Sebelum Anda menggunakan aplikasi Bareksa, yuk cek terlebih dahulu review aplikasi Bareksa dalam artikel ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Review Aplikasi Bareksa

Bareksa merupakan marketplace finansial dan investasi terintegrasi pertama di Indonesia. Sejak 2016, Bareksa sudah mendapatkan lisensi sebagai Agen Penjual Reksa Dana secara resmi dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Bareksa menjual produk reksa dana yang terlengkap dari manajer investasi yang terpercaya di Indonesia. Menariknya, pangsa pasar jumlah investor reksa dana di Indonesia dikuasai oleh Bareksa, lho.

Review Aplikasi Bareksa Cara Download dan Daftar Bareksa Online 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mudah Investasi Reksa Dana Untuk Pemula]

 

Bareksa juga menjual SBN (Surat Berharga Negara) ritel secara online. Selain itu, Bareksa juga menyediakan fasilitas transaksi jual beli emas secara online.

Ada berbagai fasilitas layanan yang diberikan oleh Bareksa untuk memberikan edukasi kepada masyarakat. Beberapa layanan informasi yang diberikan adalah data market, konten, riset, analisis, berita, dan berbagai layanan lainnya.

Untuk bisa menggunakan aplikasi Bareksa, Anda tinggal download saja, kok. Anda bisa download aplikasi Bareksa secara gratis melalui Google Play Store ataupun Appstore.

 

Kelebihan Bareksa

Ada beberapa kelebihan yang bisa menjadi alasan untuk Anda memilih Bareksa sebagai marketplace investasi Anda. Berikut beberapa review aplikasi Bareksa yang menjadi kelebihan dari Bareksa.

 

#1 Aman

Bareksa sudah mendapatkan lisensi resmi sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) serta diawasi oleh OJK. Selain itu, Bareksa juga menjadi mitra distribusi resmi yang ditunjuk oleh Kementerian Keuangan untuk menjualkan produk SBN kepada investor ritel.

 

#2 Mudah

Anda dapat melakukan pendaftaran dan transaksi dengan mudah di aplikasi Bareksa karena dapat dilakukan 100%. Jadi, Anda tidak perlu datang ke kantor deh.

Review Aplikasi Bareksa Cara Download dan Daftar Bareksa Online 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mengenal Investasi Reksa Dana untuk Pemula (Slide)]

 

#3 Transparan

Portofolio aset yang Anda miliki dari berbagai instrumen investasi dapat Anda pantau melalui aplikasi Bareksa kapanpun Anda mau.

 

#4 Edukatif

Ada berbagai fasilitas edukasi yang disediakan oleh Bareksa untuk membantu masyarakat lebih memahami investasi. Ada yang melalui artikel, video, interaksi di social media, ataupun acara offline.

 

Ebook GRATIS, Panduan BERINVESTASI REKSA DANA untuk PEMULA

10 Panduan Investasi Reksadana Pemula

 

Cara Daftar Akun di Bareksa

Langkah-langkah daftar akun baru di aplikasi Bareksa sangat mudah, kok. Berikut panduannya.

 

#1 Membuka Aplikasi Bareksa

Setelah download aplikasi Bareksa di smartphone Anda, maka Anda perlu membuka aplikasi tersebut untuk daftar. Kemudian, klik ikon ‘Login’ di pojok kanan bawah.

 

#2 Mendaftar Akun Baru

Setelah klik ikon ‘Login’, maka akan tampil halaman untuk masuk. Untuk mendaftar, maka Anda dapat klik tulisan ‘Daftar Baru’ pada bagian bawah.

 

#3 Memasukkan Data NIK (Nomor Induk Kependudukan)

Setelah klik ‘Daftar Baru’ maka akan muncul halaman validasi identitas. Jika Anda adalah seorang WNI (Warga Negara Indonesia), maka Anda dapat menggunakan KTP (Kartu Tanda Penduduk).

Pilih yang WNI, kemudian isi 16 digit nomor identitas dengan NIK yang tertera di KTP Anda. Namun, jika Anda adalah seorang WNA (Warga Negara Asing), maka Anda dapat menggunakan Paspor. Setelah mengisi NIK, klik ‘Mulai Proses’.

Review Aplikasi Bareksa Cara Download dan Daftar Bareksa Online 03 - Finansialku

[Baca Juga: Investasi Reksadana Syariah: Investasi Bebas Riba dan Halal untuk Wujudkan Tujuan Keuangan Anda]

 

#4 Melengkapi Data Diri

Data diri

Anda perlu mengisi data diri sesuai yang terdapat pada KTP seperti nama, tanggal lahir, tempat lahir, agama, serta jenis kelamin. Kemudian, masukkan email dan buat password untuk log in di aplikasi Bareksa.

Oh ya, Anda perlu memastikan bawah tidak ada typo/salah ketik pada bagian nama dan nomor handphone ya, agar mencegah kendala di masa mendatang. Setelah mengisi semua datanya, kemudian upload foto atau scan KTP Anda.

Apabila Anda mau sekalian mendaftar untuk menjadi investor di SBN, maka Anda bisa klik bagian “Ya” pada bagian pertanyaan “Apakah Anda akan mendaftar juga sebagai investor SBN Ritel Online?”

Setelah itu, upload berkas foto kartu NPWP. Namun, jika Anda tidak ingin menjadi investor SBN maka bisa pilih “Tidak” dan lanjut.

Setelah itu, jika Anda memiliki referensi dari orang lain atau kode promo, maka Anda dapat memasukkannya di bagian ‘Kode Referal’. Tapi kalau tidak memiliki kode referal tidak masalah, bisa Anda abaikan saja.

 

Data Alamat

Anda juga perlu melengkapi data alamat Anda. Mulai dari jalan, kabupaten, dan provinsi yang sesuai dengan alamat di KTP Anda, ya.

 

Data Lainnya

Data lainnya yang perlu Anda isi adalah penghasilan, pekerjaan, serta pendidikan. Tujuannya adalah sebagai panduan Bareksa untuk memberikan rekomendasi produk yang sesuai.

Pada bagian pertanyaan “Apakah Anda adalah warga Amerika Serikat/ penduduk tetap Amerika Serikat/Pemegang Green Card?” Jika Anda bukan warga Amerika atau pemegang Green Card maka klik bagian “Tidak”.

Setelah itu, Anda wajib mengisi profil risiko yang akan digunakan untuk panduan memilih produk investasi yang sesuai. Profil risikonya mulai dari yang rendah, moderat, hingga tinggi.

Untuk profil risiko rendah, berarti tipe yang menghindari risiko. Profil risiko moderat berarti bisa menerima sedikit risiko, sedangkan profil risiko tinggi berarti mampu untuk mengambil risiko yang tinggi dalam berinvestasi.

Anda dapat memilih profil risiko yang disesuaikan dengan diri Anda. Jika semua data sudah terisi maka, klik “Lanjutkan”.

Review Aplikasi Bareksa Cara Download dan Daftar Bareksa Online 04 - Finansialku

[Baca Juga: Mana yang Lebih Menguntungkan: Yuk Nabung Saham VS Yuk Investasi Reksa Dana]

 

#5 Memasukkan Kode Token

Setelah itu, Anda akan menerima kode unik yang dikirim melalui SMS ke nomor ponsel yang terdaftar. Masukkan kode unik tersebut pada aplikasi Bareksa. Kemudian, klik “Lanjutkan”.

 

#6 Verifikasi Rekening

Anda perlu memasukkan informasi rekening bank seperti pilih bank dan masukkan nomor rekening Anda. Rekening bank tersebut akan Anda gunakan sebagai rekening pengirim dan tujuan transaksi reksa dana.

Untuk pendaftaran baru, maka Anda hanya bisa memasukkan satu rekening dulu, ya. Setelah mengisi informasi rekening, klik tombol “Periksa”.

Lalu, akan muncul nama pemilik rekening yang sesuai dengan nama Anda. Jika benar, maka klik “Lanjutkan”.

Review Aplikasi Bareksa Cara Download dan Daftar Bareksa Online 05 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Memilih Reksa Dana Saham Dengan Barometer Bareksa]

 

#7 Tanda Tangan Elektronik

Anda perlu mencentang bagian persetujuan Syarat dan Ketentuan. Setelah itu, buat tanda tangan elektronik pada kotak yang tersedia. Jika Anda ingin mengulang tanda tangan, maka klik tanda [X]. Kemudian, klik tombol “Selesai”.

 

#8 Menunggu Verifikasi

Sekarang pendaftaran Anda sudah selesai dan akan diverifikasi oleh tim Bareksa dalam waktu 1 x 24 jam setelah pengisian data.

Anda dapat melihat progress verifikasi akun Anda dari status verifikasi akun. Sementara menunggu proses verifikasi, Anda bisa menutup aplikasi Bareksa.

 

Mulai Investasi di Bareksa

Dengan hadirnya Bareksa, Anda dapat berinvestasi dengan mudah dan aman. Anda bisa investasi reksa dana, SBN, dan investasi emas sekaligus dalam satu aplikasi.

Selain itu, Anda juga tidak perlu pergi ke kantor untuk bisa daftar di Bareksa karena pendaftarannya bisa dilakukan 100% online. So, tunggu apalagi? Yuk, mulai investasi di Bareksa.

 

Jadi, setelah membaca review aplikasi Bareksa di atas, apakah Anda berminat investasi di Bareksa? Silahkan berikan komentar dan pendapat Anda di kolom yang telah tersedia. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

 

 

Sumber Referensi:

  • Bareksa. 2020. Tentang Kami. Bareksa.com – https://bit.ly/3l2SHVG
  • Bareksa. 2020. Investasi mudah & aman di Bareksa. Bareksa.com – Bareksa.com
  • Bareksa. 18 Agustus 2020. Cara Daftar Akun Baru Bareksa di Aplikasi, Syaratnya Hanya Perlu e-KTP. Bareksa.com – https://bit.ly/2J3dJXi

 

Sumber Gambar:

  • Review Aplikasi Bareksa 1 – https://bit.ly/37hs5LN
  • Review Aplikasi Bareksa 2 – https://bit.ly/3liAaF9
  • Review Aplikasi Bareksa 3 – https://bit.ly/2JozAbA