyaan atau opini Anda pada kolom di bawah ini, karena perencana keuangan kami akan membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Family Asia – https://goo.gl/ORYcPu dan https://goo.gl/Q2WbHi

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang