PDB India meningkat drastis gara-gara kepemimpinannya, bahkan melebihi China. Simak seperti apa kepemimpinan Narendra Modi selama menjadi Perdana Menteri India.

Selamat membaca dan semoga terinspirasi!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Politisi India – Narendra Modi

Narendra Modi adalah politisi India terkemuka dan Perdana Menteri India saat ini.

Dia dikenal karena memimpin partainya Bharatiya Janta Party (BJP) untuk kemenangan bersejarahnya dalam pemilihan Perdana Menteri India pada tahun 2014.

Narendra Modi menjadi Perdana Menteri India pertama yang lahir setelah kemerdekaan.

Dia tumbuh dari seorang bocah lelaki miskin yang menjual teh dan kini menjadi pemimpin yang berorientasi pada pembangunan di India.

Kini ia menjabat sebagai menteri Gujarat yang terlama selama kurang lebih 12 tahun.

Kepemimpinan Narendra Modi 02 - Finansialku

[Baca Juga: 12 Alasan Resign Kerja yang Sering Diucapkan Karyawan. Apakah Anda Pernah Melakukannya Juga?]

 

Narendra Modi menjadi sosok yang kontroversial setelah kerusuhan yang terjadi di Gujarat tahun 2002 silam.

Pemerintahnya dituduh tidak melakukan cukup banyak usaha untuk meredam kerusuhan tersebut.

Narendra Modi adalah anak didik dari L. K. Advani dan dikenal karena menjalankan pemerintahan dengan kualitas pengambilan keputusannya yang tajam.

Meskipun kebijakan ekonominya dipuji, ia dikritik karena gagal membuat banyak perubahan positif dalam keseluruhan pembangunan manusia di Gujarat.

Setelah menduduki kantor Perdana Menteri, ia mengumumkan banyak program dan kebijakan yang rencananya akan diimplementasikan oleh pemerintah dalam jangka waktu 5 tahun.

 

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

 

Suksesnya Kepemimpinan Narendra Modi

Perdana Menteri Narendra Modi sukses besar, baik di bidang ekonomi dan politik.

Dalam pemerintahannya, bidang ekonomi sedang berkembang dan Narendra Modi adalah pemimpin India paling populer sejak Mahatma Gandhi, baik di dalam maupun di luar negeri.

Perdana Menteri India, Shri Narendra Modi memang memperlihatkan semangat sebagai seorang pemimpin yang patut dicontoh, itulah sebabnya ia sangat dihormati oleh para rakyatnya.

Gaya kepemimpinannya sederhana namun terorganisir. Dia memperhatikan kaum petani serta dokter dan juga para pengusaha.

Shri Narendra Modi adalah sosok pemimpin yang dikenal sangat rendah hati dan membumi asal kota kecil Vadnagar, India.

Perjalanan kariernya ke posisi Perdana Menteri India yang paling dihormati sangat luar biasa.

Reformasi dalam bidang ekonomi yang keras (dan terkadang tidak populer) telah menempatkan India pada sebuah peringkat atas untuk menjadi negara dengan perekonomian yang utama dan tumbuh dengan cepat bahkan paling cepat di dunia pada tahun 2018.

Upaya Shri Narendra Modi dalam politik merupakan upaya yang konstan dan tidak muncul dalam semalam. Visi dan tindakannya tidak hanya sistematis tetapi juga terorganisir.

Tanpa latar belakang keluarga politik yang kuat, Narendra Modi berhasil memimpin salah satu negara demokrasi terbesar di dunia sebagai Perdana Menteri.

Dia telah bekerja keras melalui mimpinya untuk menjadikan India sebagai negara dengan ekonomi yang sukses.

Kepemimpinan Narendra Modi 03 - Finansialku

[Baca Juga: 6 Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan, Tanpa Merusak Keuangan Perusahaan]

 

Usaha dan program politiknya menunjukkan perencanaan dan visi jangka panjang bersama dengan pola kerja yang terorganisir.

Perdana Menteri Narendra Modi adalah pemimpin yang sangat dihormati hamper oleh sebagian besar warga negara yang bekerja sebagai timnya untuk mencapai setiap visinya.

Narendra Modi juga tak enggan untuk meminta masukan, pendapat, dan umpan balik dari orang-orang yang mengikutinya dan membuat perubahan positif bagi India.

 

Karier Kepemimpinan Narendra Modi

Selama keadaan darurat nasional antara tahun 1975-1977 saat pemerintahan di bawah Perdana Menteri Indira Gandhi, Narendra Modi melakukan politik “bawah tanah” dengan memanfaatkan berbagai taktik termasuk pencetakan dan distribusi pamflet demi menentang pemerintah.

Narendra Modi bergabung dengan Partai Bharatiya Janata Party (BJP) pada tahun 1985 dan diangkat sebagai sekretaris organisasi Unit Gujarat pada tahun 1987.

Kemampuannya diakui di dalam partai setelah ia membantu L.K. Ayodhya Rath Yatra dari Advani pada tahun 1990.

Narendra Modi memainkan peran utama dalam memperkuat kehadiran Partai BJP di Gujarat setelah pemilihan Majelis Gujarat tahun 1990.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Dalam pemilihan tahun 1995, partai BJP memenangkan 121 kursi, dengan demikian membentuk pemerintahan BJP pertama di Gujarat. Partai BJP sempat berkuasa untuk beberapa waktu, tapi segera berakhir pada bulan September 1996.

Pada tahun 1995, Narendra Modi diangkat sebagai Sekretaris Nasional Partai BJP dan pindah ke New Delhi untuk menangani kegiatan di Haryana dan Himachal Pradesh.

Narendra Modi menjadi Sekretaris Jenderal (Organisasi) pada tahun 1998, posisi di mana ia menyelesaikan perselisihan politik internal dan membantu Partai BJP memenangkan pemilihan Lok Sabha 1998.

Dia bertarung dalam pemilihan majelis Gujarat 2002 untuk pertama kalinya dan memenangkan kursi dari Rajkot-II, dan menjadi kepala menteri Gujarat.

Kepemimpinan Narendra Modi 04 - Finansialku

[Baca Juga: Perlukah Program Kesejahteraan Karyawan? Dari Survei PwC 2017, 53% Karyawan Stres Akibat Masalah Keuangan Keluarga]

 

Pemerintahnya dituduh tidak melakukan upaya apapun untuk menghentikan kerusuhan Gujarat pada tahun 2002.

Kerusuhan terjadi sebagai pembalasan terhadap pembakaran jamaah haji di sebuah kereta dekat Godhra.

Narendra Modi terpaksa mengundurkan diri sebagai Ketua Menteri menyusul pertentangan dari dalam dan luar Gujarat.

Namun, ia terpilih kembali sebagai Ketua Menteri pada bulan Desember 2002, setelah Partai BJP memenangkan pemilihan majelis.

Setelah beberapa investigasi dilakukan oleh Tim Investigasi Khusus, Narendra Modi dianggap bersih oleh Mahkamah Agung karena kurangnya bukti keterlibatannya dalam kekerasan.

Meskipun ia mengklaim telah mengambil langkah-langkah untuk membawa kemakmuran dan pembangunan di Gujarat.

Namun banyak penelitian dan statistik menunjukkan bahwa negara tidak memiliki peringkat yang sangat tinggi dalam pembangunan sumber daya manusia, pendidikan, perbaikan gizi, dan pengentasan kemiskinan.

Partai BJP memenangkan 282 kursi dari 534 kursi dalam pemilihan 2014, dan berhasil mengalahkan Partai UPA yang berkuasa saat itu melalui kepemimpinan Kongres Nasional India.

 

Penghargaan yang Diterima Narendra Modi

Pada tahun 2007, Narendra Modi diangkat sebagai Menteri terbaik di negara itu, dalam survei yang dilakukan oleh majalah India Today.

Majalah FDi memberikan penghargaan sebagai ‘FDi Personality of the Year’ pada tahun 2009. Narendra Modi juga sempat tampil di halaman depan sampul edisi TIME edisi Maret 2012.

Pada tahun 2014, Narendra Modi berada di peringkat ke-15 dalam daftar ‘World’s Most Powerful People’ di majalah Forbes.

Oleh Majalah Time, Narendra Modi dinobatkan sebagai ‘100 most influential people in the world’ oleh majalah Time, pada tahun 2014.

Narendra Modi juga menduduki posisi kedua sebagai politisi yang paling banyak diikuti di Twitter dan Facebook dan dinobatkan sebagai pada ‘30 most influential people on the internet’ yang dirilis oleh majalah Time pada tahun 2015.

 

Belajar Kepemimpinan dari Narendra Modi

Sebagai seorang politis, tak mudah menghadapi berbagai tantangan.

Berikut ini gaya kepemimpinan yang ia terapkan di India sebagai Perdana Menteri hingga menyandang berbagai gelar kehormatan.

 

#1 Pemimpin yang Memberi Teladan

Narendra Modi dianggap sebagai salah satu pemimpin yang paling dihormati di dunia bukan karena posisinya, tetapi karena ia memberi contoh sebagai pemimpin yang hebat.

Dia adalah pria yang dihormati sekaligus disegani semua orang karena kepribadiannya, karakternya, sifat-sifatnya, dan kualitasnya dalam memimpin.

Jika Anda ingin menjadi seorang pemimpin, pertama-tama Anda harus bertindak layaknya seorang pemimpin.

Seorang pemimpin tidak dapat memenangkan kepercayaan dan hati orang lain jika ia tidak memiliki kualitas dan karakter seorang pemimpin terutama memberi teladan bagi orang lain.

Kepemimpinan Narendra Modi 05 - Finansialku

[Baca Juga: Perhatikan Kesehatan Mental Karyawan untuk Menambah Keuntungan Bisnis Perusahaan]

 

#2 Memperlihatkan Antusiasme Secara Intens

Salah satu kualitas kepemimpinan terpenting yang dapat dipelajari dari Narendra Modi adalah hasrat dan semangatnya yang kuat dalam bekerja dan memimpin.

Dia sangat suka melayani negaranya sehingga dia menghabiskan 18 jam setiap hari di tempat kerja.

Ini tidak diragukan lagi sebagai kualitas penting yang umumnya dimiliki oleh semua pemimpin di dunia. Bill Gates juga dikenal sebagai pekerja keras ketika dia masih muda.

Hal yang sama berlaku untuk semua orang yang sangat sukses di dunia kepemimpinan dan wirausaha.

Ketika Anda antusias dengan pekerjaan Anda, Anda bersedia bekerja dengan penuh semangat, bahkan tanpa mendapat imbalan secara finansial sama sekali.

Anda akan tetap bersedia untuk bertahan meski tantangan yang dihadapi begitu sulit karena Anda suka melakukannya.

Kebenaran yang menyedihkan adalah bahwa kebanyakan orang tidak bersemangat dengan pekerjaan mereka.

Inilah sebabnya mengapa kebanyakan orang akan menyerah ketika masa-masa sulit datang atau memilih untuk menghindari pekerjaan mereka ketika mereka merasa tidak ingin bekerja.

Jika Anda serius ingin menjadi pemimpin yang luar biasa seperti Narendra Modi, Anda harus mengekspresikan hasrat dan antusiasme yang kuat dengan apa yang Anda lakukan.

Ketika Anda antusias dan mencintai apa yang Anda lakukan, tidak akan ada yang bisa menghentikan Anda untuk bergerak maju.

 

#3 Belajar untuk Memahami Orang Lain

Terlepas dari apakah itu dalam ranah politik atau dalam bisnis, jika Anda ingin menjadi pemimpin yang hebat, Anda perlu memahami orang-orang yang ada di sekitar Anda.

Dalam bisnis, Anda perlu memahami tim Anda dan pelanggan Anda. Tidak mungkin Anda dapat membangun bisnis yang sukses tanpa mengetahui apa yang diinginkan oleh tim Anda dan pelanggan Anda.

Narendra Modi adalah pemimpin hebat yang selalu tahu akan hal ini. Dan ini adalah bagaimana dia berhasil memenangkan kepercayaan rakyat India. Oleh sebab itu, ia terpilih sebagai Perdana Menteri India.

Selama masa jabatannya sebagai menteri utama di negara bagian Gujarat, tingkat pertumbuhan PDB negara bagian tersebut melonjak tinggi bahkan melebihi nilai negara secara keseluruhan.

Selama pemerintahan Narendra Modi, Gujarat menduduki peringkat “kemudahan berbisnis” oleh Bank Dunia di antara semua negara bagian India lainnya.

Kepemimpinan Narendra Modi 06 - Finansialku

[Baca Juga: Mengapa Pasangan Muda Harus Memiliki Asuransi Jiwa? Apakah Premi Rp500 Ribu Cukup?]

 

Narendra Modi mengerti apa yang orang inginkan. Dia tahu bahwa satu-satunya cara untuk memenangkan pemilihan adalah memenangkan hati rakyat.

Untuk melakukan itu, dia harus belajar untuk menjadi pemimpin yang hebat dan melayani negaranya dengan cara yang lebih baik, yang bisa dia lakukan.

Sebagian besar orang memahami dan berpikir bahwa menjadi pemimpin atau pemilik bisnis adalah soal menghasilkan keuntungan sebanyak mungkin.

Inilah sebabnya mengapa banyak bisnis mengalami kegagalan dalam waktu lima tahun pertama peluncurannya.

Mereka terlalu fokus pada menghasilkan keuntungan dan melupakan kunci terpenting untuk sukses, yaitu memahami apa yang diinginkan pasar, pelanggan, klien, dan orang-orang di sekitar mereka.

 

#4 Percaya Diri

Percaya diri adalah kualitas kepemimpinan yang sangat penting dan sangat diperlukan, sehingga tanpa itu, kepemimpinan tidak akan tetap eksis.

Kepercayaan diri adalah hal mendasar dimana kepemimpinan bisa tumbuh. Dan tanpa keyakinan akan kepercayaan diri, maka kepemimpinan akan seperti membangun rumah di atas dasar pasir.

Narendra Modi dengan jelas menunjukkan kepercayaannya pada karier politiknya.

Dia yakin bahwa dia dapat memenangkan pemilihan umum dan fokus untuk menghilangkan korupsi, bermain pada citranya sebagai seorang politisi yang menciptakan peningkatan pertumbuhan PDB yang tinggi di Gujarat dan menggambarkan dirinya sebagai orang yang dapat membawa pembangunan perekonomian India.

Tingkat kepercayaan Narendra Modi yang kuatlah yang memenangkan pemilihan dan menjadikannya sebagai Perdana Menteri yang dihormati ada di hati rakyat.

Ketika ingin menjadi pemimpin yang hebat, Anda perlu memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi, dan ini sangat penting.

Bayangkan ketika Anda memimpin sebuah tim dan Anda kurang percaya diri, apa yang Anda pikirkan tentang tim Anda tentang Anda?

Mereka akan kehilangan kepercayaan mereka pada kepemimpinan Anda. Dan akibatnya, orang tidak akan pernah bisa melangkah lebih jauh tanpa kepercayaan diri.

Mereka akan bertindak di zona nyaman mereka dan hidup dalam ketakutan.

Bagi Narendra Modi, kepercayaan diri bahkan lebih penting karena dia memimpin seluruh negara, belum lagi negara dengan populasi terbesar kedua di dunia.

Jika dia tidak menunjukkan kepercayaan pada apa yang dia lakukan, seluruh bangsa akan menderita bersama rakyatnya.

 

#5 Visioner dan Berpikir Jangka Panjang

Kualitas kepemimpinan lain yang dapat Anda pelajari dari Narendra Modi adalah gaya berpikir jangka panjang dan gaya kepemimpinan visionernya.

Di bawah pemerintahan Narendra Modi, PDB India tumbuh sangat pesat dan menjadikannya sebagai negara dengan ekonomi besar dan dengan pertumbuhan tercepat di dunia, pada tingkat yang lebih tinggi dari China.

Dalam istilah ekonomi, Narendra Modi memiliki visi menjadikan India sebagai pusat manufaktur global dengan memperkenalkan inisiatif “Make in India” agar mendorong perusahaan asing untuk membuat produk di negara ini.

Selain itu, strategi ini juga bagian dari rencana Narendra Modi untuk meningkatkan kebersihan umum di India. Dia telah meluncurkan kampanye “Bersihkan India” yang bertujuan untuk menghilangkan buang air besar sembarangan dalam waktu lima tahun.

Jutaan toilet telah dibangun di daerah pedesaan untuk mendorong orang untuk menggunakannya. Pemerintah memiliki rencana untuk membangun 60 juta toilet pada tahun 2019.

Kepemimpinan Narendra Modi 07 - Finansialku

[Baca Juga: Jarang Diketahui Orang! Ini Rahasia Meraih Kebebasan Keuangan Sebelum Pensiun]

 

Seorang pemimpin harus berpikir jangka panjang seperti Narendra Modi. Anda bisa melihat Elon Musk, ia terkenal dengan keterampilan berpikir jangka panjangnya karena ingin menggunakan energi terbaru dan mengurangi polusi di Bumi.

Oleh sebab itu, ia menciptakan Tesla, perusahaan kendaraan listrik.

Tidak hanya itu, ia memiliki visi untuk “menjajah” Mars dalam waktu dekat.

Ketika Anda memikirkannya, membawa orang ke Mars dan tinggal di sana pasti merupakan salah satu tujuan besar dan gila yang tidak akan pernah diimpikan orang biasa.

Dan kualitas ini adalah apa yang Anda butuhkan untuk berkembang sebagai seorang pemimpin. Cobalah untuk menjadi pemimpin yang visioner dan berpikir dalam jangka panjang.

 

#6 Mampu Beradaptasi & Tidak Ketinggalan Zaman

Selain sebagai pecandu kerja, Narendra Modi juga menunjukkan kemampuannya untuk beradaptasi dengan teknologi saat ini.

Dia telah menggunakan media sosial sejak bertahun-tahun yang lalu dan merupakan pemimpin paling banyak diikuti kedua di dunia, dengan lebih dari 34 juta pengikut di Twitter.

Narendra Modi telah dikenal melalui media sosial, tidak hanya di Twitter tetapi juga Google Hangouts.

Dengan akun pribadinya di media sosial tersebut, menjadikannya sebagai politisi India pertama yang berinteraksi dengan netizen dalam obrolan langsung.

Dalam era teknologi informasi yang semakin berkembang pesat ini, orang-orang suka berhubungan satu sama lain melalui media sosial dan mengikuti kecepatan informasi adalah salah satu faktor bagi keberhasilan setiap pemimpin.

Oleh sebab itu, jika Anda ingin menjadi pemimpin yang hebat dan diterima dengan baik oleh orang lain, Anda harus terus memperbarui diri dan dapat beradaptasi dengan situasi saat ini.

Dengan demikian, Anda akan memastikan pengaruh Anda kepada generasi muda, yang akan berkontribusi pada kesuksesan masa depan Anda dalam apa yang Anda lakukan.

Charles Darwin, seorang ilmuwan terkenal pernah berkata,

“Ini bukan berbicara soal yang terkuat dari spesies yang bertahan atau yang paling cerdas, ini adalah tentang spesies yang paling mudah beradaptasi untuk berubah.”

 

 

Jika Anda tidak belajar beradaptasi dengan perubahan dan lingkungan, Anda akan usang dan segera keluar dari lingkungan bisnis.

Anda bisa melihat bisnis besar seperti Nokia, Motorola, dan perusahaan seperti Yahoo atau Netscape.

Mereka dulunya perusahaan besar dan pemimpin pasar, tetapi karena mereka tidak dapat beradaptasi, berubah, dan berkembang cukup cepat, pemain lain masuk dan mengklaim pangsa pasar yang sangat besar dari mereka.

Jadi kembangkan kemampuan beradaptasi dan belajarlah untuk selalu mengikuti perkembangan terbaru dari waktu ke waktu.

Sebagai seorang pemimpin, Anda harus memiliki kesadaran tentang apa yang terjadi di sekitar Anda sehingga Anda dapat beradaptasi dan melakukan perubahan sebelum perubahan itu berbalik “membunuh” Anda.

 

#7 Pembicara Publik yang Hebat

Sejak ia masih muda, Narendra Modi telah menunjukkan keahliannya yang brilian dalam berbicara di depan umum. Narendra Modi mempunyai bakat berdebat dan beretorika saat ia masih duduk di sekolah.

Dia adalah pembicara publik yang hebat yang dapat berbicara kepada orang banyak dengan penuh percaya diri.

Tentu saja, sebagai pemimpin suatu negara, Narendra Modi perlu memiliki keterampilan yang luar biasa dalam berbicara di depan umum. Dan hal yang sama berlaku untuk Anda.

Jika Anda ingin menjadi pemimpin di organisasi Anda, Anda harus dapat berbicara dengan percaya diri dan bertindak seperti seorang pemimpin.

Kepemimpinan Narendra Modi 08 - Finansialku

[Baca Juga: Daftar Asuransi Syariah di Indonesia (Asuransi Jiwa dan Kesehatan) yang Dapat Menjadi Pertimbangan Anda]

 

Keterampilan berbicara di depan umum sangat penting karena komunikasi adalah tulang punggung masyarakat.

sebagai seorang pemimpin, kemampuan untuk berbicara dengan karisma memungkinkan Anda untuk memenangkan kepercayaan mereka, untuk memotivasi dan mempengaruhi orang lain, dan juga untuk menunjukkan keahlian Anda sebagai seorang pemimpin.

Banyak orang takut ketika berbicara dengan orang banyak di depan umum. Berita baiknya adalah berbicara di depan umum adalah sebuah keterampilan, yang berarti Anda dapat mengembangkannya dan menjadi ahli di dalamnya.

Kunci untuk meningkatkan keterampilan ini adalah dengan menggunakannya dan melakukannya sesering mungkin.

Sama seperti Narendra Modi, ia melatih dan mengembangkan keterampilannya sejak usia dini. Ketika dia di sekolah, dia memilih untuk tampil dan mendaftar dalam lomba debat,

Keterampilannya ini telah membuatnya menjadi pembicara publik yang alami yang mampu mempengaruhi orang banyak dan mendapatkan kepercayaan dari mereka.

Sebagai pemimpin politik, kemampuan Narendra Modi untuk berbicara telah sangat membantu dalam perjalanannya untuk menjadi Perdana Menteri India.

Dia mampu membawa pesan yang tepat kepada orang-orang dan entah bagaimana meyakinkan mereka bahwa dia adalah kandidat yang tepat untuk memimpin India.

Tanpa memiliki kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif, seorang pemimpin tidak dapat menyampaikan pesan yang jelas kepada para pengikut, yang akan mengakibatkan hilangnya kepercayaan dan pengaruh.

 

#8 Jadilah Pemimpin yang Sangat Tegas

Pada tahun 2001, Partai BJP kehilangan beberapa kursi majelis negara dalam pemilihan karena tuduhan penyalahgunaan kekuasaan, korupsi dan administrasi yang buruk.

Setelah itu, Partai BJP mencari kandidat baru untuk kepala menteri, dan Narendra Modi terpilih sebagai penggantinya.

Narendra Modi ditawari posisi sebagai wakil kepala menteri oleh pemimpin Partai BJP, tetapi dia menolak tawaran itu, dengan mengatakan dia “akan sepenuhnya bertanggung jawab atas Gujarat atau tidak sama sekali.” Ketegasannya yang menjadikannya sebagai Menteri Ketua Gujarat.

Menjadi pemimpin yang hebat membutuhkan banyak pengambilan keputusan. Dan itu adalah keputusan yang Anda buat setiap hari yang akan menentukan siapa Anda.

Orang awam tidak berani membuat keputusan luar biasa, dan itulah sebabnya mereka tetap biasa. Orang luar biasa, di sisi lain, sangat menentukan. Mereka membuat keputusan dengan cepat dan mereka berkomitmen untuk itu.

Warren Buffett dianggap sebagai salah satu investor terbaik di dunia. Ia dikenal karena kemampuannya untuk memilih saham yang tepat untuk perusahaan yang undervalued. Namun, apa yang kebanyakan orang tidak pernah perhatikan adalah kemampuannya yang lain; untuk tetap dengan keputusannya, itu membuatnya menjadi investor hebat yang mencatat keuntungan miliaran dolar.

Semua orang tahu bahwa harga pasar saham berubah dengan cepat. Dan kebanyakan orang kehilangan uang karena mereka bertindak sesuai dengan sentimen pasar atau fluktuasi harga.

Saat harga saham yang mereka beli jatuh, maka orang-orang di sekitar mereka berteriak “Jual”, dan mereka akan terpengaruh untuk pergi dan menjual saham. Namun, ini tidak terjadi pada Warren Buffett.

Karena itu, belajarlah untuk menjadi tegas dan berkomitmen pada keputusan yang telah Anda buat. Belajarkah menjadi seperti Narendra Modi dan tentukan pilihan Anda secara tegas.

 

#9 Pandai Berjejaring

Pada tahun-tahun awalnya, Narendra Modi bertemu Lakshmanrao Inamdar, yang dikenal sebagai Vakil Saheb, yang memperkenalkannya untuk bergabung dengan RSS dan menjadi mentor politik pertamanya.

Selama berada di sana, Narendra Modi juga akan bertemu dengan anggota politik Partai BJP lainnya.

Narendra Modi mungkin bukan ahli dalam berjejaring, tetapi ia menganggap bahwa jaringan relasi sebagai bagian penting dari kesuksesan politiknya.

Ketika Narendra Modi meninggalkan rumah dan menghabiskan waktu selama kurang lebih dua tahun untuk bepergian melintasi India Utara dan Timur Laut.

Kepemimpinan Narendra Modi 09 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Sederhana Mengatur Keuangan Bagi yang Punya Hobi Menguras Kantong]

 

Dia bertemu banyak orang yang kemudian membentuk hidupnya, termasuk Swami Vivekananda yang mendirikan ashram Hindu. Narendra Modi mengatakan bahwa Vivekananda sangat berpengaruh dalam hidupnya.

Ketika Anda berjejaring dengan orang yang tepat, mereka dapat memengaruhi Anda dan membantu Anda dalam perjalanan Anda untuk mencapai apa yang Anda inginkan dalam hidup.

Inilah sebabnya mengapa berjejaring itu sangat penting sebagai pemimpin.

Anda dapat melihat bahwa pemimpin suatu negara atau pemimpin bisnis bepergian ke luar negeri untuk bertemu dengan para pemimpin lain di seluruh dunia untuk saling mengenal.

Mereka ingin berjejaring dengan orang-orang sukses lainnya sehingga mereka dapat saling mendukung. Sebagai pemimpin yang ingin sukses, Anda juga harus melakukan hal yang sama.

 

#10 Memimpin dengan Keberanian

Mengawali karier politiknya ketika India mengalami keadaan darurat, Narendra Modi terpaksa pergi ke bawah tanah di Gujarat dan sering bepergian dengan menyamar agar tidak tertangkap.

Dia juga terlibat dalam mendistribusikan pamflet yang menentang pemerintah dan mengorganisir demonstrasi.

Narendra Modi bahkan dipaksa untuk bergerak secara terselubung, seperti yang ia sempat lakukan dengan berpakaian sebagai biksu, dan sekali sebagai Sikh.

Inilah keberanian yang harus Anda miliki ketika berperan menjadi seorang pemimpin sejati.

Akan ada banyak kesempatan yang harus Anda lakukan dengan mengambil risiko atau melarikan diri karena situasi yang sulit, tetapi untuk menjadi pemimpin sejati, Anda harus belajar untuk berani dalam menangani keadaan.

Helen Keller memiliki kutipan yang bagus, “Jika tidak ada keberanian, maka tidak ada yang didapat.”

Menjadi seorang pemimpin tidaklah mudah. Anda harus memiliki keberanian ketika segalanya berantakan.

Hal yang lebih penting, Anda harus melepaskan zona nyaman Anda untuk melangkah lebih jauh.

Ingatlah bahwa, “Anda tidak dapat menemukan lautan baru kecuali Anda memiliki keberanian untuk kehilangan pandangan dari pantai.”

Narendra Modi telah melalui banyak masa sulit, termasuk kerusuhan di Gujarat tahun 2002.

Masa-masa itu mungkin tampak menantang, tetapi masa sulit itu penting agar Anda dapat mengembangkan kualitas seorang pemimpin yang hebat.

 

#11 Memimpin dengan Karisma

Sebagai seorang pemimpin, Anda harus memiliki karisma untuk memimpin. Narendra Modi memproyeksikan dirinya sebagai pemimpin yang kuat, yang mampu menangani keputusan sulit.

Publik melihat sosok Narendra Modi sebagai seseorang yang terpelajar, bersemangat dan juga berkarisma.

Perhatikan bagaimana para pemimpin hebat di dunia berpakaian, berjalan, berbicara dan menampilkan diri mereka di depan publik. Anda akan melihat bahwa mereka semua memiliki jenis karisma tertentu.

Apakah Anda tahu bahwa Mark Zuckerberg, pendiri Facebook dan miliarder termuda di dunia mengenakan baju yang sama setiap saat?

Kepemimpinan Narendra Modi 10 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Melindungi Diri dengan Asuransi Jiwa dan Asuransi Mobil bagi Anda yang Sering Pergi dengan Mobil Pribadi]

 

Seorang pemimpin sejati dan sukses selalu menggambarkan dirinya sebagai seseorang yang berkarisma.

Mereka memperlihatkan diri mereka memiliki energi untuk mempengaruhi dan memotivasi orang lain dalam melakukan hal-hal yang mereka inginkan.

Sama seperti Mahatma Gandhi, dia mungkin miskin, tetapi dia memiliki karisma untuk mempengaruhi jutaan orang di seluruh India dan membimbing mereka menuju kemerdekaan.

Karisma adalah kemampuan untuk menarik, menginspirasi dan memotivasi pengikut untuk mengambil tindakan.

Tanpa karisma, tidak ada cara lain yang dapat Anda lakukan untuk bisa menarik dan menginspirasi orang lain dan melakukan apa yang Anda inginkan.

Dalam dunia bisnis, karisma penting bagi seorang pemimpin untuk menginspirasi karyawan mereka agar bekerja demi tujuan besar perusahaan.

Pikirkan tentang hal ini: kebanyakan orang lebih suka bekerja untuk perusahaan besar seperti Google dan Microsoft karena perusahaan-perusahaan itu tampaknya dapat membuat mereka merasa bangga.

Itu adalah jenis karisma yang Anda butuhkan untuk berkembang sebagai seorang pemimpin.

Ketika Anda memiliki karisma, orang akan mendengarkan Anda dan mereka akan menjadi penggemar setia Anda.

Narendra Modi benar-benar menunjukkan gaya kepemimpinan karismatiknya yang kemudian memenangkan pemilihan umum dan menjadi Perdana Menteri India ke-16.

 

Anda dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan.

Jika Anda memiliki saran, tanggapan atau pertanyaan, Anda dapat menuliskannya pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Narendra Modi. Narendramodi.in – https://goo.gl/T1CLyc
  • Admin. Narendra Modi Biography. Thefamouspeople.com – https://goo.gl/259k2J
  • Admin. Narendra Modi Biography. Biography.com – https://goo.gl/FcSRNk
  • Admin. Narendra Modi – Prime Minister Of India. Britannica.com – https://goo.gl/Dg6rhb
  • Admin. Prime Minister Narendra Modi’s Leadership Style. Grin.com – https://goo.gl/EeYRvj
  • Admin. 17 Mei 2014. Narendra Modi Leadership Style. Indiatimes.com – https://goo.gl/GRvaGU
  • Team The WisdomPost & Sophia. Top 11 Leadership Qualities to Learn from Narendra Modi. Thewisdompost.com – https://goo.gl/u9HXU8

 

Sumber Gambar:

  • Kepemimpinan Narendra Modi 1 – https://goo.gl/zFcSH6
  • Kepemimpinan Narendra Modi 2 – https://goo.gl/aq1zPi
  • Kepemimpinan Narendra Modi 3 – https://goo.gl/VeDkN4
  • Kepemimpinan Narendra Modi 4 – https://goo.gl/sAaRLV
  • Kepemimpinan Narendra Modi 5 – https://goo.gl/NG4vfq
  • Kepemimpinan Narendra Modi 6 – https://goo.gl/zHfSh6
  • Kepemimpinan Narendra Modi 7 – https://goo.gl/EFuoGp
  • Kepemimpinan Narendra Modi 8 – https://goo.gl/zPmvoA
  • Kepemimpinan Narendra Modi 9 – https://goo.gl/6Mq2kQ
  • Kepemimpinan Narendra Modi 10 – https://goo.gl/t1TM6N