Tahukah kamu apa saja peran dan tugas bagian keuangan di perusahaan?

Bukan hanya memproses gaji aja lho, ternyata bagian keuangan perusahaan juga memiliki pembagian kerja sesuai job desc masing-masing.

Yuk kita cari tahu melalui artikel Finansialku berikut ini! Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Inilah Peran dan Tugas Bagian Keuangan di Perusahaan

Ketika melamar pekerjaan di perusahaan, kualifikasi dan posisi yang dilamar tentu menjadi hal penting untuk diperhatikan.

Meskipun kualifikasi dinilai memenuhi syarat, tapi jika posisi tidak sesuai passion rasanya kamu harus mempertimbangkannya kembali.

Lho kenapa? Alasan yang mendasar karena setiap posisi mempunyai peran dan tugas yang harus dipertanggungjawabkan.

Jangan sampai, karena posisi yang dilamar tidak sesuai passion, kamu pun tidak bersungguh-sungguh dalam bekerja.

Bukannya mencapai target untuk mencapai keuntungan perusahaan, tetapi malah mendatangkan kerugian.

Hal ini jangan disepelekan ya, apalagi jika kamu bekerja pada bidang-bidang vital perusahaan seperti halnya bagian keuangan.

Bicara tentang bagian keuangan, biasanya hal ini identik dengan bidang kerja yang cukup menguras otak dan berisiko tinggi, karena bergelut langsung dengan keuangan perusahaan.

But anyway, ternyata bagian keuangan perusahaan tidak hanya bekerja sendiri lho melainkan ada pembagian tugas untuk mendukung dan melancarkan arus kas keuangan perusahaan.

Peran dan Tugas Bagian Keuangan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Menyelami Bedanya Pekerjaan Event Planner dan Event Coordinator]

 

Tapi sebelum itu, sudahkah Anda melakukan pencatatan keuangan hari ini?

Ingat ya! Pencatatan keuangan sangat penting untuk dilakukan agar Anda bisa melakukan evaluasi pengeluaran dari pemasukan yang Anda miliki.

Selain itu, Anda juga bisa lebih mengontrol arus keuangan setiap harinya. Jika ingin lebih mudah, jangan lupa gunakan aplikasi Finansialku.

Aplikasi Finansialku merupakan aplikasi berbasis website yang sangat membantu Anda untuk melakukan pengelolaan dan perencanaan keuangan, termasuk soal catatan keuangan.

Jika belum memiliki aplikasinya, segera download melalui Google Play Store atau lakukan registrasi terlebih dahulu melalui PC. 

Iklan Perencanaaan Hari Tua - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu melakukan perencanaan keuangan.

Perencanaan keuangan sangat penting untuk dilakukan agar Anda dapat mengetahui hal apa saja yang dapat Anda rencanakan secara keuangan saat ini dan masa mendatang.

Meskipun terlihat mudah, masih saja banyak orang yang melakukan kesalahan saat mempraktikkannya.

Itulah mengapa Anda sangat disarankan untuk mempelajarinya terlebih dahulu. Anda bisa mempelajarinya dari berbagai sumber relevan yang terpercaya, salah satunya ialah ebook Finansialku yang satu ini:

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Di dalamnya terdapat sejumlah pembahasan beserta simulasi yang dapat membantu Anda agar lebih mudah dalam memahaminya.

Tunggu apalagi? Yuk lakukan sekarang juga dan rasakan manfaatnya.

Kini, mari kita kenali beberapa job desk di bagian keuangan, check it out!

 

#1 Accountant

Seorang Accountant ibarat tulang punggung bagian keuangan.

Perannya adalah memastikan operasional berjalan, melengkapi strategi dan menjadi sosok pemimpin.

Accountant juga memiliki beberapa kategori yang terbagi dalam akuntan publik bersertifikat, akuntan pajak, akuntan investasi, dan sebagainya.

Peran objektif seorang Accountant memprediksi tren di pasaran sekaligus mengantisipasi pergerakan harga pasar.

Accountant pun wajib melakukan pelaporan secara akurat, serta membuat rekomendasi keuangan yang sejalan dengan tujuan perusahaan.

Secara profesi, accountant juga harus aktif pada berbagai aktivitas yang dinilai dapat meningkatkan skill sebagai ajang aktualisasi diri, seperti pelatihan, lokakarya, webinar, atau bergabung dengan jaringan komunitas dan asosiasi.

Cara Sederhana Menghitung Penyusutan Aset Beserta Contohnya 03 Akuntansi - Finansialku

[Baca Juga: Prospek Dunia Kerja 2019, Inilah 5 Jenis Pekerjaan yang Banyak Dibutuhkan]

 

#2 Accounting Clerk

Seorang Accounting Clerk sering menjadi peran pendukung yang membantu manajemen menyelesaikan tugas keuangan dan administrasi.

Meskipun sebenarnya di setiap perusahaan posisi Accounting Clerk disesuaikan dengan kebutuhan, tapi ia akan mendapatkan arahan tugas dari manajer keuangan setiap harinya.

Umumnya tugas Accounting Clerk meliputi pengarsipan catatan keuangan, rekonsiliasi laporan bank dan memelihara basis data akuntansi.

Secara keseluruhan, Accounting Clerk melayani peran entry-level.

 

#3 Account Payable

Account Payable ini memiliki artian akun atau transaksi yang dibuat oleh perusahaan untuk dibayar oleh perusahaan, atau dalam kata lain transaksi pengeluaran yang harus dibayarkan oleh perusahaan.

Lebih sederhananya lagi Account Payable ini bisa diartikan transaksi pembelian yang dilakukan oleh perusahaan.

Sebenarnya tidak ada posisi Account Payable di perusahaan, tapi lebih tepatnya Account Payable Staff.

Spesialis keuangan ini memberikan dukungan administrasi dengan memproses, memverifikasi, dan merekonsiliasi faktur, memantau pengeluaran, dan menyimpan catatan semua itu untuk keperluan pajak.

Seorang Account Payable Officer bertanggung jawab untuk memastikan keseimbangan cashflow perusahaan.

Hal ini hanya dapat dilakukan dengan berkoordinasi secara menyeluruh dengan bagian dari supply chain atau rantai supply, seperti bagian Sales Marketing, gudang, Purchasing, dan Account Receivable yang merupakan lawan dari Account Payable.

Kamu Mahasiswa Jurusan Akuntansi Ini 8 Prospek Pekerjaan yang Menjanjikan di Masa Depan Kamu 02 - Finansialku

[Baca Juga: 5+ Tips Menyelesaikan Pekerjaan dengan Efektif]

 

#4 Account Receiveable

Posisi ini memiliki peran yang sangat penting di perusahaan karena bersama Account Payable akan menentukan keseimbangan cashflow dan neraca sebuah perusahaan di mana keduanya memegang peranan sebagai penerima dan pembayar.

Posisi ini berada dalam ranah akuntansi dan sangat erat kaitannya dengan purchasing, storage, dan warehousing.

Namun, karena kurangnya profesionalitas kerja dan demi efisiensi pekerja, terkadang posisi Account Receivable dan Account Payable ini disatukan sehingga banyak sekali pekerja yang berada di posisi ini merasa kesulitan.

Tugas seorang Account Receivable adalah melakukan sistem penagihan secara up to date, sesuai dengan Standar Operasional Perusahaan (SOP).

Penagihan yang up to date memiliki artian, seorang Account Receivable haruslah memiliki informasi teraktual mengenai klien mana saja yang belum membereskan pembayarannya terhadap perusahaan.

 

#5 Chief Financial Officer (CFO)

Apa yang dilakukan CFO? Ketika kamu melihat sebuah perusahaan berkembang pesat, tidak terlepas dari peran pengontrol keuangan.

Yup, itulah salah satu peran penting CFO perusahaan atau bisa dikatakan pakarnya.

CFO bertanggung jawab untuk mengelola staf keuangan baik secara langsung ataupun tidak guna memantau manajemen kas, investasi, asuransi, penganggaran, dan pelaporan keuangan, agar mendorong strategi keuangan perusahaan.

Ketika terjadi krisis di perusahaan yang berkaitan dengan keuangan, maka CFO memiliki andil untuk mengatur strategi keuangan dan manajemen kinerja.

Jika dilihat kesehariannya, CFO bisa mengerjakan pekerjaan yang berbeda tetapi fokusnya tetap untuk masa depan perusahaan.

Inilah 5 Cara Mengelola Akuntansi untuk Bisnis Sampingan Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bekerja Profesional dan Bahagia dalam Menjalani Pekerjaan Anda]

 

#6 Controller

Fungsi seorang Controller berperan mengawasi kesehatan keuangan perusahaan.

Mereka biasanya memelihara, mengelola, dan menganalisis laporan keuangan, penggajian, anggaran, masalah kepatuhan pajak, dan sebagainya.

Bisa disebut pakar keuangan juga, maka Controller pun bekerja di berbagai spektrum industri, untuk perusahaan besar dan kecil.

Dalam lingkungan perusahaan yang lebih besar, Controller seringkali mengawasi tim akuntan untuk memberikan laporan langsung ke CFO.

Lain halnya di perusahaan yang cakupannya kecil, biasanya controller merangkap sebagai Accountant dan bekerja dengan tim panitera untuk melaporkan langsung ke pemilik atau CEO.

Peran penting Controller selain sebagai pengawas, juga membantu mengembangkan dan mendukung strategi operasional jangka pendek dan jangka panjang.

Bahkan andilnya bisa memaksimalkan efisiensi penggajian melalui pengembangan proses yang inovatif.

 

#7 Financial Advisor

Financial Advisor atau FA merupakan salah satu posisi yang sangat penting hampir di segala perusahaan karena berkaitan dengan jasa layanan keuangan.

Salah satu bentuk perusahaan yang memiliki posisi Finacial Advisor (FA) adalah perusahaan asuransi.

FA atau penasihat keuangan tugasnya membantu klien untuk mencapai kebutuhan mereka.

Jika di perusahaan, FA memberikan keterampilan yang diperlukan untuk mempertahankan, mengalokasikan, dan menumbuhkan keuangan perusahaan.

Tanggung jawabnya juga berperan dalam memastikan klien memahami produk perusahaan hingga mampu meningkatkan angka penjualan.

Definisi Akuntansi Adalah 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bingung Saat Pertama Kali Kerja? Ketahui Dulu Tips Memulai Pekerjaan Baru]

 

#8 Financial Analyst

Seorang Analis Keuangan atau Financial Analyst merupakan kontributor fundamental bagi kesehatan fiskal dan kesuksesan banyak perusahaan. Posisi ini juga sering disebut sebagai analis sekuritas atau investasi

Keputusan bisnis memerlukan pemahaman yang mendalam dari berbagai macam faktor yang lebih luas, seperti misalnya kondisi ekonomi dan tren-tren sektoral.

Sehingga wawasan yang dimiliki seorang Financial Analyst dapat membantu dalam pengambilan keputusan pimpinan, seperti membeli atau menjual saham perusahaan berdasarkan pada kekuatan perusahaan.

 

#9 Finance Manager

Finance Manager atau manajer keuangan bertanggung jawab atas kesehatan keuangan organisasi secara keseluruhan.

Bekerja di banyak industri yang berbeda, mereka menghasilkan laporan keuangan, kegiatan investasi langsung, dan mengembangkan strategi dan rencana untuk tujuan keuangan jangka panjang organisasi mereka.

Sehari-hari, para pakar keuangan ini menganalisis data investasi, menyiapkan dokumen keuangan dan laporan bisnis, memastikan transaksi keuangan mematuhi peraturan hukum, dan mencari peluang investasi dan cara untuk memaksimalkan keuntungan.

Dengan pandangan yang terus berkembang ini, mereka menggunakan wawasan mereka untuk membuat rekomendasi keuangan kepada pihak manajemen perusahaan.

Definisi-Sistem-Informasi-Akuntansi-3-Finansialku

[Baca Juga: Games: Liburan Kenapa Tidak Ke Tempat Wisata Budaya Indonesia?]

 

#10 Staff Accountant

Staff Accountant banyak dicari oleh perusahaan yang tentunya menguasai keterampilan akuntansi.

Posisi ini bekerja di bawah pengawasan direktur atau akuntan publik bersertifikat yang berperan melakukan pembukuan umum, laporan keuangan, catatan, dan menyiapkan serta menganalisis anggaran.

Tanggung jawabnya juga dituntut untuk memantau kebijakan dan prosedur perusahaan yang telah ditugaskan, dan mengidentifikasi serta menyarankan perbaikan untuk prosedur pelaporan dan pencatatan akuntansi.

 

Peran Manakah yang Kamu Minati?

Setelah mengulas 10 posisi di bagian keuangan, kira-kira peran manakah yang kamu minati dan sesuai dengan passion?

Jangan lupa, sesuaikan dengan kualifikasi yang dibutuhkan ya dan percaya bahwa karier itu berjenjang dan berproses.

So, tingkatkan kualitas dan kemampuan dirimu supaya kelak bisa mencapai jenjang karier yang tinggi.

Hal ini perlu dibarengi dengan memperkaya pengalaman, networking dan peningkatan skill baik hard skill ataupun soft skill.

Selamat berjuang dan nikmati prosesnya!

 

Sekarang giliran kamu menyebarkan pengetahuan yang dimiliki dengan membagikan artikel ini kepada teman-teman.

Tapi, jika masih ada yang ingin kamu diskusikan jangan ragu untuk tuliskan di kolom komentar ya. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Finance. Business.linkedin.com – https://bit.ly/2HQWlTx
  • Admin. Jobdesk Accounting and Tax Consultant Manager, Tugas dan Tanggung Jawab. Jobdeskchambers.blogspot.com – https://bit.ly/2FTbVvX

 

Sumber Gambar:

  • Peran dan Tugas Bagian Keuangan 1 – http://bit.ly/2IwTdMk
  • Peran dan Tugas Bagian Keuangan 2 – http://bit.ly/2Z9XgE3