Badan Usaha Milik Negara (BUMN) diciptakan untuk memaksimalkan setiap peluang yang dimiliki oleh sebuah negara, khususnya BUMN jasa keuangan dan asuransi.

Mau tau BUMN apa saja yang bergerak di bidang tersebut?

Simak ulasan selengkapnya dalam artikel Finansialku berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Peran BUMN Keuangan dan Asuransi Untuk Negeri

Apakah Anda bekerja di BUMN?

Berbicara tentang Badan Usaha Milik Negara (BUMN) erat kaitannya dengan sebuah pekerjaan yang bergengsi di mata masyarakat.

BUMN terdiri dari beragam jenis, ada yang bergerak di bidang konstruksi, jaringan telekomunikasi, transportasi, keuangan, dan masih banyak lagi.

Kali ini saya akan fokus membahas BUMN yang bergerak dibidang keuangan dan asuransi, karena ternyata masih banyak lho masyarakat yang belum tahu apa saja BUMN yang bergerak di bidang ini.

Ternyata BUMN yang bergerak di bidang keuangan dan asuransi memang dibuat atau dibentuk khusus untuk mengelola, mengembangkan, dan memaksimalkan pontensi keuangan dalam negeri, termasuk asuransi.

BUMN-BUMN ini punya wewenang untuk meluncurkan kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan keuangan dan asuransi.

Namun, semua tetap berada di bawah pengawasan pemerintahan, tepatnya di bawah kementerian BUMN.

Jadi jika Anda ingin melihat bagaimana perkembangan keuangan dan asuransi di Indonesia, coba saja lihat bagaimana BUMN yang bergerak di bidang tersebut.

 

“Iya tapi saya tidak tahu apa saja BUMN yang bergerak di bidang ekonomi dan asuransi”

Baiklah, jika begitu saya akan coba jelaskan secara singkat, perusahaan apa saja yang bergerak di bidang keuangan dan asuransi.

Kenali dan Pahami Ciri-ciri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali dan Pahami Ciri-ciri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia]

 

Atur arus kas Anda dengan rapi, teratur dan tidak ribet dengan menggunakan Aplikasi Finansialku.

Aplikasi ini dapat memudahkan Anda dalam pencatatan pendapatan, alokasi pengeluaran, anggaran bulanan, persiapan dana seperti liburan, membeli barang atau pernikahan, dan berbagai fitur lainnya yang membuat pencatatan finansial Anda semakin baik.

Setelah Anda memiliki semua fakta tersebut, Anda dapat memutuskan bagaimana mulai menumbuhkan uang Anda.

Jika uang Anda ingin dialokasikan untuk membangun keuntungan melalui investasi dengan cara yang tepat, bangun dasar pengetahuan Anda dengan mendengarkan tayangan cara berinvestasi yang benar dalam channel Youtube Finansialku.

Anda juga bisa mendaftar seminar atau meminta nasihat dari penasihat keuangan terpercaya, salah satunya Penasihat Keuangan Finansialku.

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

16 BUMN yang Bergerak di Bidang Keuangan dan Asuransi

Setidaknya ada 23 perusahaan yang tercatat sebagai Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang keuangan dan asuransi, yaitu:

 

#1 PT Jamsostek (Persero)

Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja) adalah suatu lembaga yang diselenggarakan oleh pemerintah yang melindungi pekerja agar kebutuhan minimal mereka serta keluarga dapat terpenuhi.

Jamsostek berdiri pada tahun 1995, kemudian di tahun 2014, PT Jamsostek berubah nama menjadi BPJS Ketenagakerjaan.

Jadi untuk kalian para karyawan tentunya tidak asing bukan dengan Jamsostek atau BPJS Ketenagakerjaan.

Karena biasanya kalian sudah didaftarkan menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan oleh pihak kantor.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#2 PT Taspen (Persero)

PT Taspen (Persero) atau Tabungan dan Asuransi Pensiun adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di bidang asuransi tabungan hari tua dan dana pensiun Pegawai Negeri Sipil.

Taspen adalah singkatan dari Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri. Jika Anda seorang PNS atau orang tua Anda PNS pasti akan bersinggungan dengan PT Taspen ketika pensiun nanti.

 

#3 PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero)

PT Reasuransi Indonesia Utama, dahulu bernama PT Reasuransi Internasional Indonesia atau sering disingkat ReINDO.

Perusahaan asal Indonesia ini berbentuk perseroan terbatas (PT) yang bergerak di bidang reasuransi yang berhubungan dengan jiwa, kerugian, dan syariah.

ReINDO adalah anak perusahaan badan usaha milik negara PT Reasuransi Umum Indonesia (Persero).

BUMN Jasa Keuangan dan Asuransi 02 (PT Reasuransi Internasional Indonesia) - Finansialku

[Baca Juga: Begini Korelasi Harga Minyak terhadap Ekonomi Dunia]

 

#4 Perusahaan Pengelola Aset (Persero)

PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero) (“PPA”) didirikan pada 27 Februari 2004 melalui Peraturan Pemerintah No. 10 Tahun 2004.

Perusahaan ini merupakan sebuah perseroan yang mengemban tugas utama untuk mengelola aset-aset eks Badan Penyehatan Perbankan Nasional (“BPPN”), baik aset kredit, saham maupun properti.

Setelah empat tahun berjalan, melalui Peraturan Pemerintah No. 61 Tahun 2008 tanggal 4 September 2008, Pemerintah memperluas maksud dan tujuan PPA dengan menambah ruang lingkup tugas baru menjadi sebagai berikut:

  • Pengelolaan aset eks BPPN.
  • Restrukturisasi dan/atau revitalisasi Badan Usaha Milik Negara.
  • Kegiatan investasi.
  • Kegiatan pengelolaan aset Badan Usaha Milik Negara.

 

#5 PT Permodalan Nasional Madani (Persero)

PT Permodalan Nasional Madani atau disingkat PNM adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di bidang jasa keuangan.

Perusahaan ini didirikan pada tanggal 1 Juni 1999 dan bertujuan membantu pengembangan usaha mikro, kecil, menengah, dan koperasi.

 

#6 PT Pegadaian (Persero)

Pegadaian adalah sebuah BUMN sektor keuangan Indonesia yang bergerak pada tiga lini bisnis perusahaan yaitu pembiayaan, emas dan aneka jasa.

BUMN yang satu ini pasti Anda sudah tidak asing lagi kan? Anda pasti sering menjumpai cabang-cabang kantor Pegadaian.

Perusahaan umum Pegadaian adalah satu-satunya badan usaha di Indonesia yang secara resmi mempunyai izin untuk melaksanakan kegiatan lembaga keuangan.

Lembaga keuangan yang dimaksud menyangkut pembiayaan dalam bentuk penyaluran dana ke masyarakat atas dasar hukum gadai seperti dimaksud dalam Kitab Undang-undang Hukum Perdata Pasal 1150 di atas.

 

#7 PT PANN Multi Finance (Persero)

PT PANN Multi Finance (dahulu PT Pengembangan Armada Niaga Nasional (Persero)), yang lebih dikenal dengan singkatan PT PANN, adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di bidang pembiayaan kapal.

PT PANN didirikan Mei 1974 sebagai alternatif lembaga keuangan non-bank khusus untuk membiayai pembelian kapal, dengan tujuan mengembangkan pelayaran nasional.

Bisnis PT PANN fokus pada pembiayaan kapal-kapal niaga nasional dengan fokus pembiayaan kepada perusahaan pelayaran kelas menengah ke bawah.

BUMN Jasa Keuangan dan Asuransi 03 (PT PANN Multi Finance (Persero)) - Finansialku

[Baca Juga: LinkAja! BUMN Siap Ramaikan Pasar Fintech Indonesia]

 

#8 PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero)

PT Kliring Berjangka Indonesia didirikan pada tanggal 25 Agustus 1984, yang merupakan salah satu otoritas pada industri berjangka dan derivatif di Indonesia.

Saat ini sahamnya dimiliki secara penuh oleh Pemerintah Republik Indonesia.

KBI saat ini adalah sebagai pelaksana kliring dan penjaminan penyelesaian atas transaksi yang terjadi di Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) serta transaksi-transaksi yang terjadi di luar bursa yang dilakukan oleh anggota-anggotanya.

 

#9 PT Danareksa (Persero)

PT Danareksa adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak dibidang jasa keuangan.

Perseroan terbatas yang didirikan pada tahun 1976 ini melakukan kegiatan utama di bidang pasar modal dan pasar uang.

Kegiatannya antara lain sebagai perusahaan pembiayaan, perantara pedagang efek, penjamin emisi efek, serta pengelolaan investasi dan reksadana.

Danareksa juga melakukan usaha yang biasa dilakukan oleh perusahaan amanat (trust fund), seperti pengeluaran surat berharga yang dikaitkan dengan portofolio dari suatu perusahaan.

 

#10 PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero)

PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) atau disingkat BKI adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang ditunjuk sebagai satu-satunya badan klasifikasi nasional untuk melakukan pengkelasan kapal niaga berbendera Indonesia maupun asing yang secara reguler beroperasi di perairan Indonesia.

Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) menjadi badan klasifikasi ke-4 di Asia setelah Jepang, China dan Korea.

BKI menjadi satu-satunya badan klasifikasi nasional yang bertugas untuk mengklaskan kapal-kapal niaga berbendera Indonesia dan kapal berbendera asing yang secara reguler beroperasi di perairan Indonesia.

 

#11 PT Bank Tabungan Negara (Persero)

Bank Tabungan Negara atau BTN adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang berbentuk perseroan terbatas dan bergerak di bidang jasa keuangan perbankan.

Cikal bakal BTN dimulai dengan didirikannya Postspaarbank di Batavia pada tahun 1897.

Pada tahun 1942, sejak masa pendudukan Jepang di Indonesia, bank ini dibekukan dan digantikan dengan Tyokin Kyoku atau Chokinkyoku.

Setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia bank ini diambil alih oleh pemerintah Indonesia dan diubah menjadi Kantor Tabungan Pos.

Nama dan bentuk perusahaan selanjutnya berubah beberapa kali hingga akhirnya pada tahun 1963 diubah menjadi nama dan bentuk resmi yang berlaku saat ini.

BUMN Jasa Keuangan dan Asuransi 04 (PT Bank Tabungan Negara (Persero)) - Finansialku

[Baca Juga: Lowongan Kerja BUMN: Daftar Perum Perumnas Sebelum Terlambat!]

 

#12 PT Bank Rakyat Indonesia (Persero)

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk (BRI atau Bank BRI) adalah salah satu bank milik pemerintah terbesar di Indonesia.

Sejak 1 Agustus 1992 berdasarkan Undang-Undang Perbankan No. 7 tahun 1992 dan Peraturan Pemerintah RI No. 21 tahun 1992 status BRI berubah menjadi perseroan terbatas.

Kepemilikan BRI saat itu masih 100% di tangan Pemerintah Republik Indonesia.

Pada tahun 2003, Pemerintah Indonesia memutuskan untuk menjual 30% saham bank ini, sehingga menjadi perusahaan publik dengan nama resmi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., yang masih digunakan sampai dengan saat ini.

 

#13 PT Bank Negara Republik Indonesia (Persero)

Bank Negara Indonesia (BNI) adalah bank komersial tertua dalam sejarah Republik Indonesia. Bank ini didirikan pada tanggal 5 Juli tahun 1946.

Saat ini BNI mempunyai 1,076 kantor cabang di Indonesia dan 5 di luar negeri.

BNI juga mempunyai unit perbankan syariah. Namun sejak 2010 telah spin off (Memisahkan diri), yang dinamakan BNI Syariah

PT Bank Negara Indonesia Tbk didirikan oleh Margono Djojohadikusumo, yang merupakan satu dari anggota BPUPKI, lalu mendirikan bank sirkulasi/sentral yang bertanggung jawab menerbitkan dan mengelola mata uang RI.

 

#14 PT Bank Mandiri (Persero)

Bank Mandiri adalah bank yang berkantor pusat di Jakarta, dan merupakan bank terbesar di Indonesia dalam hal aset, pinjaman, dan deposit.

Bank ini berdiri pada tanggal 2 Oktober 1998 sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia.

 

#15 PT Asuransi Jiwasraya (Persero)

PT Asuransi Jiwasraya adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di sektor asuransi.

Semula bernama Perusahaan Asuransi Djiwasraya, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 33 tahun 1972.

Tanggal 23 Maret 1973 dengan Akta Notaris Mohamad Ali Nomor 12 tahun 1973, Perusahaan Negara Asuransi Djiwasraya berubah status menjadi Perusahaan Perseroan (Persero) Asuransi Jiwasraya.

Anggaran dasarnya kemudian diubah dan ditambah dengan Akta Notaris Sri Rahayu Nomor 839 tahun 1984 Tambahan Berita Negara Nomor 67 tanggal 21 Agustus 1984 menjadi PT Asuransi Jiwasraya.

Asuransi Jiwasraya Terbitkan Surat Utang Gara-Gara Tunggakan Polis 01 - Finansialku

[Baca Juga: Menelisik Harga Minyak Dunia dari Masa ke Masa]

 

#16 PT Asabri (Persero)

PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Persero) atau disingkat PT ASABRI (Persero), adalah sebuah BUMN yang bergerak dibidang Asuransi Sosial dan pembayaran pensiun khusus untuk Prajurit TNI, Anggota Polri, PNS Kementerian Pertahanan Republik Indonesia dan POLRI.

Ke-16 Badan Usaha Milik Negara ini masih eksis dan terus mengembangkan diri untuk terus memberikan performa terbaik untuk negeri.

Sebetulnya masih ada beberapa perusahaan BUMN yang disebutkan, selebihnya adalah tugas Anda untuk cari tau sisanya ya.

 

Semoga bermanfaat, dan menambah wawasan Anda, jangan lupa share artikel ini sebanyak-banyaknya ya!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. BUMN Jasa Keuangan dan Asuransi. Sahamok.com – http://bit.ly/2vBQNEm
  • Admin. 23 Desember 2015. Profil BUMN. Bumn.go.id – http://bit.ly/2PIKhVu

 

Sumber Gambar:

  • BUMN Jasa Keuangan dan Asuransi 1 – http://bit.ly/2VRebxj
  • BUMN Jasa Keuangan dan Asuransi 2 (PT Reasuransi Internasional Indonesia)) – http://bit.ly/2WfPMAG
  • BUMN Jasa Keuangan dan Asuransi 3 (PT PANN Multi Finance (Persero)) – http://bit.ly/2YG4pem
  • BUMN Jasa Keuangan dan Asuransi 4 (PT Bank Tabungan Negara (Persero)) – http://bit.ly/2QaA7gw