Untuk mendapatkan tubuh yang ideal, banyak orang berlomba membentuk tubuh dengan pergi ke gym center dan mengkonsumsi suplemen fitness.

Mari ketahui suplemen fitness yang wajib bagi kamu yang mau membentuk tubuh semakin ideal dalam artikel Finansialku berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pentingkah Konsumsi Suplemen Fitness?

Berbicara tentang suplemen fitness, bagi kamu yang tergolong pemula dalam olahraga dan ingin membentuk tubuh lebih ideal, tentu kamu akan bertanya-tanya, seberapa pentingkah suplemen fitness itu.

Selain itu, kita juga akan mempertanyakan, beberapa hal berikut ini:

  • Apakah dengan mengonsumsi suplemen fitness dapat mempercepat pembentukan otot?
  • Apakah produk yang digunakan halal atau tidak?
  • Amankah untuk kesehatan?

 

Binaragawan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Melindungi Diri dengan Asuransi Jiwa dan Asuransi Mobil bagi Anda yang Sering Pergi dengan Mobil Pribadi]

 

Telusuri kedua Fakta di bawah ini tentang seberapa pentingnya konsumsi Suplemen Fitness yang dilansir dari Cara.pro berikut ini:

 

#1 Secara Medis Kehebatan Tubuh Manusia Sebagai Penghasil Energi

Manusia itu memiliki sel yang bernama mitokondria, ketika kamu melakukan olahraga maka setiap sel dalam tubuhmu menghasilkan sebuah energi yang pada akhirnya mengeluarkan keringat. Hal tersebut berasal dari mitokondria.

Menurut para ahli kedokteran, ternyata mitokondria ini ketika kita latih akan mampu menghasilkan energi yang luar biasa tanpa kamu harus mendapatkan sebuah asupan makanan dari luar.

Jadi, kesimpulan pernyataan pertama bahwa tidak harus menggunakan suplemen ketika fitness bisa benar adanya. 

 

#2 Niat Para Olahragawan Adalah Ingin Mendapatkan Otot yang Segar, Mengencangkan Otot, dan Membesarkan Otot

Keinginan tersebut, jika tidak dibantu dengan asupan makanan yang bernutrisi tinggi maka hasilnya tidak akan sesuai dari harapanmu.

Bagi kamu yang ingin melakukan olahraga fitness agar otot bisa membesar, segar, dan terlihat bidangnya maka harus dibantu dengan suplemen fitness.

Selain mengikuti program fitness yang akan membentuk tubuh menjadi ideal, konsumsi suplemen fitness juga ternyata diperlukan, seperti kata salah satu instruktur di Gold’s Gym Jefrey Sihite yang mengatakan:

“Penggunaan suplemen tergantung dari tujuan fitness yang ingin dicapai. Misalnya, untuk me-maintance (membentuk) tubuh atau agar tubuh bugar. Tentu saja intensitas dan asupan suplemen juga berbeda.”

 

Suplemen Fitness 01 - Finansialku

[Baca Juga: Inilah Rahasia-rahasia seorang Miliarder Wirausaha untuk Mencapai Kekayaan]

 

Oh iya, sudahkah kamu mengecek kesehatan keuangan saat ini?

Ketahui kesehatan keuanganmu dengan Aplikasi Finansialku melalui fitur Financial Health Check Up.

Unduh terlebih dahulu Aplikasi Finansialku melalui Google Play Store atau lakukan registrasi terlebih dahulu melalui PC. Kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas free trial-nya selama 30 hari. 

Selain itu, dapatkan potongan harga berlangganan hingga Rp50.000 dengan kode promo: POTONG50RIBU untuk menjadi member Premium.

Kamu juga bisa berkonsultasi tanpa batas dengan Konsultan Keuangan Bersertifikat dari Finansialku.

Tunggu  apalagi? Yuk lakukan sekarang juga!

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Apa itu Suplemen Fitness?

Menurut Programfitnes.com,

“Suplemen adalah salah satu produk kesehatan yang didalamnya terkandung lebih dari satu nutrisi atau obat, nutrisi ini berbentuk protein, asam amino, creatine, L-carnitine dan lain-lain.”

 

Jika hanya ingin memiliki tubuh yang sehat dan bugar saja, sebenarnya konsumsi suplemen fitness tidak diperlukan.

Cukup dengan menerapkan pola asupan yang sehat, bergizi, dan seimbang, yaitu terdiri dari protein, karbohidrat, lemak, mineral dengan jumlah kandungan tertentu.

Namun jika dirasa situasi membuat kita tidak dapat mengkonsumsi makanan sehat, misalnya karena kesibukan sehingga kekurangan asupan gizi tertentu, maka peran suplemen akan diperlukan agar gizi yang kurang dapat tercukupi.

Lantas, seberapa pentingkah suplemen fitness untuk membentuk tubuh lebih ideal jika nutrisi dan gizi seimbang sudah didapatkan dari pola makanan yang diterapkan?

Suplemen Fitness 02 - Finansialku

[Baca Juga: Miliki Rencana Tersusun untuk Kesuksesan dan Kekayaan Anda]

 

Untuk menjawab hal ini, bagi para pemula memang disarankan untuk tidak sembarangan menggunakan suplemen. Ada baiknya untuk berkonsultasi dengan ahlinya seperti ahli gizi atau personal trainer.

Menurut Jefrey Sihite, konsultasi dengan para ahli ini diperlukan untuk menambah pengetahuan mengenai penggunaan suplemen fitness dan kemungkinan efek samping yang akan dirasakan. Sebab, reaksi suplemen tiap-tiap orang berbeda-beda.

Akan ada reaksi atau efek samping jika mengalami ketidakcocokan dengan suplemen fitness yang dikonsumsi, misalnya seperti diare atau gejala alergi lainnya.

 

Suplemen Fitness Pembentuk Otot

Jika menurutmu suplemen fitness memang diperlukan untuk pembentukan massa ototmu, berikut ini beberapa suplemen fitness yang perlu kamu tahu sebagai pertimbangan sebelum mengonsumsinya, yaitu:

 

#1 Whey Protein

Dari segi keamanannya, whey protein adalah salah satu suplemen fitness yang sangat aman untuk dikonsumsi dengan kebutuhan sekitar 19-30 gram protein setiap penyajian, tergantung dari tingkat kemurnian.

Protein merupakan zat makanan utama yang menjadi pembangun massa otot.

Itulah sebabnya bahwa whey protein sudah sangat dikenal dikalangan para olahragawan sebagai suplemen fitness yang dengan cepat dapat diserap tubuh dan berfungsi untuk membangun dan mempertahankan massa otot.

Selain mudah diserap, whey protein juga memiliki kandungan seperti kalsium, magnesium, dan juga berbagai mineral yang dapat menunjang kesehatan tubuh.

Bagi kamu yang ingin membentuk otot dan menurunkan berat badan, kamu dapat mengkonsumsi whey protein yang sangat aman dan sudah teruji oleh para ahli.

Berikut ini beberapa fungsi dari whey protein yang dilansir dari Ob-fit.com, antara lain:

Whey Protein - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Struktur Organisasi dalam Manajemen Sumber Daya Manusia Internasional?]

 

·         Menurunkan Kadar Lemak

Para peneliti dari Minnesota’s Applied Research Center menemukan bahwa orang yang melakukan diet dengan mengurangi kalori disertai suplementasi whey protein dapat menurunkan kadar lemak tubuhnya lebih banyak daripada yang hanya menerapkan diet rendah kalori saja.

 

·         Meningkatkan Massa Otot

Menambah massa otot dapat mempercepat penurunan berat badan. Ini karena tubuh akan membakar kalori lebih banyak jika otot makin banyak.

Hasil penelitian para ahli dari University of Texas Medical Branch menunjukkan bahwa konsumsi whey protein setelah latihan beban dapat meningkatkan pertumbuhan otot dengan cara merangsang pembentukan protein otot.

 

·         Mengurangi Nafsu Makan

Menambahkan asupan whey protein dapat menekan nafsu makan, sehingga menurunkan asupan kalori dan meningkatkan pembakaran lemak.

Sebuah hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism menunjukkan bahwa setelah mengonsumsi whey protein, maka asupan kalori kita akan lebih sedikit daripada biasanya.

 

#2 Creatine

Menurut kandungannya, creatine merupakan kombinasi kompleks dari beberapa asam amino dengan berbagai fungsi spesifik tersendiri, diantaranya adalah glycine, agrinine, dan methionine.

Tahukah kamu bahwa tubuh kita secara alami telah memproduksi creatine?

Creatine ini secara alami diproduksi melalui 3 organ penting tubuh kita, antara lain di pankreas, hati, dan juga ginjal.

Cara kerjanya, creatine ini akan diproduksi oleh tubuh dan didistribusikan ke seluruh otot dengan bantuan darah.

Ketika creatine telah mencapai otot, maka creatine akan berubah menjadi phospocreatine (creatine phospate), yang berfungsi untuk membentuk bahan bakar dalam tubuh atau biasa dikenal dengan nama ATP (adenosine triphospate).

Creatine - Finansialku

[Baca Juga: Mau Untung Besar di Bisnis Waralaba Kesehatan & Kecantikan? Baca Dulu Informasinya]

 

Beberapa manfaat dari creatine di antaranya adalah:

  • Membantu pembentukan otot bebas lemak;
  • Meningkatkan volume sel-sel otot;
  • Meningkatkan kekuatan otot;
  • Mempercepat pemulihan setelah latihan. 

 

#3 Glutamine

Secara keseluruhan, setidaknya lebih dari 60 persen dari jaringan rangka otot kita dibentuk oleh glutamine.

Glutamine secara alami terkandung di dalam makanan berprotein tinggi seperti susu, ikan, daging, kacang-kacangan. Glutamine juga dapat diperoleh dari sayuran seperti bayam, kubis, dan peterseli.

Meskipun makanan-makanan ini memberikan asupan glutamine bagi tubuh, makanan-makanan ini tidak memberikan asupan glutamine sebanyak suplemen.

Berdasarkan studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition, dilaporkan bahwa hormon pertumbuhan meningkat sebesar 440 persen setelah konsumsi suplementasi glutamine.

Hormon pertumbuhan dapat meningkatkan perkembangan massa otot dan membantu proses pembakaran lemak menjadi energi, seperti yang dipaparkan Ob-fit.com.

Bukti lain tentang pentingnya asupan suplemen fitness glutamine diperlihatkan melalui studi lain yang dilakukan di Louisiana State University Medical College dengan memberikan 2 gram glutamine kepada 9 atlet sehat pada pagi hari, 45 menit setelah sarapan.

Hasilnya, hormon pertumbuhan mereka meningkat hingga 440 persen 90 menit setelah mengonsumsi suplemen glutamine.

Saat akan mengkonsumsi glutamine, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter terlebih dahulu seperti yang dilansir dari Hellosehat.

Glutamine - Finansialku

[Baca Juga: Gaya Hidup Orang Kaya untuk Mempertahankan Kekayaannya]

 

Berkenaan dengan dosis pemakaiannya, Hellosehat memberikan saran aturan pakai sebagai berikut:

  • Minum L-Glutamine 6 kali per hari hingga 16 minggu untuk mengobati sindrom usus pendek.
  • Minum bubuk oral glutamine dengan makanan atau camilan kecuali bila dokter memberikan instruksi yang sebaliknya.
  • Minum tablet glutamine pada saat perut kosong, setidaknya 1 jam sebelum atau 2 jam setelah makan.
  • Jangan tuangkan glutamine bubuk kering langsung ke formula selang makanan. Larutkan dosis bubuk oral glutamine di sedikitnya 200 ml cairan panas atau dingin. Kamu juga dapat mencampur bubuk dengan makanan lunak seperti puding, saus apel, atau yogurt. Aduk campuran dan segera makan atau minum makanan dan minuman yang telah dicampur bubuk oral glutamine Selalu campur bubuk dengan air dan infus langsung ke dalam tabung pengisi menggunakan jarum suntik.
  • Saat menggunakan glutamine, kamu mungkin perlu sering melakukan tes darah atau tes urine.
  • Sangat penting untuk mengikuti diet dan pengobatan terencana yang dibuat oleh dokter atau ahli gizi. 

 

Selain aturan pakai, meski tidak semua orang akan mengalaminya – ketahui juga efek samping yang biasanya muncul, di antaranya:

  • Mual, muntah, sakit perut, gas;
  • Bengkak pada tangan atau kaki;
  • Nyeri otot atau nyeri sendi, sakit punggung;
  • Sakit kepala, pening, lelah;
  • Ruam pada kulit atau gatal;
  • Mulut kering, ingusan, keringat berlebihan.

 

Lebih Hemat Mana Beli Alat Fitness Sendiri Atau Ikut Membership Gym 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Freelancer Sewa Rumah atau Beli Rumah? Ini Tips dan Triknya!]

 

Efek samping kurang umum yang dapat terjadi setelah mengonsumsi L-Glutamine, meliputi:

  • Reaksi alergi: biduran; susah bernapas; bengkak pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan;
  • Nyeri dada;
  • Gangguan pendengaran;
  • Tanda terjadinya infeksi seperti demam, panas dingin, sakit tenggorokan, gejala flu, sariawan, rasa letih yang tidak biasa.

 

Menurut Hellosehat, tidak semua orang mengalami efek samping tersebut. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Oleh sebab itu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi.

 

#4 Branched Chain Amino Acids (BCAA)

Suplemen Branch-Chained Amino Acids biasa disebut BCAA, suplemen yang sudah dikenal oleh para olahragawan dengan kandungan 3 asam amino berbeda yang memiliki peran sebesar 30 persen dalam pembentukan otot rangka di dalam tubuh, di antaranya leucine, isoleucine, dan valine.

Branch-Chained Amino Acids (BCAA) berfungsi layaknya whey protein untuk membantu membentuk otot, memulikan otot setelah latihan dan membantu nutrisi terdistribusi ke seluruh sel-sel otot.

Selain itu, Branch-Chained Amino Acids (BCAA) juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh saat melakukan latihan ketahanan seperti marathon, renang, ataupun bersepeda.

Branched Chain Amino Acids (BCAA) - Finansialku

[Baca Juga: Trik Ampuh Membangun Kekayaan yang Cocok Kamu Tiru]

 

Manfaat lainnya dari mengkonsumsi Branch-Chained Amino Acids (BCAA) di antaranya:

 

·         Membantu Mengurangi Nyeri Otot

BCAA membantu menunda nyeri otot dan kerusakan otot akibat dengan latihan dalam jangka panjang. Semakin sedikit kerusakan dan nyeri otot akan membuat pemulihan menjadi lebih cepat.

 

·         Mencegah Penyusutan Otot

Branch-Chained Amino Acids (BCAA) sangat penting untuk mencegah katabolisme (penyusutan) otot pada saat pemulihan setelah latihan.

 

·         Membantu Membuang Lemak Tubuh

Branch-Chained Amino Acids (BCAA) membantumu mengurangi lemak tubuh. BCAA juga mengatur dan memelihara rasa kenyang kenyang, leptin, glukosa, adipositas, dan berat badan.

 

#5 Beta Alanine

Suplemen fitness berikutnya yang bisa menjadi rekomendasi untuk kamu adalah Beta Alanine yang merupakan asam amino non-esensial.

Asam amino non esensial ini dapat membantu pembentukan carnosine hingga 60 persen  dan kamu bisa mendapatkan asupan ini dari makanan yang kaya protein seperti unggas, daging, dan ikan.

Carnosine merupakan pelindung intraselular yang sangat kuat, yang dapat membantu menjaga tingkat pH otot agar seimbang dengan cara mencegah produksi asam laktat berlebih ketika berlatih atau berolahraga.

Konsumsi suplemen fitness beta alanine dapat mencegah penurunan tingkat pH otot di bawah level optimal dan meningkatnya asam laktat dapat membuat tubuh kehilangan power dan stamina ketika sedang latihan.

Beta Alanine - Finansialku

[Baca Juga: Intip Daftar Harta Kekayaan Capres Cawapres, Siapa Paling Kaya?]

 

Beberapa manfaat lainnya mengkonsumsi suplemen fitness beta alanine, di antaranya:

  • Meningkatkan daya tahan tubuh saat latihan intensitas tinggi;
  • Meningkatkan kekuatan otot;
  • Mengurangi keletihan;
  • Memungkinkan kamu berlatih lebih keras dan lebih lama;
  • Membantu meningkatkan massa otot.

 

Suplemen Fitness Bukan Obat – Jangan Ketergantungan

Meski suplemen fitness memang diperlukan, namun suplemen bukan obat, oleh sebab itu sangat disarankan untuk tidak ketergantungan dengan suplemen fitness seperti yang dilansir dari Lifestyle.okezone.com.

Sebelum memilih dan mencoba suplemen fitness, ada baiknya untuk melakukan latihan olahraga teratur dan menerapkan pola asupan yang sehat, bergizi dan seimbang.

 

Sudahkah kamu berkonsultasi dengan personal trainer, dokter, atau ahli gizi yang akan memberikan nasihat tentang suplemen fitness yang kamu butuhkan?

Kamu dapat membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan! Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 6 Suplemen Terbaik Untuk Pembentukan Otot. Ob-fit.com – https://bit.ly/2jTRZAC
  • Admin. Panduan Suplemen Bagi Pemula. Programfitnes.com – https://bit.ly/2lACoXq
  • Admin. Perlukah Mengkonsumsi Suplemen Saat Fitnes?. Programfitnes.com – https://bit.ly/2jZ1U86
  • Admin. Inilah 5 Jenis Suplement Fitnes yang Berguna Untuk Pemula. Suplemenstore.com – https://bit.ly/2lACwpS
  • Admin. Sebesar Apakah Pengaruh Suplemen Fitness Untuk Kamu?. Cara.pro – https://bit.ly/2lW1YWN
  • Admin. 7 Juni 2019. Suplemen Fitnes Untuk Pemula Kurus dan Gemuk. Vemala.com – https://bit.ly/2lRtnJp
  • Aulia Akbar. 13 Oktober 2017. Buat Membentuk Otot, Lebih Hemat Suplemen atau Makanan Sehat?. Moneysmart.id – https://bit.ly/32dFYHI
  • Tania Savitri – Dokter Umum. L-Glutamine Obat Apa?. Hellosehat.com – https://bit.ly/2lx7Be2
  • Tjin Willy. 10 Agustus 2018. L-Alanyl-L-Glutamine. Alodokter.com – https://bit.ly/2jVUr9M
  • Admin. 2 Desember 2007. Suplemen Fitnes, Perlukah?. Lifestyle.okezone.com – https://bit.ly/2lZGGrz

 

Sumber Gambar:

  • Binaragawan 1 – http://bit.ly/2kMFlUt
  • Binaragawan 2 – http://bit.ly/2kADMJs
  • Suplemen Fitness 1 – http://bit.ly/2mcdhu1
  • Suplemen Fitness 2 – http://bit.ly/2m9VGD0
  • Whey Protein – http://bit.ly/2mh8Luu
  • Creatine – http://bit.ly/2mi5pr7
  • Glutamine – http://bit.ly/2lOUcy4
  • Branched Chain Amino Acids (BCAA)http://bit.ly/2lUF1Dg
  • Beta Alaninehttp://bit.ly/2mgC3cD