Main badminton bisa bikin awet muda dan berat badan turun? Siapa yang enggak mau? Ada banyak manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dari bermain olahraga badminton satu ini!

Ketahui manfaatnya dengan menyimak rubrik Finansialku berikut ini! Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Olahraga Badminton Bermanfaat bagi Kesehatan

Siapa yang tak kenal dengan olahraga yang menggunakan raket, kok, dan juga net ini.

Badminton atau yang juga dikenal dengan nama olahraga bulu tangkis memang menjadi salah satu olahraga yang digemari di Tanah Air, bahkan tingkat dunia.

Terbukti dengan adanya pertandingan olahraga tingkat dunia yang mengusung olahraga ini.

Tidak hanya menghasilkan secara komersil, tetapi juta menghasilkan kesehatan bagi mereka yang melakukan olahraga ini.

Selain mudah dimainkan, badminton bisa dilakukan di mana saja, bahkan solo sekalipun, pemainnya bisa melakukan serving ke tembok dan latihan sendiri.

Badminton dipercaya membuat tubuh semakin bugar karena tubuh akan berkeringat dengan setiap gerakan-gerakan yang harus dihasilkan oleh pemainnya.

Sebelum melanjutkan pembahasan, di samping sehat jasmani dengan melakukan olahraga badminton, tentu Anda juga mau kan sehat secara finansial?

Ada baiknya untuk rutin melakukan cek kesehatan finansial Anda sebelum mengalokasikan dana Anda untuk memenuhi kebutuhan

Jika ingin mudah, manfaatkan fitur Financial Health Check Up dari aplikasi Finansialku saja.

Untuk langkah-langkahnya jangan bingung, berikut ini video tutorial singkatnya yang telah dipersiapkan oleh Finansialku:

 

Bagaimana? Mudah bukan?

Manfaatkan pula fitur lainnya yang telah disediakan dalam aplikasi Finansialku. Segera download aplikasinya melalui Google Play Store atau lakukan registrasi melalui PC.

Dapatkan potongan harga berlangganan hingga Rp50.000 dengan kode promo: POTONG50RIBU untuk menjadi member Premium agar Anda bisa berkonsultasi tanpa batas dengan Konsultan Keuangan Bersertifikat dari Finansialku.

Nah, jika ingin jauh lebih memahami mengenai perencanaan keuangan, dapatkan pengetahuannya melalui buku yang telah ditulis oleh CEO sekaligus CFP ternama dari Finansialku.

Ingin memiliki bukunya? Jangan lupa klik di bawah ini ya!

Review Buku Make A Plan And Get Your Financial Dreams Come True 02 - Finansialku

Klik Di Sini!

 

Sederet Manfaat Olahraga Badminton Bagi Kebugaran

Tahukah Anda ada banyak manfaat kesehatan yang akan Anda tuai dengan bermain olahraga badminton? Ini dia ulasannya!

 

#1 Menurunkan Berat Badan

Badminton termasuk dalam olahraga kardio yang juga bermanfaat dalam menurunkan berat badan.

Sudah tahu kan kalau berat badan yang terlalu gemuk akan membuat tubuh tidak sehat karena lemak jahat tertimbun dalam tubuh kita?

Olahraga yang tergolong dalam olahraga kardio ini jika kita lakukan secara rutin akan membawa hasil yang signifikan bagi turunnya berat badan kita.

Melakukan olahraga badminton secara rutin akan membuat otot jantung semakin kita dan pembuluh darah pun secara otomatis akan semakin lancar dalam mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

Dengan demikian oksigen yang dibawa oleh aliran darah dapat terdistribusi dengan baik ke seluruh bagian tubuh.

Selain itu, metabolisme juga akan bekerja dengan lebih efektif untuk menjaga kebugaran tubuh dan membuat setiap sel dalam tubuh dapat membakar lemak.

Badminton 02 - Finansialku

[Baca Juga: Para Mahasiswa, Miliki 24 Prinsip Menjadi Orang Sukses di Usia Muda]

 

Di samping itu, karena berat badan bisa jadi lebih ideal, tentunya penyakit obesitas pun tidak akan menyerang lho.

Olahraga badminton bisa jadi salah satu olahraga yang menangkal risiko obesitas.

Dilansir dari Bola.com, British Heart Foundation melaporkan bahwa seseorang berusia 50 tahun dengan berat 70 kilogram mampu membakar 350 kalori hanya dengan satu jam bermain bulutangkis. Kerena ya!

Dengan demikian, olahraga ini diyakini mampu membakar kalori paling banyak ketimbang dengan berlari, menyelam, maupun olahraga sepak bola, yakni mencapai 450 kalori per jam.

 

#2 Mencerahkan Kulit & Awet Muda

Mau kulit yang semakin cerah dan awet muda? Badminton bisa jadi salah satu opsi olahraga yang dapat Anda lakukan.

Olahraga ini dipercaya dapat membuat kulit menjadi cerah secara alami.

Dengan olahraga badminton, keringat akan keluar secara efektif dan kotoran yang menghalangi pori-pori di kulit akan secara alami keluar sehingga membuat kulit semakin bersih.

Selain itu, ketika energi dan darah dapat mengalir dengan lancar di dalam tubuh, maka kulit pun akan terlihat semakin cerah dan sehat secara alami.

 

#3 Terhindari dari Penyakit Berbahaya

Seperti yang telah dipaparkan dalam poin pertama, olahraga badminton yang dilakukan secara rutin dapat menghindarkan kita dari berbagai penyakit mematikan yang membahayakan tubuh seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dan juga obesitas.

Dengan melakukan olahraga ini, kolesterol baik (HDL) akan semakin ditingkatkan dan mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah.

Berdasarkan studi yang dilansir dari Diabetes Prevention Program, telah dibuktikan melalui penelitian mereka bahwa olahraga dapat menurunkan risiko diabetes hingga 58 persen, dibanding dengan pengobatan diabetes dari dokter.

Dengan berkeringat ketika bermain badminton, hal ini dapat membuat racun di dalam tubuh secara otomatis dan alami dibuang keluar dari dalam tubuh, sehingga membuat tubuh menjadi semakin ringan dan bebas dari kotoran yang telah didetoksifikasi dengan baik.

Badminton 03 - Finansialku

[Baca Juga: 16 Cara Berpikir Positif Saat Menghadapi Tantangan yang Perlu Kita Praktikkan]

 

#4 Menguatkan Otot & Sendi

Olahraga badminton mengharuskan para pemainnya untuk bergerak dengan aktif menggunakan hampir seluruh anggota tubuhnya untuk melakukan berbagai gerakan yang membuat keringat bisa membanjiri tubuh.

Otot dan persendian tubuh akan memainkan perannya dengan baik dan tentunya akan membuat bagian-bagian tubuh tersebut bergerak dengan leluasa dan membuatnya semakin kuat.

Ketika melakukan olahraga badminton, tentu pemain akan melompat, berlari, menunduk dan melakukan berbagai gerakan yang akan melatih kekuatan otot serta persendian, dari otot betis, bokong, panggul, paha hingga pinggul.

Selain itu, otot lengan dan punggung juga akan memainkan perannya saat melakukan gerakan pukulan dan menggerakkan raket.

Otot yang kuat akan memicu kesehatan persendian secara otomatis. Otot dan persendian yang kuat serta fleksibel akan menghindarkan kita dari berbagai risiko cidera saat melakukan olahraga ataupun saat beraktivitas sehari-hari.

Selain itu, penyakit arthritis yang melemahkan pergerakan dan membuat nyeri pada sendi tidak akan kita alami.

 

#5 Menjaga Kepadatan Tulang

Penyakit osteoporosis menyerang mereka yang memiliki tulang yang tidak padat dan lemah.

Bagi mereka yang senang bermain badminton, kepadatan tulang akan terjaga bahkan kekuatan tulang akan semakin meningkat sehingga osteoporosis terhindarkan.

Semakin bertambahnya usia, biasanya risiko terkena osteoporosis akan semakin besar.

Menurut pendapat pakar tulang, Jane Taylor dari Inggris, dampak mengayunkan raket dan melompat-lompat membantu meningkatkan kepadatan tulang secara yang alami.

Oleh sebab itu, semasa masih muda, sangat disarankan untuk melakukan olahraga, termasuk salah satunya olahraga badminton yang direkomendasikan untuk menjaga kepadatan tulang dan meningkatkan aktivitas sel pembentuk tulang.

Jonatan Christie 04 - Finansialku

[Baca Juga: Bong Chandra: “Insting Terbentuk dari Beberapa Kali Kesalahan” Baca 40 Kata Bijak Lainnya]

 

#6 Meningkatkan Fungsi Kognitif Otak

Tidak hanya fisik yang bergerak dan menjadi sehat, tetapi juga mengasah otak.

Dengan bermain olahraga badminton, dilansir dari Hellosehat, volume aliran darah akan meningkat pesat dari jantung ke otak selama Anda aktif bergerak. Ini dapat meningkatkan kerja saraf dan meningkatkan massa otak.

Dalam sebuah penelitian mengungkapkan fakta bahwa kemampuan nalar seseorang yang melakukan olahraga kardio selama 30 menit per hari setidaknya 5 kali dalam seminggu seperti badminton secara drastis akan meningkat.

Ketika bermain di lapangan, kemampuan kognitif membantu kita dalam berlari untuk mengejar kok, menangkis dan memprediksi serangan lawan dan melakukan modifikasi atau strategi yang akan dilakukan.

 

#7 Mengurangi Stres

Tidak hanya kebugaran secara fisik, ternyata melakukan olahraga badminton bermanfaat bagi kesehatan mental dimana otak akan melepaskan hormon mood bahagia dalam jumlah yang banyak.

Ada banyak hormon mood bahagia yang berperan seperti yang dilansir dari Hellosehat, antara lain hormon endorphin, dopamine, serotonin dan triptofan yang berguna untuk menggantikan hormon pemicu stres, seperti hormon kortisol dan epineprin.

Dengan bekerjanya hormon bahagia, maka hormon pemicu stress akan semakin ditekan dan menciptakan pikiran yang positif yang mampu memperbaiki kualitas tidur dan berdampak pada kesehatan serta kebugaran tubuh.

Saat bermain badminton, perasaan senang saat berinteraksi dengan teman main juga akan muncul.

Interaksi sosial saat bermain bersama akan terjalin seperti mengobrol, bertukar pikiran dan tertawa bersama. Kondisi menyenangkan ini tentunya menurunkan tingkat stress.

Jonatan Christie 02 - Finansialku

[Baca Juga: 6 Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan, Tanpa Merusak Keuangan Perusahaan]

 

#8 Menambah Usia

karena mengurangi tingkat stress dan menekan risiko berbagai penyakit berat seperti jantung, darah tinggi, diabetes dan obesitas, tentunya angka harapan hidup akan semakin tinggi sehingga olahraga badminton dapat menambah atau memperpanjang usia.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa bermain bulu tangkis setidaknya 30 menit saja setiap harinya akan menekan risiko kematian hingga 23 persen lho.

Mau umur panjang? Main badminton tiap hari yuk!

 

#9 Meningkatkan Kekuatan Kaki

Selain tulang yang padat dan persendian yang semakin sehat, setiap gerakan yang dihasilkan saat bermain badminton sangat ampuh dalam meningkatkan dan membentuk kekuatan kaki.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Inggris, banyak gerakan yang dilakukan saat bermain olahraga badminton dapat menghasilkan kekuatan yang sangat baik pada kaki.

Sepatu Olahraga 03 - Finansialku

[Baca Juga:  Kata-kata Bijak Peter Drucker yang Dapat Mengubah Bisnis sekaligus Mengubah Dunia]

 

#10 Melatih Gerak Reflek

Bermain badminton membutuhkan kecepatan dan reflek yang sigap, sebuah kerjasama yang kompleks antara sistem kerja otak, syaraf dan otot yang menghasilkan ketepatan serta kecepatan dan bahkan kekuatan ketika melakukan smash.

Olahraga badminton secara langsung akan meningkatkan daya kognitif seseorang untuk bisa melakukan gerakan-gerakan reflek yang terkombinasi dengan baik sehingga saraf sensorik dan motorik berkolaborasi dengan baik.

 

Olahraga itu Penting

Menjaga kesehatan tidak harus selalu mahal. Hanya dengan bermodalkan raket dan juga kok, Anda sudah bisa melakukan badminton.

Olahraga bisa dikatakan sebagai aktivitas favorit yang tidak membutuhkan biaya yang besar.

Manfaat yang akan kita dapat pun nyatanya jauh lebih banyak dan berharga. Maka dari itu, yuk lakukan olahraga mulai saat ini juga!

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Apakah badminton merupakan olahraga favorit Anda? Manfaat apa yang Anda dapatkan dari olahraga ini?

Tuliskan tanggapan dan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini! Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Novie Rachmayanti. 7 Oktober 2019. 5 Manfaat Olahraga Badminton Secara Rutin, Bisa Bikin Awet Muda. Bola.com – https://bit.ly/2Bh5AXS
  • Yusra Firdaus. 5 Manfaat Main Bulu Tangkis yang Bakal Bikin Anda Makin Semangat Berolahraga. Hellosehat.com – https://bit.ly/2BfUh2e
  • Yuli Yana. 11 Februari 2015. 20 Manfaat Bermain Bulu Tangkis Bagi Tubuh dan Kesehatan. Manfaat.co.id – https://bit.ly/32nKzGX

 

Sumber Gambar:

  • Badminton 1 – http://bit.ly/2pdUvUX
  • Badminton 2 – http://bit.ly/2ML54b9
  • Badminton 3 – http://bit.ly/2MLu9CJ