Baca, praktikkan & buktikan Anda jadi entrepreneur sukses! Manfaatkan waktu berharga Anda dengan membaca kunci sukses entrepreneur sejati!

Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Entrepreneur Sukses

Ada banyak aturan tidak tertulis tentang seperangkat keterampilan yang dibutuhkan untuk meraih sukses sebagai seorang entrepreneur sejati.

Mengawali karier sukses mereka, para entrepreneur tentu dipenuhi dengan perasaan ketidakpastian tentang keterampilan apa saja yang mereka butuhkan dalam proses menuju keberhasilan.

Perjalanan mendaki dan tak urung harus menuruni lembah terjal layaknya seorang pendaki dalam perjalanannya, tak bisa ditawar lagi bahwa itu adalah harga yang harus dibayar dengan penuh usaha dan kerja keras.

Pertanyaannya adalah:

“Keterampilan apa saja yang diperlukan untuk menjadi seorang entrepreneur sejati dalam usaha untuk melalui proses pendakian panjang dan mampu berdiri teguh di sepanjang jalan perjalanan hingga sampai pada puncak keberhasilan?”

 

Pertanyaan tersebut bernilai ratusan bahkan miliaran Rupiah dan melalui artikel dengan durasi baca sekitar 10 hingga 15 menit, Anda akan akan mendapat gambaran besar tentang berbagai keterampilan tersebut sebagai jawaban yang dicari oleh para pengusaha sukses.

Sudah siap membuka diri dan terbuka dengan pengetahuan dan pengalaman baru melalui mengenai kunci sukses entrepreneur artikel ini?

Mungkin ada beberapa tips yang sudah pernah Anda baca, tapi Anda disarankan untuk mengosongkan gelas pikiran Anda dan merenungkan tips tersebut dan mengevaluasi pengalaman Anda.

 

Kunci Sukses Entrepreneur

Apabila Anda sudah siap, simak pembahasan kunci sukses entrepreneur berikut ini satu persatu!

Setiap kali Anda selesai membaca satu bagian, coba evaluasi diri Anda sejenak dan coba introspeksi pengalaman yang pernah Anda dapatkan, sadar kesalahan apa yang Anda telah lakukan dan mulai pikirkan perbaikan apa saja yang harus Anda mulai praktikkan.

 

#1 Manajemen Keuangan

Kunci sukses entrepreneur pertama harus dibekali dengan pengetahuan tentang bagaimana mengatur keuangan atau financial management.

Secara garis besar, Anda perlu tahu bagaimana membuat struktur keuangan dan memantau setiap pendapatan serta mengevaluasi setiap pos pengeluaran.

Apakah perlu ada pemasukan tambahan, perlukah ada pos-pos pengeluaran yang dapat dikurangi tanpa membebani atau mengurangi kualitas hasil, perlukah penambahan biaya untuk pengembangan usaha, dan lain sebagainya.

Pembahasan mengenai manajemen keuangan sangatlah luas. Tahukah Anda bahwa jika kita dapat melakukan dengan baik dalam lingkup kecil, maka sedikit demi sedikit kita akan belajar untuk mahir dalam lingkup yang besar.

Demikian juga dalam pengalaman mengatur keuangan.

Polling Ketahui Apa Tujuan Mengelola Keuangan Pribadi Anda 02 Manajemen Keuangan - Finansialku

[Baca Juga: Bong Chandra: “Insting Terbentuk dari Beberapa Kali Kesalahan” Baca 40 Kata Bijak Lainnya]

 

Ketika kita dapat mengatur keuangan pribadi dengan lebih baik, niscaya dalam mengatur keuangan bisnis yang notabene memiliki lingkup yang lebih besar dan kompleks dapat Anda lakukan seiring dengan pengalaman dan proses belajar.  

Bingung bagaimana caranya membuat laporan keuangan kantor yang baik agar dapat terlihat transparan dan mudah untuk dievaluasi?

Sebagai pemilik bisnis, laporan keuangan dan laporan pajak menjadi hal yang penting. Pembukuan atau pencatatan keuangan menjadi pekerjaan yang cukup menantang bagi banyak pemilik bisnis.

Tahukah Anda bahwa laporan keuangan sangatlah krusial untuk melihat bagaimana kesehatan sebuah usaha itu berjalan?

Setidaknya ada 4 manfaat penting dari adanya laporan keuangan, antara lain:

  • Bahan Evaluasi: Laporan keuangan merupakan alat untuk mengevaluasi kinerja dan kemajuan perusahaan. Pebisnis dapat mengetahui kondisi kesehatan perusahaan dengan melakukan evaluasi secara rutin.
  • Membuat Strategi Bisnis: Laporan keuangan dapat menjadi bahan untuk membuat strategi bisnis ke depan, seperti: menghitung anggaran (budget), biaya investasi (capital expenditure), biaya operasional (operational expenditure), dan lain sebagainya.
  • Bahan Pertanggungjawaban: Laporan keuangan sebagai bahan pertanggungjawaban atas penggunaan dana, kepada investor dan/atau kreditur. Pemberi modal dapat menilai perusahaan dan manajemen dengan melihat laporan keuangan.
  • Bahan Acuan Pengambilan Keputusan: Laporan keuangan sebagai acuan untuk mengambil keputusan, terlebih penggunaan dana, inovasi, dan strategi bisnis ke depan.

 

Manajemen Keuangan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Strategi Paling Ampuh untuk Para Pebisnis Menang Persaingan Dari Sun Tzu Art of War, Filsuf Tiongkok]

 

Menjadi entrepreneur sejati tak selamanya harus melakukan semuanya seorang diri termasuk dalam melakukan manajemen keuangan dan membuat laporan keuangan.

Percayakan jasa membuat laporan keuangan perusahaan Anda kepada Finansialku yang menyediakan Jasa Pembuatan Laporan Keuangan yang terintegrasi dengan perencanaan keuangan.

Finansialku tidak hanya membantu membuatkan laporan keuangan perusahaan, tetapi juga memberikan konsultasi keuangan untuk pemilik bisnis.

Seluruh jasa pembuatan laporan keuangan dan laporan pajak perusahaan di Finansialku disediakan oleh para konsultan yang telah tersertifikasi professional dan berpengalaman.

 

#2 Miliki Dorongan Passion yang Kuat

Ya, Passion adalah salah satu keterampilan paling sulit bagi seorang entrepreneur sejati, namun menjadi kunci sukses entrepreneur.

Keterampilan ini sangatlah dibutuhkan agar Anda dapat terus berjalan ketika situasi menjadi sulit.

Keterampilan ini akan mengingatkan Anda tentang semangat mula-mula Anda mengawali bisnis Anda, terutama ketika kondisi usaha Anda sedang dalam goncangan dan membuat Anda frustasi bahkan berpikir bahwa usaha yang Anda lakukan sia-sia, tidak ada hasilnya, dan pikiran Anda mengatakan bahwa “usaha ini menuju kebangkrutan.”

Dengan passion, Anda tidak kehilangan fokus Anda. Dengan passion, Anda tetap dalam track yang harus Anda tempuh.

Dengan passion, Anda “mengamankan” api semangat Anda untuk terus berjuang hingga titik darah penghabisan.

Untuk membakar semangat dan mengingatkan Anda tentang pentingnya passion sebagai seorang entrepreneur sejati, simak kisah sukses singkat Lo Kheng Hong sang Warren Buffet Indonesia berikut yang diambil dari salah satu artikel Finansialku berikut ini:

Pada tahun 1998 terjadi krisis Finansial. Saat itu, nilai rupiah terjun bebas dari Rp2.300 per dolar AS (Oktober 1997) menjadi Rp15.000 per dolar AS (1998), menyulut inflasi hingga 78% dan banyak pengusaha yang terpuruk.

Begitu pula dengan IHSG yang juga jatuh dari 740 (8 Juli 1997) menjadi 274 (29 Juli 1998), membuat investor saham kehilangan sekitar 63% dari nilai sahamnya.

Lo Kheng Hong pun pernah dikabarkan rugi besar dalam krisis finansial ini hingga asetnya tinggal sebesar 15% saja (rugi 85%).

Pada waktu itu pun dia baru memutuskan berhenti bekerja dan fokus pada investasi saham di tahun 1996, sehingga boleh dikatakan dia tidak memiliki penghasilan apapun.

Namun dia tetap membeli saham meski telah mengalami kerugian besar, karena di sinilah krisis finansial menawarkan peluang baginya untuk bangkit.

Banyak Saham Salah Harga, Lo Kheng Hong Ambil Keuntungan 02 - Finansialku

[Baca Juga: 16 Cara Berpikir Positif Saat Menghadapi Tantangan yang Perlu Kita Praktikkan]

 

Saat itu banyak perusahaan terbuka yang harganya jatuh secara drastis. Sebagian besar saham harganya sudah tinggal puluhan Rupiah. Namun berkebalikan dengan mayoritas investor yang panik, Lo Kheng Hong justru mencari saham bagus.

Di antara saham-saham yang dibuang itu pun, terdapat saham bagus PT United Tractor Tbk (UNTR). UNTR adalah distributor utama alat-alat berat merek Komatsu di Indonesia.

Lo Kheng Hong membeli saham UNTR pada 1998 dengan seluruh modalnya, saat harganya Rp250 per saham sebanyak 6 juta lembar saham, yang berarti Modalnya saat itu sebesar Rp1,5 miliar seluruhnya diletakkan di saham UNTR saja.

Dia menjualnya sekitar enam hingga delapan tahun kemudian pada harga rata-rata sebesar Rp15.000, dan menikmati keuntungan 5.900%. Dia memperoleh sebesar Rp90 miliar dari penjualan saham tersebut.

Bagaimana Lo Kheng Hong menemukan UNTR? Apakah karena sekadar faktor keberuntungan, atau hasil dari sebuah analisis fundamental yang cerdas? Lo Kheng Hong pun juga menjelaskan alasannya membeli UNTR.

Mungkin bagi sebagian orang masih berpikir bahwa keuntungan Lo Kheng Hong pada saham UNTR hanyalah keberuntungan belaka, namun apakah benar demikian?

Nyatanya, dia berhasil mengulangi kesuksesannya di saham lain. Hal ini terjadi ketika dia membeli Saham PT Multibreeder Adirama Indonesia Tbk (MBAI).

Pada kesempatan kali ini, Lo Kheng Hong membeli saham MBAI pada tahun 2005 saat harganya Rp250 per saham sebanyak 6,2 juta lembar saham, yaitu sekitar 8,28% dari total kepemilikan, yang berarti modalnya saat itu sebesar Rp1,55 miliar.

Dia menjualnya sekitar tahun 2011 pada harga rata-rata sebesar Rp31.500, dan menikmati keuntungan 12.500%. Dia memperoleh sebesar Rp195,8 miliar dari penjualan saham tersebut.

Kisah Sukses Lo Kheng Hong, Investor yang Bebas Finansial 05 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Johnny Andrean Pendiri J.CO Donuts, BreadTalk, dan Johnny Andrean Salon]

 

Menjadi seorang entrepreneur sejati nampaknya perlu memiliki sifat agresif, dan inilah yang mendorong mereka untuk bekerja keras.

Seperti kisah Lo Kheng Hong, meski pernah mengalami kerugian saat harga saham pertama yang dia beli dari saham PT Gajah Surya Multi Finance saat IPO (Initial Public Offering atau Penawaran Umum Perdana) mengalami penurunan, Lo Kheng Hong tetap berinvestasi di saham.

Dia tidak kapok dan justru tergerak untuk lebih rajin mempelajari investasi saham secara otodidak, dan banyak membaca buku-buku tentang prinsip dan strategi investasi Warren Buffet.

Itulah passion Lo Kheng Hong yang membuatnya tidak frustasi di tengah gejolak pasar saham yang tak menentu.

Sebaliknya, ia giat belajar untuk mencari peluang untuk menjadi seorang investor yang handal.

 

#3 Kesediaan untuk Belajar

Belajar adalah proses yang berkelanjutan. Sebagian besar pengusaha membuat kesalahan dengan membatasi pendidikan.

Meski lembaga pendidikan tak selamanya mengantarkan kepada kesuksesan seperti pengalaman beberapa entrepreneur atau pengusaha sukses yang tak lulus bangku kuliah namun tetap menemukan jalan kesuksesan mereka, tapi pembelajaran bisa didapat dari mana saja dan tidak bisa berhenti.

Belajar adalah proses seumur hidup, dan ini merupakan keterampilan penting bagi entrepreneur sukses.

Seperti Lo Kheng Hong yang terus belajar untuk menjadi investor sukses, Anda pun juga bisa sukses dengan belajar, belajar dan belajar.

Ada banyak perangkat yang bisa Anda akses demi menambah ilmu Anda seperti EBook gratis dalam Perpustakaan Finansialku yang dapat Anda akses langsung di website Finansialku.

Jangan lupa juga untuk menggunakan Aplikasi Finansialku dalam pencatatan pendapatan, alokasi pengeluaran, anggaran bulanan, persiapan dana seperti liburan, membeli barang atau pernikahan, dan berbagai fitur lainnya yang membuat pencatatan finansialmu semakin baik.

Anda bisa men-download aplikasi Finansialku dari melalui Google Play Store atau lakukan registrasi terlebih dahulu melalui PC.

Ingat! Setiap pengusaha sukses tentu pernah dan akan mengalami kegagalan serta kekalahan yang terkadang bisa melumpuhkan.

Entrepreneur sukses mampu bertahan dalam situasi yang mengerikan ini ketika banyak orang lain kehilangan bisnis mereka.

Mereka dapat bertahan melalui saat-saat sulit ini dengan memilih untuk belajar dan mengukir prestasi melalui pengalaman.

 

#4 Kembangkan Kreativitas

Anda membutuhkan keterampilan kreatif untuk sukses sebagai seorang entrepreneur. Mencoba hal yang sama berulang kali akan tetap menghasilkan hasil yang sama.

Oleh sebab itu, Anda perlu memanfaatkan kreativitas Anda untuk menemukan metode baru dalam melakukan sesuatu.

Temukan metode baru melalui kursus online yang disediakan berbagai platform, salah satunya Kursus Online dari Finansialku.

Berbagai materi seputar manajemen keuangan, menuju financial freedom dan berbagai event seru yang membangun jiwa wirausaha disajikan oleh para pemateri yang telah berpengalaman dan berkecimpung di bidangnya masing-masing.

Cek jadwalnya dan dapatkan berbagai materi yang dapat menambah khazanah dan kreativitas Anda untuk menjadi entrepreneur sukses.

Kenali Kriteria Memilih Waralaba 02 Entrepreneur 2 - Finansialku

[Baca Juga: Ketahui 5 Tantangan Seorang Pemimpin yang Akan Anda Hadapi dan Bagaimana Cara Menghadapinya]

 

#5 Ketahui Masa Produktivitas & Manajemen Waktu

Pengusaha sukses telah belajar bagaimana memanfaatkan keterampilan produktivitas mereka dengan menemukan apa yang produktif bagi mereka.

Terlebih lagi, pengusaha sukses meningkatkan produktivitas mereka dengan mengetahui waktu-waktu produktif mereka melalui manajemen waktu.

Manajemen waktu merupakan keterampilan yang berharga bagi pengusaha sukses. Dengan manajemen waktu, Anda perlu memiliki rencana terperinci atau jadwal untuk tugas harian Anda.

Lebih dari itu, keterampilan ini membantu Anda memprioritaskan tugas dan cara menangani yang penting.

Manajemen waktu membantu Anda mengatasi penundaan ketika membuat keputusan bisnis yang penting dan sehari-hari.

Jadikan manajemen waktu sebagai salah satu keterampilan yang perlu Anda kembangkan sebagai seorang entrepreneur.

Ingat, Anda tidak akan pernah mencapai tujuan Anda tanpa menguasai waktu Anda sendiri.

 

#6 Keterampilan Sosial & Membuka Jaringan Koneksi

Beberapa pengusaha meremehkan pentingnya keterampilan sosial. Mereka biasanya gagal untuk menyadari bahwa meningkatkan peluang keberhasilan dapat ditempuh dengan berjalan bersama orang atau tim yang tepat.

Cari wirausaha dengan tujuan yang sama dan amati bagaimana mereka mengatasi tantangan. Selanjutnya, pelajari strategi keberhasilan mereka dimana strategi ini akan membantu Anda untuk menyempurnakan rencana bisnis Anda.

Menindaklanjuti keterampilan ke-5 untuk menjadi entrepreneur yang kreatif, memiliki pikiran yang kreatif bukan berarti Anda harus melakukan sesuatu yang drastis.

Terkadang, dibutuhkan tindakan sederhana seperti berbicara dengan orang baru melalui koneksi dan berjejaring.

Pemasaran Jaringan Memiliki Bisnis Waralaba Pribadi dengan Biaya Terjangkau 01 - Finansialku

[Baca Juga: Para Pebisnis Wanita, Simak 6 Strategi Bisnis yang Akan Mendatangkan Pertumbuhan]

 

Lebarkan sayap koneksi Anda bersama Komunitas Finansialku, sebuah komunitas yang bertujuan membantu Anda meningkatkan literasi keuangan dengan cara yang fun dan practical.

Tidak banyak teori melainkan praktik melalui games, belajar dari kisah sukses dan belajar dari kegagalan.

Beberapa alasan kenapa Komunitas Finansialku menjadi pilihan, antara lain:

  • Anggota Komunitas Finansialku akan belajar keuangan dengan permainan yang seru.
  • Tidak kebanyakan teori, melainkan praktik dan belajar dari pengalaman (sukses & gagal).
  • Banyak event dan acara yang seru.
  • Menambah kawan dan kesempatan networking yang luas.
  • Sesi sharing dan tanya jawab dari praktisi.
  • Dipandu oleh perencana keuangan yang tersertifikasi professional (CFP®) dan berpengalaman.

 

#7 Keterampilan Manajemen & Delegasi

Tidak cukup hanya mempelajari keterampilan seperti yang disebutkan di atas tanpa meningkatkan keterampilan manajemen dan delegasi Anda sebagai seorang entrepreneur.

Anda perlu mengelola anggota tim Anda, para karyawan dan pekerja untuk dapat melakukan tanggung jawab mereka dengan efektif sehingga mendapatkan hasil yang tepat sasaran.

Inilah saatnya untuk belajar bagaimana mendorong, mengembangkan, dan mendukung karyawan Anda.

Mempelajari keterampilan manajemen akan membantu Anda mengenali dan mengalokasikan tugas secara bersamaan melalui kekuatan dan kelemahan mereka.

 

#8 Cakap & Tidak Kaku dengan Media Sosial

Inilah satu keterampilan yang dapat membentuk lanskap bisnis Anda.

Media sosial adalah bagian integral dari kesuksesan Anda sebagai pengusaha di tengah maraknya penggunaan media sosial dan berkembangnya bisnis melalui jaringan internet.

Sebagai entrepreneur, Anda perlu tahu bagaimana cara kerja media sosial dapat meningkatkan bisnis Anda

Mengembangkan Bisnis Dengan Media Sosial 01 - Finansialku

[Baca Juga: Gaya Kepemimpinan Servant Leadership Ala Presiden Jokowi, yang Harusnya Dimiliki Setiap Pemimpin Perusahaan]

 

#9 Keterampilan Berkomunikasi yang Handal

Tidak masalah jika Anda menjalankan bisnis kecil atau perusahaan besar. Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana berkomunikasi secara efektif dengan klien Anda, mentor, pemangku kepentingan dan bahkan karyawan Anda.

Ini adalah salah satu keterampilan yang sangat penting untuk kesuksesan Anda sebagai pengusaha.

Anda tidak akan berhasil jika Anda tidak bisa mengomunikasikan nilai-nilai merek atau brand dari perusahaan bisnis Anda.

Jadi, Anda perlu menguasai semua bentuk komunikasi dan tunjukkan kepada karyawan Anda tentang pentingnya komunikasi yang efektif.

 

#10 Strategi Bisnis

Memiliki strategi bisnis dianggap sebagai keterampilan penting bagi pengusaha sukses.

Meskipun sebagian besar pengusaha mencapai puncak karier mereka melalui kemauan dan kekuatan semata, penting untuk memiliki strategi bisnis.

 

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

 

Integrasikan dengan Proses Anda

Manfaatkan keterampilan yang disebutkan di atas untuk membuat struktur bisnis yang sedang Anda jalankan.

Setiap keterampilan di atas cenderung bersifat praktikal. Usahakan untuk mengintegrasikannya dalam proses pengembangan bisnis Anda.

 

Butuh mentor untuk berkonsultasi mengenai manajemen keuangan usaha Anda? Konsultasikan dengan Konsultan Perencana Keuangan Profesional Finansialku! Anda juga dapat membagikan setiap artikel di atas kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 2014. Lo Kheng Hong, Sang Value Investor yang Bebas Finansial. Swa.co.id – https://goo.gl/E4p45W
  • Admin. 2016. Kisah Sukses Orang Miskin Maen Saham. Pengusaha.us – https://goo.gl/9TGJbB
  • Brian Obodeze. 1 Juni 2019. ENTREPRENEURS12 Essential Skills Required to Succeed as an Entrepreneur. Addicted2success.com – https://bit.ly/2YlmMWe
  • Lo Kheng Hong. 2015. Strategi Investasi Bersama Lo Kheng Hong. Youtube.com – https://goo.gl/qfGI0X

 

Sumber Gambar:

  • Kunci Sukses Entrepreneur – http://bit.ly/2P3XoDX