facebook_pixel

Daftarkan Diri Anda Melalui Aplikasi BPJS Ketenagakerjaan Sekarang!

Apakah Anda sudah tahu mengenai Saldo JHT Anda yang dapat diakses melalui Aplikasi BPJS Ketenagakerjaan? Ayo segera daftarkan diri Anda melalui Aplikasi BPJS Ketenagakerjaan.

Simak panduan mengenai registrasi aplikasi BPJS Ketenagakerjaan melalui rubrik berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Aplikasi BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan merupakan sebuah program pemerintah yang ditujukan untuk kesejahteraan para pekerja di Indonesia, baik itu Warga Negara Indonesia maupun Warga Negara Asing yang bekerja dan menetap di Indonesia.

Tidak hanya karyawan, bahkan para pekerja freelance dan juga pemberi kerja yang tergolong Bukan Penerima Upah dihimbau untuk mendaftarkan diri sebagai peserta penerima manfaat BPJS Ketenagakerjaan.

Daftarkan Diri Anda Melalui Aplikasi BPJS Ketenagakerjaan Sekarang! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Cerdik Mempercantik Taman Rumah Jika Budget Anda Terbatas]

 

Setiap program BPJS Ketenagakerjaan memang bertujuan untuk memberikan perlindungan kesehatan dan jaminan hari tua bagi setiap pekerja dan karyawan.

Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan atau BPJS memang sedang terus memaksimalkan pelayanan mereka, termasuk BPJS Ketenagakerjaan.

Salah satu inovasi pelayanan yang diluncurkan saat ini adalah Aplikasi BPJSTK Mobile yang diperuntukkan bagi para pesertanya agar semakin mudah dalam mengecek Saldo JHT.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Fitur Aplikasi BPJS Ketenagakerjaan

Tidak hanya mempermudah dalam mengecek saldo JHT, para peserta penerima manfaat BPJS Ketenagakerjaan juga dipemudah dengan fitur lain yang disediakan didalamnya, seperti layanan pengaduan, informasi jumlah upah, jumlah karyawan dan lain sebagainya.

Berikut ini beberapa fitur di Aplikasi BPJS Ketenagakerjaan:

  1. Pendaftaran menggunakan Data Kependudukan.
  2. Cek Saldo Jaminan Hari Tua (JHT) secara online, cepat dan akurat.
  3. Simulasi Perhitungan Jaminan Hari Tua (JHT).
  4. Informasi Program.
  5. Informasi Pusat Layanan dan Sosial Media.
  6. Informasi Kantor Cabang.
  7. Layanan Pengaduan.

 

Jangan Cairkan Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan, Kalau Anda Masih Muda Jaminan Hari Tua bukan Jaminan Hari Muda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Investasi untuk Pensiun di Program JHT BPJS Ketenagakerjaan]

 

Aplikasi BPJS Ketenagakerjaan atau BPJSTK Mobile ini merupakan teknologi Aplikasi Pelayanan sebagai bentuk perluasan media layanan informasi Program BPJS Ketenagakerjaan yang memudahkan para pesertanya untuk dapat mengakses dimanapun dan kapanpun melalui ponsel Android.

 

Cara Daftar Akun Aplikasi BPJS Ketenagakerjaan

Penasaran ingin segera menikmati layanan fiturnya dan mengecek saldo JHT Anda?

Sebelum Anda menikmati setiap fitur yang disediakan, Anda perlu membuat akun terlebih dahulu di BPJS Ketenagakerjaan dengan menggunakan nomor KPJ yang tertera di kartu JAMSOSTEK atau BPJSTK Anda.

Kabar Gembira! Bayar BPJS Ketenagakerjaan Semakin Mudah dan Praktis 01 - Finansialku

[Baca Juga: Program Jaminan Hari Tua BPJS Ketenagakerjaan]

 

Sebagai informasi, Aplikasi BPJS Ketenagakerjaan ini dapat digunakan pada IOS, OS Android dan juga Blackberry.

Berikut cara daftar akun Aplikasi BPJS Ketenagakerjaan:

  1. Download dan install Aplikasi BPJS Ketenagakerjaan melalui Google Play Store.
  2. Buka Aplikasi BPJS Ketenagakerjaan yang telah di-install.
  3. Pada layar Anda akan tertera syarat dan ketentuan, Anda hanya klik kolom setuju dan terima.
  4. Pilih “Daftar baru” dan masukkan nama lengkap serta alamat email Anda yang aktif. Disarankan untuk menggunakan alamat email pribadi, bukan alamat email perusahaan atau kantor Anda.
  5. Setelah itu, Anda perlu mengecek Inbox pada email Di tahap ini, pihak BPJS Ketenagakerjaan mengirimkan PIN.
  6. Jika PIN belum terkirim pada Inbox email, Anda dapat klik “KIRIM ULANG PIN” pada layar Aplikasi BPJS Ketenagakerjaan.
  7. Masukkan PIN tersebut ke dalam form Aplikasi BPJS Ketenagakerjaan, lalu KIRIM.
  8. Anda dapat mengubah PIN yang telah diberikan oleh Pihak BPJS Ketenagakerjaan tersebut.
  9. Sebaiknya gunakan PIN (Angka) yang mudah Anda ingat.
  10. Pilih menu LAYANAN JHT, lalu isi data yang diminta, seperti Nomor KPJ (nomor ini tertera pada Kartu JAMSOSTEK atau BPJS Ketenagakerjaan), tanggal lahir, nama lengkap serta PIN yang sudah Anda ubah sebelumnya.
  11. Jika Anda sudah mengisi semua data yang diminta, klik KIRIM.
  12. Sebagai langkah terakhir, Anda perlu memasukkan nomor handphone Anda yang aktif (sebaiknya nomor ini adalah nomor tetap yang tidak gonta-ganti).
  13. Setelah itu, masukkan kode verifikasi yang telah di SMS-kan ke nomor handphone
  14. Pada tahap ini, Anda telah berhasil menyelesaikan semua tahap pendaftaran dan pengaktifan Aplikasi BPJS Ketenagakerjaan Mobile Anda.

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

 

Dengan menggunakan Aplikasi BPJS Ketenagakerjaan Mobile, Anda tidak perlu repot lagi harus datang ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan untuk sekadar mengecek saldo Jaminan Hari Tua (JHT) Anda.

 

Anda Harus Tahu – Kendala Pencairan Saldo Jaminan Hari Tua

Tahukah Anda bahwa saldo Jaminan Hari Tua Anda dapat diambil sewaktu-waktu apabila Anda membutuhkannya?

Namun, Tim Finansialku tidak menganjurkan Anda untuk mencairkan saldo ini jika Anda belum memasuki masa pensiun.

Namun, jika memang dalam keadaan finansial yang mendesak, saldo JHT memang bisa jadi alternatif terakhir untuk digunakan. Sebelum dicairkan, Anda perlu mengetahui beberapa kendala proses pencairan saldo Jaminan Hari Tua Anda.

 

#1 Kartu Kepesertaan Hilang

Untuk kartu peserta hilang, solusinya adalah dengan membuat surat keterangan hilang dari kepolisian. Surat tersebut nantinya akan menggantikan kartu Jamsostek/BPJS TK yang hilang. Tapi jangan lupa cantumkan nomor KPJ dalam surat keterangan hilang tersebut.

 

#2 Paklaring Hilang

Seandainya paklaring hilang, solusinya adalah meminta ulang dibuatkan paklaring atau surat keterangan telah berhenti bekerja dari perusahaan yang bersangkutan.

Jika perusahaan sudah tutup, solusi lainnya bisa meminta surat keterangan tidak bekerja dari Disnaker setempat.

Tapi jika memiliki status fan page resmi BPJS Ketenagakerjaan, untuk paklaring hilang bisa membuat surat keterangan dari pihak kepolisian, dengan mencantumkan nama perusahaan tempat bekerja dalam surat keterangan hilang tersebut.

tahukah-anda-ada-4-jaminan-bpjs-ketenagakerjaan-bpjs-tk-untuk-karyawan-finansialku

[Baca Juga: Apakah Orangtua Perlu Memikirkan Harta Warisan untuk Anak Cucu?]

 

#3 Tidak Punya Buku Tabungan

Bagi yang tidak memiliki tabungan, solusinya tentu saja segera membuat tabungan di bank. Membuka rekening bank tidaklah susah. Dan bank-nya pun bisa bank apa saja.

 

#4 Tidak Punya Kartu Keluarga

Kartu Keluarga sangat diperlukan untuk validitas data-data kependudukan peserta BPJS TK yang mau mencairkan JHT. Tanpa membawa Kartu Keluarga, keinginan untuk mengambil uang JHT tak akan terkabulkan.

Jadi, bagi yang tidak atau belum mempunyai Kartu Keluarga, solusinya segera buat Kartu Keluarga. Lagi pula Kartu Keluarga memang diperlukan dalam berbagai kepentingan administrasi lainnya.

 

#5 Tidak Punya KTP

Kartu Tanda Penduduk (KTP) juga berkas yang harus dibawa ketika mau mencairkan dana JHT. Tapi bagaimana jika tidak punya KTP?

Solusinya bagi yang tidak punya KTP adalah dengan menggunakan SIM.

coba-cek-manfaat-bpjs-ketenagakerjaan-untuk-freelance-1-finansialku

[Baca Juga: Konsultasi: Bagaimana Cara Melunasi Hutang Warisan Keluarga?]

 

#6 Akun Masih Aktif

Mulai 1 September 2015, semua peserta BPJS TK bisa mencairkan uang JHT-nya dengan syarat sudah berhenti kerja dan melewati masa tunggu selama satu bulan.

Karena sudah berhenti bekerja, seharusnya dalam masa tunggu satu bulan tersebut akun BPJS TK sudah non aktif. Artinya, sudah tidak ada setoran iuran lagi.

Masalahnya, entah karena apa, terkadang walaupun kita sudah berhenti kerja, akun BPJS TK tetap aktif. Setiap bulannya perusahaan masih melakukan pembayaran iuran.

Kejadian seperti ini ada untungnya sekaligus ada juga ruginya.

Untungnya, saldo uang JHT kita terus bertambah, padahal kita sudah berhenti bekerja, sebab perusahaan tanpa sadar masih masih membayarkan iuran.

Siapkan Syarat Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan dan Kenali Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan Sekarang 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apa yang Harus Dilakukan Jika Mendapat Warisan?]

 

Ruginya, kita jadi tidak bisa mencairkan uang JHT. Karena akun BPJS TK masih aktif, kita jadi dianggap belum berhenti bekerja. Selain itu, kita juga dipaksa harus mengkoreksi ulang paklaring, karena gara-gara akun masih aktif itu juga, tanggal berhenti bekerja yang tertulis di paklaring tentu menjadi tidak valid.

Solusi untuk kasus peserta BPJS TK yang akunnya masih aktif padahal sudah berhenti bekerja, adalah dengan menghubungi pihak perusahaan tempat dulu bekerja.

Katakan saja agar menghentikan setoran. Kemudian jangan lupa meminta mereka untuk mengoreksi tanggal berhenti bekerja pada paklaring.

Biasanya, pihak perusahaan cuma mencoret tanggal yang salah tadi dengan pena, lalu di bawahnya ditulis tanggal yang benar, terus diberi stempel perusahaan.

 

#7 Data Kependudukan Tidak Cocok

Data-data kependudukan yang tidak sama antara berkas yang satu dengan berkas yang lainnya juga bisa menjadi kendala dalam pencairan uang JHT.

Apalagi kalau perbedaannya cukup fatal, bisa-bisa pengajuan klaim JHT untuk sementara akan ditolak, sampai ada koreksi dari pihak-pihak terkait.

Misalnya, tanggal bulan dan tahun lahir yang tercantum di KPJ berbeda dengan yang tercantum di KTP. Nama yang tertera di paklaring tidak sama dengan nama yang ada di kartu keluarga.

Solusi untuk masalah ini adalah melihat berkas mana yang data-datanya benar dan berkas mana yang data-datanya salah. Jika berkas yang data-datanya salah adalah berkas dari perusahaan, misalnya paklaring.

Jangan Gunakan Jasa Calo BPJS Ketenagakerjaan untuk Cairkan Saldo Jamsostek dan JHT Anda! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali Program BPJS Ketenagakerjaan dan Rasakan Manfaatnya!]

 

Kita hanya perlu mendatangi perusahaan untuk mengkoreksinya. Jika berkas yang data-datanya salah adalah data kependudukan, misalnya KTP atau KK. Kita hanya perlu meminta surat keterangan dari kelurahan.

Itulah beberapa kendala yang sering ditemukan dalam proses pencairan uang JHT Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan. Tapi semua kendala-kendala itu tidak akan membuat kita tidak bisa mengambil uang JHT kita, semua bisa dicari solusi atau jalan keluarnya.

 

Manfaatkan Aplikasi BPJS Ketenagakerjaan Sekarang!

Pada dasarnya, pihak BPJS Ketenagakerjaan melakukan pengecekan bukan untuk mempersulit peserta BPJS TK mengambil hak-nya, tapi untuk memastikan uang JHT benar-benar diterima oleh pihak yang benar.

Gunakan fitur dari Aplikasi BPJS Ketenagakerjaan untuk memudahkan Anda dalam mengecek setiap kebutuhan perihal keanggotaan Anda dalam BPJS Ketenagakerjaan.

 

Bagikan pengalaman Anda dalam menggunakan Aplikasi BPJS Ketenagakerjaan melalui kolom yang tersedia di bawah ini. Apakah Anda mengalami kesulitan dalam pengoperasiannya?

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Cara Download Aplikasi BPJS Ketenagakerjaan di Android. Caracekterbaru.com – https://goo.gl/YL8Y9u
  • Sugiri. 16 Agustus 2015. Registrasi / Aktivasi BPJS Ketenagakerjaan dengan Aplikasi Android. Sugiri.net –  https://goo.gl/aRZUFx
  • Kusnendar. Cara Daftar Akun BPJS Ketenagakerjaan untuk Cek Saldo Online Via HP Android. Kusnendarweb.id – https://goo.gl/6Q4sLi
  • Admin. Aplikasi BPJS Ketenagakerjaan untuk Android. Androidcourt.com – https://goo.gl/2in94m

 

Sumber Gambar:

  • Aplikasi BPJS Ketenagakerjaan – https://goo.gl/vwuZrR dan https://goo.gl/12zdey

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

By | 2017-09-13T15:41:02+00:00 September 13th, 2017|Categories: BPJS, BPJS Ketenagakerjaan|Tags: , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download