Prospek investasi kondominium tetap menggiurkan di tengah pandemi. Yuk Intip ulasan lengkapnya di artikel Finansialku yang satu ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Bisnis Properti: Investasi Kondominium Bisa Jadi Alternatif

Semenjak akhir tahun 2019 hingga menjelang pertengahan tahun 2020, ekonomi dunia menjadi lesu dan tak jarang membuat negara menjadi semakin terpuruk.

Hal ini tak lain dikarenakan wabah penyebaran Covid-19 yang menyerang hampir sebagian besar dunia dan berdampak di semua lini, termasuk pertumbuhan ekonomi dalam bidang investasi

Wakil Ketua Persatuan Perusahaan Real Estate Indonesia (REI) Bidang Hubungan Luar Negeri Rusmin Lawin, seperti yang dilansir dari laman rumah.com menyatakan bahwa salah satu hal yang menjadi kendala dan tantangan tersendiri bagi dunia investasi properti adalah kecepatan dari suatu negara ketika menangani sebuah kasus seperti pandemi Covid-19 ini.

Seni Cara Menjual Properti Saat Pandemi Anti Gagal! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Hati-hati Modus Penipuan Properti Online! Kenali Modusnya & Cara Menghindarinya]

 

Namun demikian, di tengah pandemic seperti ini, Director Advisory Service Colliers International Indonesia, Monica Koesnovagril menyebutkan bahwa persiapan untuk investasi properti di saat seperti ini justru menjadi langkah cerdas.

Menurutnya, dalam berinvestasi properti seperti melakukan pembelian lahan akan perlu waktu tahunan untuk bisa mulai mengolahnya.

Dalam penjelasannya, beberapa lahan yang dibeli saat ini dinilai dapat digunakan untuk membangun sebuah proyek baru untuk beberapa tahun kedepannya.

Ditambah lagi dengan adanya ibukota yang baru saat pandemi ini berakhir akan memberikan suntikan peningkatan sektor properti kembali.

Bagaimana Potensi Investasi Properti Saat Resesi, Menguntungkan 03

[Baca Juga: Para Investor Properti, Ketahuilah 6 Sumber Dana Ini! Gunakan Seoptimal Mungkin]

 

Sejalan dengan itu, Andy Nugroho selaku Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia juga menyatakan bahwa investasi properti juga disebut-sebut sebagai salah satu instrument investasi yang aman dan menjadi salah satu alternatif.

Di masa ini ada banyak pengembang properti yang menawarkan properti dengan harga murah melalui promosi sehingga ini bisa menjadi kesempatan emas untuk mendapatkan properti yang menjanjikan dengan harga yang murah.

 

Keuntungan Investasi Di Tengah Pandemi

Di tengah pandemic covid-19, salah satu investasi properti yang menjanjikan adalah investasi kondiminium sehingga tak heran mengapa banyak investor properti melirik investasi kondominium.

Berbagai faktor tersebut antara lain adalah sebagai berikut

 

#1 Tak Perlu Repot dengan Perbaikan dan Renovasi Gedung

Berkaitan dengan eksterior dari kondominium, para pemilik atau investor tidak perlu kerepotan.

Pasalnya semua tanggung jawab dan perbaikan yang diperlukan seperti mengganti papan, pemasangan plafon atau atap unit kondominium merupakan tanggung jawab dari asosiasi dari kondominium.

Selain itu, perawatan luar gedung kondominium seperti kebersihan, tatanan ruang parkir, bahkan keindahan taman juga akan diurus oleh asosiasi kondominium.

Tanggung jawab Anda sebagai investor adalah menyempurnakan interior dari unit kondominium milik Anda.

 

#2 Pendapatan Operasional Alias Cash Flow

Jika Anda sebagai investor kondominium tidak menjual unit kamar Anda tersebut, Anda bisa berkesempatan mendapatkan keuntungan dari penyewaan unit Anda.

Dengan menyewakan unit kondominium, Anda akan memperoleh cash flow setiap bulannya.

Hitung punya hitung, cash flow yang bisa Anda dapatkan sebagai investor kondominium memiliki besaran rata-rata yang melebihi bunga deposito.

Jika Anda pernah mendengar adanya kondotel yaitu, kondominium hotel, investasi ini pun sangat menguntungkan karena fasilitas kondominium semakin mewah layaknya sebuah hotel. Keuntungannya pun akan semakin berlipat ganda.

Realtor handling house key to new happy home owner

[Baca Juga: 11 Langkah Sukses Negosiasi dan Memenangkan Transaksi Bagi Para Investor Properti]

 

Dalam investasi kondotel, Anda sebagai investor akan diberikan jaminan Rental Guarantee sekian persen selama 2 hingga 3 tahun pertama sebesar 8% hingga 10%.

Setelah selesai masa Rental Guarantee, investor akan diberikan keuntungan berupa profit sharing per tahunnya.

Biasanya profit sharing ini beragam, tergantung penetapan manajemen kondotel yang bersangkutan. Ada kondotel yang memberikan profit sharing 40%:60%, ada juga yang memberikan profit sharing 50%:50%.

Menguntungkan sekali bukan?

Apabila Anda sedang menghitung budget untuk membeli sebuah unit kondominium, mari persiapkan dana membeli kondominium Anda dengan Aplikasi Finansialku yang mudah dan tidak ribet. Anda bisa mendownload aplikasi Finansialku di Google Play Store atau Apple App Store.

 

#3 Adanya Kenaikan Harga Unit Seiring dengan Inflasi

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa inflasi membuat harga properti akan merangkak naik setiap tahunnya.

Oleh sebab itu, nilai atau harga unit dari kondominium Anda juga akan mengikuti kenaikan.

Pasti Sukses Dengan 8 Cara Menjadi Agen Properti Berikut Ini! 04

[Baca Juga: Buktikan! 7 Tips Mengajukan KPR Supaya Pengajuan Anda Segera Diterima Bank]

 

Bila Anda berminat untuk menjualnya, tentu Anda akan mendapatkan capital gain yang berlipat ganda dari harga beli kondominium tersebut.

Namun demikian, sangat disarankan bagi Anda pemilik unit kondominium untuk menyewakannya sebagai strategi untuk mendapatkan cash flow yang sangat menjanjikan.

 

#4 Bisa Menginap Gratis

Ada keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan sebagai investor kondominium.

Sebagai investor alias pemilik unit kamar yang disewakan, Anda dapat menikmati fasilitas kondominium tersebut dan menginap gratis, jika unit sedang tidak disewakan.

Menyenangkan bukan?

Jika Anda sedang tidak ingin tidur di rumah dan mau menghabiskan weekend bersama keluarga di kondominium pribadi, Anda bisa pertimbangkan keuntungan ini.

Itu dia berbagai keuntungan yang pasti Anda dapatkan jika memiliki investasi kondominium.

 

Mau Tahu CARA AMPUH Membeli Rumah Pertama??

Download ebook-nya, GRATIS!!!

ebook rumah pertama

Download Ebook Sekarang

 

Pertimbangan Lain Dalam Investasi Kondominium

Namun, jangan terburu-buru untuk mengalokasikan uang Anda karena berbagai pertimbangan di bawah ini juga harus Anda pikirkan sebelum Anda menginvestasikan uang Anda dalam investasi kondominium!

Perhatikan dulu 8 pertimbangan di bawah ini yang akan memberikan Anda beberapa informasi dan pencerahan sebelum mengambil keputusan lebih lanjut. 

 

#1 Iuran Asosiasi Kondominium

Sebagai salah satu pemilik dari unit kondominium, Anda memiliki tanggung jawab untuk melakukan pembayaran iuran asosiasi kondominium.

Iuran ini memang dialokasikan untuk pemeliharaan berbagai operasional perawatan gedung yang membuat Anda sebagai investor tidak perlu memikirkannya.

Anda hanya perlu membayar iurannya bersama dengan investor lain dan serahkan semua pengaturannya pada manajemen asosiasi kondominium yang bersangkutan.

Berikut Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Agen Jasa Properti 01 - Finansialku

[Baca Juga: Strategi Jitu Bagi Investor Properti Agar Pengajuan Kredit Disetujui Bank! 99 Persen Berhasil!]

 

#2 Unit Kondominium Bukan Dana Liquid

Semua properti memang bukan dana liquid. Bagi Anda yang berpikiran bahwa Anda bisa menjualnya sewaktu-waktu, Anda salah besar.

Mencari penjual kondominium dengan harga yang sesuai merupakan usaha yang cukup sulit, apalagi jika Anda sedang membutuhkan dana segar dengan cepat.

Sangat disarankan agar Anda tidak menaruh dana darurat Anda pada investasi jenis properti, termasuk kondominium.

 

#3 Tinggal Lebih dekat Dengan Tetangga

Berbeda dengan rumah pribadi, tentu kondominium akan menjadikan Anda lebih dekat dengan tetangga, jika Anda menempati kondominium itu sebagai tempat tinggal.

Kelemahan yang biasanya didapatkan saat tinggal di kondominium adalah, Anda tidak bisa memilih tetangga Anda sendiri, sehingga Anda harus memiliki toleransi yang cukup tinggi mengingat Anda memiliki jarak semakin dekat dengan mereka.

Ada kalanya kebisingan terjadi dan terdengar suara gaduh yang bisa saja mengganggu Anda atau penyewa unit kondominium Anda.

 

#4 Pilih Lokasi yang Tepat

Jika Anda ingin agar unit kondominium Anda menghasilkan keuntungan capital gain ataupun cash flow yang berlipat ganda, Anda perlu mempertimbangkan lokasi dari kondominium tersebut.

Lokasi yang biasanya sangat menguntungkan adalah daerah yang memiliki destinasi wisata yang digandrungi oleh wisatawan lokal ataupun mancanegara.

Dengan demikian, masa-masa liburan seperti liburan sekolah akan membuat unit kondominium Anda ramai disewa oleh para pelancong atau wisatawan.

Jika Anda berinvestasi kondotel atau kondominium hotel, salah satu pulau di Indonesia yang cocok untuk berinvestasi kondotel adalah Pulau Bali.

Wisata alam, keindahan pantai, dan juga unsur budaya yang melekat kental di negeri 1000 candi ini memikat hati para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Properti di Kalimantan Timur 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Jadi Orang Sukses? 13 Cara Ini Membuat Anda Mengalami Peningkatan Hidup]

 

Selain itu, kota lainnya adalah Yogyakarta, yang wisata sejarah dan wisata alamnya bisa menjadi incaran untuk investasi kondotel.

Kedua tempat tersebut memang lokasi yang sangat tepat jika Anda berminat untuk investasi kondotel mengingat potensi wisata yang sangat besar bahkan mendatangkan wisatawan dari dalam maupun luar negeri.

Dapat dipastikan bahwa setiap kali musim liburan tiba, kondotel Anda akan dikunjungi oleh para tamu. Bayangkan dan hitung saja setiap keuntungan yang akan Anda dapatkan.

 

#5 Harga Beli yang Wajar dan Harga Sewa Kondominium

Di samping harga beli yang wajar dan sesuai dengan fasilitas yang diberikan, setelah memiliki satu unit kamar kondominium, Anda perlu mempertimbangkan harga sewa dari kamar tersebut.

Harga yang semakin tinggi tentu saja akan meningkatkan keuntungan Anda dan bahkan bisa mempercepat untuk balik modal.

Namun, Anda juga tetap berhati-hati dalam menetapkan harga sewa. Jangan sampai harga sewa Anda kelewat batas atau terlalu mahal dibanding harga sewa kondominium lainnya.

Pasti Sukses Dengan 8 Cara Menjadi Agen Properti Berikut Ini! 01

[Baca Juga: Ingin Tetap Sukses Berbisnis? Jangan Miliki Pola Pikir Entrepreneur yang Salah!]

 

Jika harga sewa terlalu mahal, para calon tamu Anda berpaling kepada unit kondominium lain yang harga sewanya lebih wajar.

Sudahkah Anda membayangkan keuntungan besar yang bisa Anda dapatkan melalui investasi kondominium?

Memang, keuntungannya akan besar, namun modal yang dibutuhkan pun berbanding lurus.

 

#6 Reputasi dan Kredibilitas dari Pengembang atau Developer

Kredibilitas pengembang dan juga pengelola dari kondominium juga harus menjadi perhatian Anda.

Jangan sampai Anda melakukan investasi kodominium dan bekerja sama dengan para pengembang dan pengelola yang memiliki riwayat buruk dalam bekerja sama dengan investor sebelumnya.

Berhati-hatilah jika pengembang atau pengelola pernah terjerat masalah hukum terkait berbagai pelanggaran yang pernah dilakukan di masa sebelumnya.

Seperti Apa Jual Rumah Lewat Agen Properti Apakah Menguntungkan 01 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Fungsi Manajemen Keuangan Bisnis UMKM yang Harus Anda Ketahui, agar Bisnis Anda Sukses. Apakah Sudah Anda Terapkan?]

 

Cek secara jelas dan menyeluruh mengenai legalitas, status tanah pendirian bangunan kondominium tersebut, skema pembayaran, pembagian hasil, dan seluruh perjanjian hitam di atas putih yang sah.

Minta secara jelas daftar hak dan kewajiban pihak investor dan juga pihak asosiasi atau manajemen kondominium.

 

#7 Perhatikan Hasil Audit

Dalam investasi kondominium, Anda sebagai investor perlu memastikan bahwa laporan audit dari kondominium tersebut harus Anda dapatkan.

Laporan tersebut sebagai sebuah pertanggungjawaban dalam bentuk manajemen kontrol di mana setiap tahunnya, Anda akan mendapatkannya hasil audit tersebut.

Pastikan juga bahwa audit dilakukan oleh akuntan publik yang kredibel sehingga laporan yang diberikan terjaga objektivitasnya.

Meski Banyak Hambatan Saat Investasi Properti, Tapi Ada Juga Jalan Keluarnya 04 Investasi Properti 4 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Alasan Utama Kenapa Pendidikan Manajemen Keuangan Penting untuk Keluarga Anda]

 

Akuntan publik biasanya akan memberikan laporan pertanggungjawaban dengan lebih objektif.

Semakin bagus reputasi dari akuntan publik, maka semakin dapat dipercaya hasil kinerjanya.

Setiap informasi yang disajikan dari hasil audit sudah sepantasnya didapatkan oleh para investor. Informasi itu berisi tentang kewajaran keuntungan yang didapatkan setiap bulannya.

Dengan kata lain, hasil pelaporan audit ini adalah jaminan dari proses perjanjian yang telah mereka lakukan dari awal mula investasi dilakukan.

 

#8 Detail dalam Perjanjian dan Perizinan Pembangunan Kondominium

Pahami soal ini dengan membaca peraturan daerah yang mengatur seluk beluk tentang perizinan pembangunan kondominium tersebut.

Pahami setiap kelengkapan dokumen dalam proses mendapatkan izin pembangunan.

Dimulai dari analisis mengenai dampak lingkungan, komitmen penggunaan air PDAM (bukan air tanah), komitmen pengelolaan untuk mengembangkan perekonomian warga sekitar, dan lain sebagainya.

Inilah Pentingnya Asuransi Aset Demi Melindungi Properti dan Aset Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Prinsip dari Dale Carnegie untuk Negosiasi Harga Properti dengan Tingkat Keberhasilan Tinggi]

 

Sebagai tambahan informasi, kerap terjadi penolakan pembangunan oleh warga sekitar karena dianggap cacat prosedur perizinan.

Selain itu, tidak adanya izin dari warga sekitar dalam proses pembangunan kondominium tersebut. Kasus ini pun sempat terjadi di Yogyakarta.

Finansialku punya video yang bisa menambah motivasi Anda dalam berbisnis properti di usia muda. Langsung cek video dibawah ini.

 

Mulai terbuka pikiran untuk investasi kondominium namun masih menata keuangan? Konsultasi gratis dulu aja dengan Perencana Keuangan Finansialku untuk saran jitu dalam merencanakan keuangan pribadi dan investasi Anda!

Anda dapat membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan!

Tuliskan tanggapan, saran dan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini!

 

Sumber Referensi:

  • Sri Noviyanti. 25 Mei 2020. Masa Pandemi Virus, Momentum Emas bagi Millennial untuk Beli Properti. Kompas.com – https://bit.ly/2ZjexLS
  • Leonard. 27 April 2020. Tantangan Investor Properti Di Tengah Pandemi. Rumah.com – https://bit.ly/2YHHOAT
  • Leonard. 27 April 2020. Ini Instrumen Investasi Yang Aman Di Tengah Pandemi. Rumah.com – https://bit.ly/2NIu7eO
  • Megan Flynn. 30 Agustus 2016. 10 Questions to Ask Before Investing in Condos. Landlordology.com – https://bit.ly/3eNQKdB
  • Geoff Williams. 11 September 2014.3 Reasons to Buy a Condo – and 3 Reasons to Beware. Money.usnews.com – https://bit.ly/2YLliqD
  • Romana King. 19 Agustus 2017. 6 Mistakes New Condo Investors Make. Moneysense.ca – https://bit.ly/2YOcYGA
  • Heather Levin. Pros & Cons of Buying a Condo – Is It Worth It? Moneycrashers.com – https://bit.ly/3eJ1vOh
  • Defanie Arianti. 30 Agustus 2017. Inilah Perbedaan Rumah Susun, Apartemen dan Kondominium. 99.co – https://bit.ly/2NJpKA2
  • Fitriavi N. 11 Februari 2011. Mencoba Kondotel. Qmfinancial.com – https://bit.ly/2NVZ8fr
  • Admin. 6 April 2015. Investasi Kondotel Apakah Menguntungkan? Ini Rumus Sederhananya. Duitpintar.com – https://bit.ly/3eOtwnH
  • Admin. Mau Investasi Kondotel? Baca Ini Dulu! Carajadikaya.com – https://bit.ly/2YJPG4S