Apa saja tempat wisata Lombok yang harus dikunjungi saat liburan? Dimanakah tempat yang recommended untuk melewatkan momen penting liburan?

Kali ini, Finansialku akan membahas 39 tempat wisata Lombok yang harus dikunjungi saat kamu berlibur ke Pulau Seribu Masjid – Part 1.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Lombok, Pulau Seribu Masjid Bersejarah

Lombok adalah pulau yang terletak di sebelah timur Pulau Bali. Berbeda dengan Bali yang mayoritas penduduknya beragama Hindu, di Lombok rata-rata penduduknya menganut agama Islam.

Sejak zaman kerajaan Islam, banyak masjid yang dibangun. Oleh karena itu, pulau ini sekarang dijuluki Pulau Seribu Masjid. Karena, selain banyak terdapat masjid tidak ketinggalan pula sejarah serta cerita-cerita di Pulau Lombok yang sayang untuk dilewatkan.

Seperti halnya Pulau Bali, Pulau Lombok memang berada di sebelah selatan Indonesia berdekatan dengan Samudera Hindia. Ditambah lagi, Pulau Lombok berada di gugus Kepulauan Nusa Tenggara yang terkenal akan keindahan alamnya.

Banyak objek wisata yang indah dan menawan, dengan berbagai cerita pula di dalamnya. Jadi, jika ingin mengunjungi Pulau Lombok, pastikan sudah mengerti betul kemana saja harus pergi dan menghabiskan waktu agar tidak rugi.

 

39 Tempat Wisata Lombok yang Harus Dikunjungi Saat Kamu Berlibur ke Pulau Seribu Masjid – Part 1

Berikut ini adalah tempat-tempat yang harus dikunjungi saat berlibur ke Pulau Seribu Masjid, Lombok. Artikel ini membahas objek ke-1 sampai objek ke-19.

 

#1 Pantai Sire Medana

Pantai Sire Medana di Lombok menjadi salah satu objek wisata alam yang sangat sayang jika tidak didatangi. Lokasinya berada di daerah Lombok Utara, kurang lebih 35 kilometer dari Kota Mataram.

Keistimewaan dari Pantai Sire Medana adalah mempunyai kualitas air yang masih jernih dengan hamparan pasir berwarna putih. Tidak hanya itu, ekosistem lautnya juga mempesona dengan terumbu karang yang masih asri.

Dengan lengkapnya biota laut serta kenampakan alam di Pantai Sire Medana, maka pengunjung bisa melakukan banyak aktivitas di sini. Contohnya saja berenang, voli pantai, snorkeling, dan menyelam.

Wisata Lombok 01 Pantai Sire Medana - Finansialku

[Baca Juga: Panduan Liburan Murah dan Tips Hemat Wisata ke Singapura]

 

Jika ingin merasakan sensasi lain dari Pulau Lombok, jangan lupa juga lakukan olahraga golf 18 holes di Lombok Golf Kosaido Country Club. Jadi, sambil bermain golf traveler juga bisa menikmati keindahan Pantai Sire Medana.

Jangan lupa juga untuk mencoba sensasi lain dari Hotel The Oberoi Lombok di dekat Pantai Sire Medana yang mempunyai dek kapal dan bahkan yacht.

Pengunjung akan dimanjakan oleh taman tropis dengan area cukup luas untuk bersantai dengan tenang dan nyaman. Kemewahan dari tempat ini juga layak dipertimbangkan.

Jika belum puas, lewatkan juga waktu bersantai di  Hotel Tugu Lombok yang masih berada di sekitar Pantai Sire. Atap jerami dari hotel membuat suasana semakin nyaman untuk bersantai.

 

#2 Gili Sulat dan Gili Lawang

Gili adalah sebuah istilah untuk pulau kecil. Gili Lawang merupakan sebuah pulau yang ukurannya cukup kecil, terpisah sejauh 3 km di bagian timur laut Pulau Lombok.

Dengan panjang tidak lebih dari 3,5 km, Gili Lawang masih dikategorikan sebagai wilayah Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Sedangkan untuk Gili Sulat, lokasinya tidak jauh dari Gili Lawang yaitu di bagian tenggaranya kurang lebih hanya berjarak 500 m.

Karena lokasinya yang belum banyak diketahui orang, keindahan alam masih belum banyak terjamah oleh para wisatawan.

Gili Sulat serta Gili Lawang memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan di masa depan. Selain masih memiliki banyak spot yang indah seperti hutan bakau dan ekosistem bawah laut, kedua gili juga bisa dimanfaatkan sebagai eco tourism.

Wisata Lombok 02 Gili Sulat dan Gili Lawang - Finansialku

[Baca Juga: Mau Bahagia? Ini Liburan Hemat Pengganti Mudik Lebaran Liburan Hemat, Mudik Lebaran]

 

Pada momen tertentu, akan ada lumba-lumba yang bermain dan menunjukkan kawanannya di sekitar kedua gili tersebut. Untuk menuju ke sana, pertama-tama harus menempuh perjalanan darat dari Kota Mataram ke arah timur melalui Kota Selong.

Jika ingin memanfaatkan jasa transportasi taksi, maka traveler dapat menuju ke Balai Budidaya Rumput Laut. Jika berdiri di sana, maka suasana Gili Lawang akan terlihat begitu indah.

Karena belum banyak dieksploitasi, Gili Lawang dan Gili Sulat masih dipenuhi 90% kenampakan alam berupa hutan bakau. 10% sisanya adalah hamparan pasir putih yang indah. Dari 90% hutan bakau tersebut, masih sangat sedikit yang sudah bisa ditembus. Sisanya masih belum tereksplorasi.

 

#3 Tanjung Ringgit

Tanjung Ringgit adalah tempat yang cocok didatangi para pecinta fotografi.

Letak Tanjung Ringgit adalah di Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur, bagian tenggara Pulau Lombok dan masih jauh dari Kota Mataram.

Jika ingin mengunjungi Tanjung Ringgit para traveler harus menyewa kendaraan roda 4. Letaknya tidak terjangkau angkutan kota, tetapi karena itu jugalah lokasinya masih asri dan sepi.

Tanjung Ringgit mempunyai kenampakan fisik berbukit dengan tebing-tebing Karst seperti halnya area di sekitarnya. Tebing Karst memanjang dan alurnya berkelok-kelok.

Yang lebih istimewa lagi, bagian tebing terpotong seperti oleh jurang, dimana Samudera Hindia langsung menyambut di baliknya. Jangan berdiri di sekitar perbatasan jika takut ketinggian.

Pada siang hari, saat sinar matahari memantulkan sinarnya maka akan tercipta pantulan air pancawarna yang mempesona.

Wisata Lombok 03 Tanjung Ringgit - Finansialku

 [Baca Juga: Rencanakan Dana Liburan untuk Melihat Keindahan Pulau Komodo (Hemat dan Murah)]

 

Air di Tanjung Ringgit memang jernih dan berwarna hijau kebiruan. Selain itu, bagian terumbu karang juga masih asri. Tidak heran jika lokasi ini masih dianggap sangat alami.

Jika ingin menuju ke barat lewat jalan setapak, sebaiknya pastikan air sedang surut. Jika sampai di dasar tebing lainnya, akan ada sumur yang airnya tidak asin khusus untuk melepas dahaga.

Sungguh alami kehidupan yang ditawarkan Tanjung Ringgit ini. Selain membawa kedamaian juga sangat menentramkan.

Pada bagian timur Tanjung Ringgit, terdapat sebuah gua yang ditemukan pada masa penjajahan Jepang di Indonesia.

Gua Besar memang mempunyai ukuran yang cukup besar, lengkap dengan kolam air tawar juga. Meskipun besar dan terdapat kolam, tetapi Gua Besar tidak memiliki penerangan yang cukup sehingga jangan mengunjunginya dikala gelap.

Karena Tanjung Ringgit cukup luas, maka beberapa traveler juga menghabiskan waktu bermalam di tempat ini dengan berkemah di area sekitar menara Mercusuar sebelah utara.

 

#4 Pantai Surga

Karena keindahannya, Pantai Surga diberi nama yang demikian. Jika sudah melihat kenampakan alam di sana, maka traveler tidak akan heran dengan julukan “Surga” yang melekat pada objek wisata yang satu ini.

Ada dua tebing tinggi yang berdiri tegak di antara Pantai Surga. Bentuk pantai yang mirip dengan huruf U di ujung teluk sangat menarik terutama karena keseluruhan bagian tepi dipenuhi hamparan pasir putih.

Wisata Lombok 04 Pantai Surga - Finansialku

[Baca Juga: Paket Liburan Lebaran Saat ini]

 

Karena dikelilingi tebing tinggi dan berada di teluk, maka Pantai Surga tidak mempunyai banyak ombak besar. Sebagai gantinya, sepoi angin dan bisik pasir akan membuat suasana bersantai lebih nyaman.

Tidak hanya itu, karena tidak banyak ombak, maka di lokasi ini pengunjung yang membawa anak-anak bisa menghabiskan waktu untuk bermain pasir dan berenang. Tidak ketinggalan, kegiatan snorkeling juga akan sangat menyenangkan.

Meskipun ombaknya tidak selalu besar, tetapi pada bulan Juni sampai Oktober para peselancar luar negeri biasa menghabiskan waktu berlatih surfing di Pantai Surga.

Untuk mencapainya, perjalanan yang dilakukan perlu waktu 1,5 jam dengan kendaraan pribadi roda 4 atau sewa. Jaraknya yang cukup jauh dari Kota Mataram yakni 72 km, membuat kendaraan umum tidak tersedia.

 

#5 Gili Kedis

Gili Kedis adalah sebuah pulau yang sangat mempesona. Keindahan alamnya sangat memukau karena mempunyai banyak pemandangan indah baik di daratan maupun lautannya.

Wisata Lombok 05 Gili Kedis - Finansialku

[Baca Juga: Wisata Murah: Berapa Dana Liburan ke Raja Ampat ala Backpacker? Lihat Perhitungannya!]

 

Jika melihat dari arat pantai, maka akan tampak perbedaan warna laut karena pengaruh rumput laut di dasarnya. Karena banyak ekosistem yang hidup di sini terutama burung pipit, maka Gili Kedis dijuluki sebagai Pulau Burung Pipit.

Tidak heran, traveler yang datang ke sana selalu merasa puas seperti memiliki pulau pribadi.

 

#6 Pantai Mawun Lombok

Pantai Mawun berada di Desa Tumpak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Pulau Lombok Tengah yang masih banyak belum diketahui banyak traveler. Tetapi, potensi alamnya sangat memukau.

Dari kota Mataram, perjalan ke Pantai Mawun kurang lebih membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Tetapi, jika sudah sampai di sana pengunjung bisa sekalian mengunjungi Pantai Selong Belanak dan Pantai Kuta Lombok karena lokasinya berdekatan.

Wisata Lombok 06 Pantai Mawun Lombok - Finansialku

[Baca Juga: Merencanakan Dana Liburan ke Eropa dengan Aplikasi Finansialku]

 

Kebersihan pantai menjadi nilai plus tersendiri bagi Pantai Mawun karena belum banyak wisatawan yang datang ke sana. Selain itu, air laut juga biru jernih sehingga sangat segar dan nyaman untuk digunakan berenang.

Apabila ingin berjemur, maka sepoi angin ditambah ombak kecil bergulung akan siap menemani para traveler. Ombak yang kecil adalah akibat dari lokasi Pantai Mawun yang memang terletak di bagian teluk.

 

#7 Danau Segara Anak

Pada bagian kawah Gunung Rinjani, ada sebuah danau yang diberi nama Segara Anak. Danau Segara Anak hanya bisa dilihat oleh pendaki yang berada pada ketinggian kurang lebih 2.000 mdpl.

Karena keindahannya, banyak traveler yang tidak cukup hanya melihat saja tetapi juga menghabiskan waktu bermalam di Danau Segara Anak yang memiliki luas sampai 1.100 hektare dan kedalaman 300 m ini.

Wisata Lombok 07 Danau Segara Anak - Finansialku

[Baca Juga: 15 Tips untuk Liburan Murah dan On Budget]

 

Banyak pendaki yang sengaja melarung atau meletakkan sesaji di bagian samping danau karena kepercayaannya. Saat berada di dekat danau, pengunjung akan melihat Gunung Baru Jari yang masih aktif.

Tidak hanya itu, dari Danau Segara Anak juga terdapat akses menuju sumber air panas dengan kandungan belerang tinggi sehingga bisa membantu mengatasi masalah kulit.

 

#8 Sumber Air Panas Aik Kalak

Seperti namanya, Sumber Air Panas Aik Kalak adalah sebuah objek wisata relaksasi yang akan membantu para traveler menyelesaikan kepenatan dengan mandi air panas. Lokasi wisata ini masih berada di dekat Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak.

Sumber air panas tersebut merupakan salah satu bentuk kekayaan alam khas Suku Sasak. Arti dari Aik Kalak sendiri adalah air panas.

Wisata Lombok 08 Sumber Air Panas Aik Kalak - Finansialku

[Baca Juga: Save Your Trip! Liburan Terbaik di Pulau Wakatobi]

 

Karena masih bersumber dari mata air yang belum terkontaminasi, maka air di Sumber Air Panas Aik Kalak bisa membantu merelaksasi tubuh, terutama menyembuhkan penyakit encok dan kulit. Tidak hanya itu, kelima panca indera juga bisa ditajamkan karena berhubungan pula dengan sistem saraf pusat seseorang.

Banyak masyarakat sekitar yang memanfaatkan sumber air untuk membuat obat-obatan tradisional. Contohnya saja Siu Satunggal, sebuah olahan minyak obat yang terbuat dari air sumber ditambah santan kental.

 

#9 Pantai Tebing

Seperti namanya, di dekat Pantai Tebing memang terdapat sebuat tebing tinggi sampai 20 m. Lokasi detail objek wisata ini adalah di Dusun Luk, Desa Sambik Bangkol, Kecamatan Gangga, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Keunikan dari Pantai Tebing, selain tebingnya adalah hamparan pasir hitam yang lain dibandingkan rata-rata pasir di Pulau Lombok yang berwarna putih. Selain itu, pemandangan kapal yang merapat juga bisa menambah keunikan tersendiri.

Wisata Lombok 09 Pantai Tebing - Finansialku

[Baca Juga: Agar Hemat, Yuk Rencanakan Liburan dan Wisata Murah ke Jepang]

 

Pantai Tebing juga diistilahkan sebagai Pantai Luk, karena merupakan daerah selat yang sering dilewati kapal. Udara di sekitarnya cukup panas, sehingga lebih baik jika pengunjung mempersiapkan topi.

Jika ingin menginap, traveler harus mencari penginapan agak jauh karena belum tersedia lokasi penginapan di daerah Pantai Tebing.

Soal biaya, pengunjung tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam karena harga angkutan umum dari Terminal Mandalika ke Pantai Tebing hanya Rp25.000 per kepala.

 

#10 Rinjani Lodge

Rinjani Lodge merupakan hotel yang jaraknya hanya 1 km dari Taman Nasional Rinjani dan desa tradisional Sasak dusun Senari.

Untuk para traveler, segala fasilitas ditawarkan oleh lokasi ini seperti wifi, AC, kulkas, TV satelit, dan segala kenyamanan kamar dengan perabot lengkap yang berada dekat dengan panorama memikat.

Jika ingin menghabiskan waktu di sekitar hotel, maka sebaiknya kunjungi Air Terjun Sindang Gila yang hanya perlu ditempuh 20 menit berjalan kaki.

Wisata Lombok 10 Rinjani Lodge - Finansialku

[Baca Juga: Wisata Thailand, Lebih Murah Mana: Liburan Sendiri atau Paket Liburan Travel Agent]

 

Selain itu, ada juga Air Terjun Tiu Kelep yang bisa ditempuh dalam waktu 40 menit berjalan kaki. Ada staf yang akan membantu mengantar penjemputan dan pengantaran ke bandara. Sehingga acara liburan menjadi lebih terfasilitasi.

Soal sajian kulinernya, jangan meragukan lokasi ini karena makanan khas Eropa dan Indonesia siap dihidangkan untuk memanjakan lidah. Soal harga, traveler hanya perlu membayar Rp1.000.000 per malam untuk setiap kamar maksimal 2 orang.

 

#11 Taman Wisata Alam Gunung Tunak

Taman Wisata Alam Gunung Tunak berlokasi di Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

Seperti kenampakan alam daerah Lombok lainnya, objek wisata ini juga akan membawa para traveler dalam menikmati panorama pantai berpasir putih, tebing kapur dan savana.

Luasnya yang tidak main-main, yakni 1.200 hektar dengan bentuk bukit juga sangat memanjakan para traveler. Bukit-bukit yang membentuk Taman Wisata Alam Gunung Tunak contohnya Bukit Kelor, Bukit Takar-akar, Bukit Pejanggik, Bukit Bungkulan, dan Bukit Batu Jangak.

Wisata Lombok 11 Taman Wisata Alam Gunung Tunak - Finansialku

 [Baca Juga: Mempersiapkan Dana Liburan ke Hong Kong dengan Aplikasi Finansialku]

 

Pada bagian barat laut dari Taman Wisata Alam Gunung Tunak pengunjung akan bisa melihat Teluk Bumbang. Sementara itu, di bagian timur terdapat Teluk Awang. Keindahan dari panorama terumbu karang yang terlihat dari atas sangat menarik terutama jika pengunjung memutuskan untuk memancing di sana.

Yang unik dari tempat wisata ini adalah meskipun bernama gunung tetapi ketinggiannya hanya 105 mdpl. Taman Wisata Gunung Tunak sangat dekat dengan Pantai Tunak. Tiket masuknya hanya dibanderol dengan Rp2.500 sampai Rp5.000.

 

#12 Pantai Nambung

Pantai Nambung mempunyai keunikan tersendiri dengan adanya pasir berwarna mirip merica bubuk. Tidak hanya itu, perbukitan di sekitarnya dengan ombak yang santai membuat traveler ingin berlama-lama menghabiskan waktu untuk sekedar merelaksasi pikiran.

Tidak hanya dari keindahan fisik daratannya, tetapi di laut ada berbagai macam rumput laut yang siap menemani acara main-main kecil dengan tema super santai. Bahkan, karena jumlah rumput laut yang melimpah, banyak masyarakat yang membudidayakan serta mengolahnya.

Wisata Lombok 12 Pantai Nambung - Finansialku

[Baca Juga: Asyiknya, Liburan ke Pulau Derawan nan Menawan]

 

Untuk mencapai Pantai Nambung, traveler harus menuju ke Dusun Pengantap, Desa Buwun Emas, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, NTB. Dari kota Mataram, traveler bisa menggunakan dengan kendaraan roda 2 atau 4.

Keunikan lain dari Pantai Nambung adalah terdapat air terjun yang berasal dari laut itu sendiri. Jadi, modelnya seperti ada air terjun di sebelah pantai. Sangat unik bukan?

 

#13 Tanjung Poki

Tanjung Poki berada di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Tempat wisata ini memberikan fasilitas bagi traveler untuk memancing dengan berbagai macam spot menarik dan biota laut variatif.

Wisata Lombok 13 Tanjung Poki - Finansialku

[Baca Juga: Mau Liburan tapi Pekerjaan Banyak? Lakukan Rahasia ini Biar Gak Stres]

 

Selain tebingnya yang menantang para pemancing, ombak besar dan ganas juga membuat kekayaan ikan semakin banyak ditambah juga tantangan dalam memancing.

 

#14 Air Terjun Tiu Kelep

Air Terjun Tiu Kelep memiliki ketinggian 45 m. Untuk mencapainya traveler membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam dari Kota Mataram.

Selain perjalanan yang menantang, di objek wisata ini juga diberikan berbagai akses untuk foto-foto dengan pohon besar yang menyelimutinya.

Wisata Lombok 14 Air Terjun Tiu Kelep - Finansialku

 [Baca Juga: Ingin Liburan ke Luar Negeri Setiap Tahun? Begini Caranya!]

 

Jadi, kenampakan alam fisik Air Terjun Tiu Kelep masih sangat alami dan mempesona. Supaya tidak tersesat, lebih baik untuk mencari pemandu wisata dari warga setempat.

Lokasi detail Air Terjun Tiu Kelep adalah di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara.

 

#15 Air Terjun Benang Kelambu

Seperti namanya, objek wisata yang satu ini memang memiliki pancaran air seperti kelambu terbuat dari benang. Itu sebabnya Air Terjun Benang Kelambu menjadi salah satu lokasi wisata paling instagramable.

Wisata Lombok 15 Air Terjun Benang Kelambu - Finansialku

[Baca Juga: 5 Langkah Mudah untuk Mendapatkan Liburan Termurah]

 

Sumber mata air dari objek wisata ini adalah Danau Segara Anak yang dekat dengan Gunung Rinjani. Jadi, di sana akan ditemukan keindahan dan kesegaran air yang masih murni.

Harga tiket masuk Air Terjun Benang Kelambu hanya Rp5.000 saja. Secara detail, lokasinya berada di Desa Aik Bukak, Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah.

 

#16 Air Terjun Mangku Sakti

Lokasi Air Terjun Mangku Sakti adalah di Dusun Sajang, Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur. Untuk rutenya, perjalanan yang ditempuh kurang lebih 75 km dari Kota Mataram selama 4 jam.

Wisata Lombok 16 Air Terjun Mangku Sakti - Finansialku

[Baca Juga: Ternyata Lebih Enak: Ambil Cuti dan Liburan Pakai Uang Hasil Investasi]

 

Selama perjalanan, para traveler akan melewati daerah Mataram – Pusuk – Pemenang – Tanjung – Gondang – Selengan – Batu Gembung – Desa Senaru – Dasan Gerisak – Desa Sambik Elen – Sajang.

 

#17 Pantai Semeti

Di Pantai Semeti, terdapat tebing karang yang tingginya mencapai 20 m. Karena struktur fisik alamnya yang berbeda dari pantai lain, maka objek wisata yang satu ini sangat memukau bagi siapapun yang mengunjunginya.

Wisata Lombok 17 Pantai Semeti - Finansialku

 [Baca Juga: Cara Menghitung dan Merencanakan Dana Liburan yang Perlu Dicoba]

 

Lokasinya di Desa Mekar Sari, Kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah.

Banyak hal yang bisa dilakukan di objek wisata yang menawan ini contohnya berenang, bermain voli pantai, snorkeling, hingga memancing. Manfaatkan batu-batu karang sebagai teman memancing yang seru.

 

#18 Bukit Pergasingan

Masih berada di daerah sekitar Gunung Rinjani, Bukit Pergasingan menjadi objek wisata yang sangat cocok dimanfaatkan untuk berkemah.

Selain lokasinya yang strategis, bukit ini juga mempunyai hawa sejuk yang menyenangkan. Ketinggian Bukit Pergasingan adalah 1.670 mdpl.

Wisata Lombok 18 Bukit Pergasingan - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Liburan Saat Tanggal Merah, Lebih Baik Ambil Cuti]

 

Dari sana, akan terlihat banyak jenis kenampakan alam seperti sawah, hutan, gunung, serta tebing. Hal ini tentu akan sangat menyenangkan.

Untuk memasukinya, setiap traveler harus membayar Rp10.000 saja. Jadi, harga tersebut tentunya sangat terjangkau untuk segala keindahan yang dapat disaksikan di sana.

 

#19 Lingkoq Datu, Pantai Penyisok

Lokasi Lingkoq Datu, Pantai Penyisok berada di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur.

Kenampakan alam yang seperti film fantasi memang selalu mengundang tanda tanya apakah tempat tersebut memang benar-benar ada di Indonesia atau tidak.

Wisata Lombok 19 Lingkoq Datu, Pantai Penyisok - Finansialku

[Baca Juga: Apa Saja Untung Ruginya Bawa Laptop pada Saat Liburan?]

 

Keunikan dari rute perjalanan menuju Lingkoq Datu, Pantai Penyisok adalah traveler ditantang untuk melintasi lahan luas tempat banyak jagung ditanam. Kebun jagung tersebut memang berada di rute Lingkoq Datu, Pantai Penyisok.

 

Sesuaikan Waktu Dengan Timeline

Supaya tidak membuang banyak waktu, buatlah timeline terlebih dahulu. Saat kapan kamu mau berangkat dan ke tempat wisata mana saja yang akan kamu kunjungi.

Hal ini akan membuat risiko untuk “boros” di jalan bisa dikurangi.

 

Bagaimana pendapat Anda tentang tempat wisata di Pulau Lombok? Mengapa demikian? Uraikan pendapat Anda sebagai seorang traveler sejati, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Nanda. 39 Tempat Wisata Di Lombok Paling Populer dan Indah. Tempatwisataseru.com – https://goo.gl/GqPfhM

 

Sumber Gambar:

  • Pantai Sire Medana – https://goo.gl/aSRqPp
  • Gili Sulat dan Gili Lawang – https://goo.gl/9jzDdM
  • Tanjung Ringgit – https://goo.gl/ZfBeFd
  • Pantai Surga – https://goo.gl/cmAatJ
  • Gili Kedis – https://goo.gl/NbJzRH
  • Pantai Mawun Lombok – https://goo.gl/TZJTP1
  • Danau Segara Anak – https://goo.gl/6iZcMX
  • Sumber Air Panas Aik Kalak – https://goo.gl/TVa2ge
  • Pantai Tebing – https://goo.gl/kNE3kq
  • Rinjani Lodge – https://goo.gl/NRpk6C
  • Taman Wisata Alam Gunung Tunak – https://goo.gl/Lrv3Dw
  • Pantai Nambung – https://goo.gl/aWrLx2
  • Tanjung Poki – https://goo.gl/XbwcFF
  • Air Terjun Tiu Kelep – https://goo.gl/EevZzR
  • Air Terjun Benang Kelambu – https://goo.gl/zbsuyL
  • Air Terjun Mangku Sakti – https://goo.gl/FXV1j9
  • Pantai Semeti – https://goo.gl/rhfxvE
  • Bukit Pergasingan – https://goo.gl/8yuoeg
  • Lingkoq Datu, Pantai Penyisok – https://goo.gl/QmBkz9

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

Summary
39 Tempat Wisata Lombok yang Harus Dikunjungi Saat Kamu Berlibur ke Pulau Seribu Masjid - Part 1
Article Name
39 Tempat Wisata Lombok yang Harus Dikunjungi Saat Kamu Berlibur ke Pulau Seribu Masjid - Part 1
Description
Apa saja tempat wisata Lombok yang harus dikunjungi saat liburan? Dimanakah tempat yang recommended untuk melewatkan momen penting liburan?
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo