Mau mendapatkan penghasilan tambahan saat bulan Ramadan ini?

Hari raya umat Muslim ini merupakan salah satu hari besar paling dinanti di Indonesia, dan pada tahun ini diperkirakan akan jatuh pada tanggal 14 hingga 16 Juni 2018.

Nah, tentunya saat bulan Ramadan ini juga bisa Anda isi dengan kegiatan bermanfaat yang bisa menghasilkan penghasilan tambahan. Ini dia caranya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn Franchise

 

Jelang Ramadan Keuangan Menipis?

Hari Raya Idul Fitri merupakan sebuah momen yang dalam konteksnya berarti kembali pada asal kejadiannya yang suci dan mengikuti petunjuk Islam yang benar.

Bagi umat Islam yang telah lulus melaksanakan Ibadah puasa di bulan Ramadhan akan diampuni dosanya sehingga menjadi suci kembali seperti bayi yang baru dilahirkan dari kandungan Ibunya.

Penghasilan Tambahan Ramadan 02a Keuangan Tipis - Finansialku

[Baca Juga: Peluang Usaha Rumahan dan Bisnis Sampingan Menjelang Lebaran]

 

Tidak terasa tahun ini kita sudah hampir mencapai Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah. Tetapi satu hal yang paling sering kami dengar dalam bulan suci ini adalah kondisi keuangan yang semakin menipis.

Tapi tenang saja, bisa saja lho mendapatkan penghasilan tambahan saat bulan suci Ramadan. Mengingat sifatnya yang musiman, salah satu yang bisa dilakukan adalah membuka bisnis sampingan.

Hal yang paling penting jika ingin membuka bisnis musiman ini adalah menyasar target pasar tertentu sejak awal bisnis dengan memilih produk yang lebih tepat, lokasi yang baik serta memberikan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat selama bulan Ramadan.

Dengan demikian produk atau jasa yang ditawarkan sesuai dengan permintaan konsumen pada musim tersebut.

Nah, bagi Anda yang tertarik mendapatkan penghasilan tambahan di bulan suci Ramadan 2018 ini, yuk simak beberapa ide bisnis sampingannya.

 

Bisnis Sampingan yang Laris Manis Menjelang Ramadan

Menjelang Idul Fitri, umat Islam sibuk mempersiapkan segala sesuatu untuk menyambutnya.

Mulai dari pakaian, makanan, hingga pernak-pernik lebaran harus disiapkan dengan baik. 

Tak heran jika momen Lebaran ini ditandai dengan penuhnya pusat perbelanjaan dimana-mana. Dan kabar baiknya adalah Anda juga bisa memanfaatkan momen berharga ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Namun seperti telah diungkapkan sebelumnya, persiapan bisnis musiman ini harus dipikirkan secara matang. Mengingat hanya produk tertentu saja yang akan laris manis diborong pembeli.

Nah, bisnis sampingan apa sih yang kerap dicari para pencari kesempatan ini? Artikel Finansialku telah merangkumnya sebagai berikut.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#1 Aneka Takjil

Pada bulan puasa, bisnis makanan memang semakin ramai. Terutama makanan yang memang sangat tepat dengan selera umat Muslim saat berbuka puasa, yaitu takjil.

Setelah menahan lapar dan dahaga seharian, salah satu yang tentunya sangat dicari saat berbuka adalah sesuatu yang bisa mengisi perut dengan rasa manisnya.

Apalagi jika bukan aneka takjil yang menjadi primadona pada saat bulan puasa. Adapun beberapa produk takjil yang digemari adalah sebagai berikut.

  1. Kolak
  2. Aneka cake atau bolu
  3. Es buah
  4. Kurma
  5. Aneka gorengan, dan sebagainya

Bisnis ini bisa dimulai dengan modal beberapa ratus ribu rupiah saja lho! Yang terpenting adalah Anda menyediakan banyak varian takjil dengan kualitas yang baik dan harga yang terjangkau.

Penghasilan Tambahan Ramadan 04a Takjil - Finansialku

[Baca Juga: Sering Bukber atau Buka Bersama di Resto? Begini Tips Praktis Hemat Pengeluaran Anda]

 

#2 Minuman Dingin dan Segar

Selain takjil, minuman manis yang dingin tentunya membuat semua orang akan menelan ludah untuk membayangkannya.

Terlebih Negara Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis, jadi minuman yang dingin tentunya sangat sesuai.

Bagi Anda yang tertarik berbisnis sampingan ini, Anda bisa memilih beberapa bisnis minuman yang sedang trend akhir-akhir ini, seperti contohnya dibawah ini.

  1. Bubble tea atau milk tea
  2. Es kepal
  3. Jus segar

Anda bisa memperoleh keuntungan hingga 100% dengan modal yang terjangkau hanya dengan berbisnis minuman sederhana ini.

Penghasilan Tambahan Ramadan 05a Minuman Dingin - Finansialku

[Baca Juga: Cara Menghasilkan Uang dari Sampah yang Bisa Jadi Bisnis Menguntungkan]

 

#3 Catering Sahur

Selain makanan dan minuman untuk berbuka, Anda juga bisa memulai bisnis catering sahur yang kerap dicari umat Muslim yang akan menjalankan ibadah puasanya.

Memang sulit mencari makanan untuk sahur, dikarenakan waktunya yang masih subuh. Nah, karena itulah ini bisnis yang akan laris manis di bulan suci Ramadan ini.

Anda bisa menyajikan menu yang mengisi perut dan sehat, misalnya saja berbagai lauk yang masih hangat dengan sayuran yang sehat.

Yang menjadi kuncinya disini adalah mengatur waktu untuk mempersiapkan makanan, sehingga tetap segar dan hangat saat diantarkan ke rumah konsumen di jam sahur.

Penghasilan Tambahan Ramadan 06a Catering - Finansialku

[Baca Juga: 4 Cara Menghemat Uang di Bulan Ramadhan]

 

#4 Kue Kering

Kue kering biasanya disajikan sebagai hidangan para tamu ketika bulan Ramadan tiba. Tak heran jika umat Muslim sudah mulai mempersiapkan aneka jajanan termasuk kue kering toplesan sebelum hari rayanya tiba.

Anda bisa jadikan ini sebagai peluang usaha yang menjanjikan di bulan puasa.

Misalnya dengan menjadi mitra penyalur kue kering grosir dan mengemasnya menjadi toplesan untuk dijual satuan.

Penghasilan Tambahan Ramadan 07a Kue Kering - Finansialku

[Baca Juga: 5 Ide Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga (Salah Satunya Makanan Ringan)]

 

#5 Fashion Busana Muslim

Selain makanan, produk lainnya yang banyak dicari adalah produk fashion atau pakaian. Mengingat umumnya umat Muslim akan merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan pakaian baru untuk menandakan awal yang baru pula.

Evi Diah Puspitawati, pengamat waralaba dari International Franchise Business Management (IFBM) dalam keterangan resminya yang diterima Franchiseglobal.com, Selasa (1/5/2018) menjelaskan bahwa bisnis pakaian merupakan salah satu bisnis yang akan mengalami panen di bulan Ramadan ini.

Penghasilan Tambahan Ramadan 08a Busana Muslim - Finansialku

[Baca Juga: Temukan Cara Hebat untuk Menjadi Entrepreneur Kreatif dalam Mencapai Kesuksesan]

 

Namun lagi-lagi bukan sembarang pakaian, karena pakaian yang akan diburu para umat Muslim adalah pakaian muslim, sebagai contohnya:

  1. Hijab
  2. Gamis
  3. Tunik

Bisnis ini biasanya dapat dimulai dengan modal beberapa juta rupiah, tergantung kualitas produk yang dijual.

Bila Anda tidak memiliki modal cukup untuk memulai bisnis baju ini, Anda tetap bisa menjual berbagai produk fashion dengan sistem reseller maupun dropship.

Sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan terlalu banyak biaya.

 

#6 Perlengkapan Ibadah

Bisnis lainnya yang berpotensi dikembangkan saat bulan suci Ramadan ini tentunya menjual perlengkapan ibadah, seperti mukena, sajadah, sarung, peci, dan masih banyak lagi.

Sama halnya seperti busana muslim, permintaan perlengkapan ibadah menjelang hari raya Idul Fitri juga akan meningkat pesat. Hal ini menyebabkan harga perlengkapan sholat akan mengalami kenaikan. Dengan harga yang lebih tinggi dari biasanya, keuntungan yang didapat juga lebih besar dari hari biasa.

Penghasilan Tambahan Ramadan 09a Perlengkapan Ibadah - Finansialku

[Baca Juga: Usaha Rumahan Bisnis Kuliner: yang Awalnya Hobi jadi Pemasukan Tambahan]

 

#7 Parcel Lebaran

Belum berhenti sampai disini, biasanya Anda juga berpeluang membuka bisnis parcel lebaran. Parcel ini biasanya diberikan pada rekan atau kerabat sebagai tanda ucapan.

Nah, jika Anda berminat membuka bisnis parcel, 3 hal yang harus diutamakan adalah kreatifitas, kualitas, dan harga.

Pertama, isi parcel lebaran haruslah kreatif dengan penempatan yang menarik, dan biasanya isinya haruslah makanan atau barang-barang berbau Ramadan.

Kedua, kualitas isinya tentu harus top dan memuaskan. Biasanya isinya adalah kue kering, kurma, asinan khas Ramadan, permen, dan masih banyak lagi.

Ketiga, yang pasti harganya harus masuk akal dan bersaing. Jika cocok, biasanya orang akan berbondong-bondong memesan dalam jumlah banyak sebelum Hari Raya Idul Fitri tiba. Contohnya, kue lebaran murah yang sering diburu oleh masyarakat.

Penghasilan Tambahan Ramadan 10a Parcel - Finansialku

[Baca Juga: Tidak Semua Bisnis Waralaba Mampu Mencetak Laba Lho, Kalau Mau Beli Bisnis Waralaba Pilih yang Seperti Ini]

 

#8 Ketupat

Siapa yang tidak mengenal ketupat, makanan khas Hari Raya Idul Fitri? Tentunya Anda sangat familiar dengan makanan pengganti nasi ini.

Kehadiran ketupat memang tidak diwajibkan pada hari raya ini, tapi rasanya Ramadan belum lengkap tanpa kehadiran yang satu ini.

Meski mudah dibuat, banyak umat muslim yang sudah cukup sibuk dengan persiapan Lebaran. Dengan demikian, membeli kepada pedagang adalah solusi terbaik.

Kondisi ini sangat baik bagi para pebisnis jika dimanfaatkan untuk menjajakan ketupat Lebaran.

Penghasilan Tambahan Ramadan 11a Ketupat - Finansialku

[Baca Juga: 5 Tips Praktis Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Setelah Lebaran yang Harus Anda Praktikkan!]

 

#9 Kartu Ucapan atau Amplop Lebaran

Biasanya pelengkap bisnis parcel adalah kartu Lebaran yang juga sangat diminati dalam bulan suci ini. Umat Muslim berbondong-bondong membeli kartu ucapan lebaran untuk dikirimkan pada kerabat atau rekan kerjanya

Pebisnis parcel juga biasanya akan membeli kartu ucapan dalam jumlah besar untuk melengkapi parcelnya agar semakin cantik dan customized.

Jika Anda memiliki hobi menggambar atau design, tidak ada salahnya mencoba menggunakan kemampuan tersebut untuk memperoleh penghasilan tambahan di bulan Ramadan ini.

Jika sanggup, tambahkan juga desain amplop Lebaran yang pastinya laris manis mengingat Hari Lebaran selalu identik dengan uang saku untuk anak-anak.

Penghasilan Tambahan Ramadan 12a Kartu Lebaran - Finansialku

[Baca Juga: Ini 5 Langkah Menyusun Kembali Dana Darurat yang Terpakai di Hari Lebaran]

 

#10 Bisnis Pariwisata

Selain bisnis di atas, Evi Diah Puspitawati, pengamat waralaba dari International Franchise Business Management (IFBM) memaparkan:

“Sementara bisnis lain yang akan terkena imbasnya biasanya itu terkait dengan pariwisata, misalnya seperti hotel, tiket pesawat, kereta api, dan bahkan penyewaan mobil ikut kena imbas dari momen ini.”

Hal itu tentu disebabkan dengan tradisi mudik yang akan dilakukan beberapa hari menjelang Hari Raya Idul Fitri ini.

Selain bagi umat Muslim, hari raya ini merupakan hari libur yang cukup panjang, sehingga umat non-Muslim juga akan memanfaatkannya untuk berlibur.

Jadi, tidak ada salahnya mulai melirik beberapa bisnis berbasis pariwisata yakni membuat bisnis travel, misalnya berikut ini.

  1. Hotel atau penginapan
  2. Penjualan tiket kereta dan pesawat
  3. Penyewaan mobil

Penghasilan Tambahan Ramadan 13a Pariwisata - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Perlu Membeli Asuransi Mobil Rental, Jika Saya Memiliki Bisnis Penyewaan Mobil?]

 

Tips Mengelola Keuangan Bisnis Sampingan Anda

Walaupun bisnis sampingan hanya sebagai penghasilan tambahan, jangan remehkan pengelolaannya.

Selain dari segi teknisnya, bisnis juga perlu direncanakan secara menyeluruh, mulai dari operasionalnya, pemasarannya, bahkan yang terpenting adalah keuangannya.

Jika Anda bertanya-tanya, “Masa sih untuk bisnis sampingan saja harus repot-repot memikirkan pengelolaan keuangan?”

Jawabannya adalah harus. Banyak pebisnis yang tidak bisa mengelola keuangan dengan baik dan ujung-ujungnya mengalami kegagalan bisnis.

Anda bisa mengandalkan perencana keuangan apabila memang dirasa kurang memahami bidang yang satu ini.

Anda bisa langsung menggunakan Aplikasi Finansialku dengan cara download di Google Play Store.

Atau Anda juga dapat menghubungi Finansialku melalui telepon (022 – 2056 5890) atau email (Solusi@Finansialku.com).

Jika Anda memilih untuk mengelolanya sendiri, yuk aplikasikan beberapa tips mudah untuk mengelola keuangan bisnis sampingan Anda sebagai berikut.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

#1 Memiliki Sebuah Sistem yang Jelas

Sebenarnya apa tujuan Anda membuat bisnis sampingan? Mungkin untuk menambah pemasukan, menyalurkan hobi, atau bahkan sebagai langkah awal menjadi pebisnis?

Apapun tujuannya, dibutuhkan sebuah sistem yang jelas dan tertata rapi untuk mendukungnya.

Sistem merupakan suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan.

Dengan adanya sistem, barulah Anda bisa mencapai tujuan dengan lebih baik. Sistem sendiri bermacam-macam, misalkan sistem produksi sistem pengelolaan tenaga kerja, dan sebagainya.

Penghasilan Tambahan Ramadan 14a Sistem - Finansialku

[Baca Juga: 40 Peluang Usaha Bisnis Online Sebagai Penghasilan Tambahan untuk Keluarga]

 

Jika Anda beranggapan bisnis kecil tidak membutuhkan sistem, maka Anda salah besar. Sistem yang sederhana sekalipun akan membantu Anda mencapai tujuan dengan lebih baik.

 

#2 Pembayaran Terdeteksi

Dengan kemajuan teknologi, kini teknik pembayaran semakin variatif saja.

Jika beberapa puluh tahun lalu pembayaran masih mengandalkan uang tunai dan wesel, kini sudah muncul beragam jenis pembayaran non-tunai.

Contohnya adalah transfer via rekening, e-money, dan sebagainya.

Pembayaran non-tunai akan menyebabkan tidak adanya bukti transaksi yang jelas, sehingga akan sulit menelusuri pembayaran.

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Rumah - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Untuk mengantisipasi pembayaran yang terlewat, buatlah sebuah sistem transaksi dengan bukti yang jelas dan wajib dipatuhi. Misalkan saja Anda selalu mengecap bon setelah pembayaran lunas, dan simpanlah salinan bon dalam pembukuan Anda.

Cara lainnya adalah dengan cara otomasi, misalkan membuat sistem kasir seperti di supermarket. Setiap barang yang dibeli wajib dilunasi dahulu, barulah struk pembelian dicetak.

Dengan berkembangknya teknologi, tidak ada yang mustahil sekarang ini.

 

#3 Pembukuan yang Jelas

Melanjutkan dari proses transaksi yang jelas dan harus terdeteksi, dibutuhkan pembukuan yang mencakup seluruh transaksi tersebut.

Penghasilan Tambahan Ramadan 15a Pembukuan - Finansialku

[Baca Juga: Hai Pemilik Bisnis Online, Begini Cara Mengatur Keuangan Anda Agar Tidak Berantakan]

 

Dengan kata lain, harus ada pencatatan yang jelas mengenai seluruh pemasukan dan pengeluaran dari bisnis sampingan Anda. Mulai dari bahan baku, kemasan, gaji pegawai, hasil penjualan, dan sebagainya.

Pembukuan ini berfungsi sebagai alat kontrol keuangan, dimana Anda dapat melakukan review berkala untuk mengetahui perkembangan bisnis Anda dan mengecek profit atau kerugiannya.

Namun ingatlah untuk selalu memisahkan pembukuan pribadi dan bisnis agar tidak bingung nantinya.

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Manfaatkan Bulan Suci Ramadan untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Jika Anda memang sedang kesulitan keuangan dan ingin mendapatkan penghasilan tambahan untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri ini, tidak ada salahnya memulai sebuah bisnis sampingan.

Mengingat tingginya permintaan 10 bisnis di atas tadi, bulan Ramadan ini bisa menjadi saat yang tepat untuk memulai bisnis sampingan.

Namun yang terpenting adalah apapun jenis bisnisnya, lakukan perencanaan yang baik dan menyeluruh agar bisnis Anda dapat berjalan dengan lancar. Selamat mencoba!

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan tentang mendapatkan penghasilan tambahan saat Ramadan? Tinggalkan komentar atau pertanyaan Anda di bawah. Finansialku siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • 2 Juni 2017. Meraup Untung Dari Usaha Di Bulan Puasa. Ayowaralaba.com – https://goo.gl/7S2g4w
  • 6 Mei 2017. 9 Contoh Bisnis di Bulan Ramadhan – Bisnis di Bulan Puasa yang Menguntungkan. Waralabakan.com – https://goo.gl/KJ3XRY
  • Pinka Wima. 2016. Pengen Dapat Uang Tambahan Selama Ramadhan? Ragam Bisnis Inilah yang Cocok Kamu Jadikan Usaha Sampingan. Hipwee.com – https://goo.gl/cb7VAW
  • Jhanuar Pratama. 28 April 2018. 17 Bisnis Sampingan Menjelang Lebaran Yang Menguntungkan. Wisklik.com – https://goo.gl/i47djM

 

Sumber Gambar:

  • Lebaran – https://goo.gl/CLX9rM
  • Keuangan Tipis – https://goo.gl/6pF2Py
  • Ide Bisnis – https://goo.gl/jp39mT
  • Takjil – https://goo.gl/MFA1s2
  • Minuman Dingin – https://goo.gl/tbGt3m
  • Catering – https://goo.gl/fQh6f7
  • Kue Kering – https://goo.gl/YGtkc6
  • Busana Muslim – https://goo.gl/NBMdH5
  • Perlengkapan Ibadah – https://goo.gl/hs8aLV
  • Parcel – https://goo.gl/yMRn7x
  • Ketupat – https://goo.gl/dWFMMt
  • Kartu Lebaran – https://goo.gl/qKa2nf
  • Pariwisata – https://goo.gl/dZiNMh
  • Sistem – https://goo.gl/zt1NyE
  • Pembukuan – https://goo.gl/VwxyT1