Menteri BUMN, Erick Thohir rencanakan bank syariah bakal digabung untuk tujuan market yang lebih sehat.

Yuk simak informasi selengkapnya dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Erick Thohir Bakal Gabungkan Bank Syariah

Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Thohir berencana untuk menggabungkan sejumlah bank syariah pelat merahnya, dengan target merger pada Februari 2021 mendatang.

Dia menyebut, terdapat tiga bank syariah yang masuk dalam daftar penggabungan di antaranya Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah, dan BRI Syariah.

“Kita sedang coba kaji bank-bank syariah ini, nanti semua kita coba mergerin,” kata Erick Thohir sebagaimana dikutip dari Idntimes, Jumat (04/07).

Dengan penduduk Indonesia mayoritas muslim, Erick Thohir mengatakan potensi perbankan syariah masih sangat besar.

Selain itu, ia juga menerangkan dengan keberadaan bank syariah memberikan opsi bagi masyarakat atau dunia usaha yang lebih nyaman menggunakan sistem syariah.

“Kenapa saya menginginkan merger syariah? Supaya ada alternatif, supaya jangan sampai Indonesia yang penduduk muslim terbesar tidak punya fasilitas itu,” katanya mengutip dari Tempo, Jumat (03/07).

Bagaimana Prospek Perbankan Syariah Di Masa Depan Indonesia_ 01

[Baca Juga: Bagaimana Prospek Perbankan Syariah Di Masa Depan Indonesia?]

 

Erick Thohir berharap dengan rencananya untuk merger bank-bank syariah BUMN menjadi satu, membuat Indonesia memiliki satu bank syariah yang unggul dan menjadi pilihan dalam hal pendanaan.

Adanya bank syariah, kata Erick Thohir, bisa membuat segmentasi dan membuat market jadi lebih sehat.

“Kita mesti buka itu karena pendanaan macam-macam, ada yang mahal, ada yang murah, ada yang syariah, kita mesti welcome semuanya,” ujar Erick Thohir melansir dari laman yang sama.

Rencana penggabungan ini akan dilakukan secara bertahap antara 3-4 dana pensiun (dapen) BUMN.

Erick Thohir mengatakan penggabungan dapen dilakukan dengan tujuan agar pengawasan perusahaan pengelola dana dalam jumlah besar ini lebih mudah sehingga tak terjadi lagi masalah-masalah korupsi hukum di BUMN.

“Saya berusaha dana pensiun BUMN kita coba konsolidasi mungkin awalnya 3-4 dana pensiun besar, nanti pelan-pelan bisa menyeluruh, mudah-mudahan,” terangnya.

IDN Times mewartakan sebelumnya Deputi Komisioner Pengawas Perbankan I OJK, Teguh Supangkat, mengajak pelaku industri keuangan termasuk perbankan syariah mengoptimalkan ekosistem ekonomi syariah di Indonesia.

Hal itu, kata Teguh, lantaran perbankan syariah dapat menjadi motor penggerak untuk melayani aktivitas keuangan ekosistem syariah.

“Saya mengajak kepada semua pegiat keuangan syariah di Indonesia, untuk bersama-sama mensinergikan sektor riil, yaitu sektor industri halal, sektor keuangan syariah, dan sektor sosial ekonomi Islam dalam ekosistem ekonomi syariah,” katanya.

Apa kamu salah satu nasabah bank syariah atau ingin menabung di bank syariah? Kamu bisa menonton video berikut ini terlebih dahulu yang membahas tentang keuangan secara syariah.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Praktis Investasi Reksa Dana Pertama

Ebook Reksa Dana Pertama Kamu

Download Ebook Sekarang

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel diatas? Kamu bisa berbagi pandanganmu tentang artikel di atas lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya!

 

Sumber Referensi:

  • Eko Wahyudi. 03 Juli 2020. Erick Thohir Berencana Gabungkan Bank Syariah BUMN Tahun Depan. Tempo.co – https://bit.ly/3e2twiR
  • Auriga Agustina. 03 Juli 2020. Mimpi Erick Thohir, Satukan Bank Syariah Pada Februari 2021. Idntimes.com – https://bit.ly/3gqWMkR
  • Monica Wareza. 03 Juli 2020. Bank Syariah Plat Merah Bakal Digabung Erick, Dapen Menyusul. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/2YSDbE0
  • Admin. 03 Juli 2020. Erick Thohir Bakal Gabung Bank-bank Syariah BUMN. Viva.co.id – https://bit.ly/3f0wTIc
  • Achmad Dwi Afriyadi. 02 Juli 2020. Erick Thohir Gabungkan Bank Syariah BUMN Tahun Depan. Detik.com – https://bit.ly/3gho8JS